Ternak Murai Batu

Cara Ampuh Ternak Murai Batu Untuk Pemula Secara Lengkap

Ternak Murai Batu – Selamat datang teman teman yang saya banggakan hari ini saya akan membahas mengenai tentang ternak murai, cara ternak murai batu, cara beternak murai batu, peternak murai batu, kandang ternak burung murai , beternak murai batu, cara ternak murai, kandang ternak murai, cara ternak murai batu untuk pemula.

Nah teman teman hari ini saya akan membahas mengenai cara membuat kandang sarang murai batu untuk pemula secara lengkap. Mengapa begitu, karena ini bisa menjadi salah satu tujuan kita untuk menjadi peluang bisnis ke depan.

Tenak murai batu ini sebenarnya jika Anda ingin mencoba menjadi ternak murai yang sangat unggul dalam bidangnya, pasti Anda akan bisa menikmati hasil jerih yang bisa Anda kerjakan dengan semaksimal mungkin. Suatu saat Anda bisa menghasilkan dana dari ternak burung murai .

Tujuan utama untuk bisa cara bertenak murai batu di sangkar adalah mempunyai kemauan yang sangat tinggi untuk bisa bersaing dengan orang lain, telaten dalam bidang ternak secara mendalam, dan mempunyai bakat tersendiri.

Kami Juga Menyediakan Jual Gula Merah

Dalam melakukan ternak burung murai batu sangat diperhatikan untuk menentukan dari sisi ukuran kandang, dan kebersihan dalam kandang murai batu. Lakukan dengan setiap harinya terhadap burung tersebut sebagai pemilik pribadi. Berikut ini cara memberikan langkah-langkah mudah untuk cara ternak burung murai batu untuk pemula.

Ternak Murai Batu

Pakan ternak Murai Batu
muraicityfarmkuningan.wordpress.com

Ternak murai adalah salah satu peluang bisnis yang sangat praktis untuk Anda, mengapa? Anda bisa melihat permintaan pasar hari ini sangat meningkat, dan kalau kita lihat dari segi penangkaran yang bisa dibilang tidak akan bisa tercapai. Belum lagi Anda bisa melihat dari faktor keindahan atau tampilan fisik burung murai.

Salah satu ternak burng Murai Batu, baik itu coba-coba, atau, apabila Anda ingin menjadi ternak murai yang sangat bagus ini salah satu menjadi sumber penghasilan, kalau kita fikir tidak akan sulit. Syarat pertama agar bisa beternak Murai Batu adalah mempunyai kemauan, ulet, telaten, dan sedikit bakat. Berikut cara ternak murai untuk pemula.

Cara Ternak Murai Batu

Ternak Burung Murai
youdknow.blogspot.com

1. Persiapan Lokasi Ternak burung Murai Batu

Ternak Murai Batu
birdfram.blogspot.com

Nah teman teman bagi Anda yang ingin mempersiapkan lokasi kandang merupakan hal terpenting bagi kalian, ini bisa menentukan kenyamanan agar tidak sterss ketika di dalam kandang ternak burung murai tersebut. Bagaimana cara mendapatkan lokasi yang baik untuk ternak burung murai batu?

  • Pertama yang perlu Anda lakukan adalah mencari lokasi ternak kandang secara tenang dan nyaman.
  • Jangan sampai Anda memilih tempat yang bersuara atau keramaian misalkan seperti. Tempat pabrik, bengkel motor, jalan raya, dan pasar harian. Di usahakan untuk menjauhi lokasi itu agar murai batu tetap tenang untuk menempatinya.
  • Lokasi yang lebih bagus adalah tempat dari ganguan binatang liar maupun mencuri.
  • Saya sarankan untuk menempatkan ternak kandang di sekitar rumah baik di halaman samping maupun di depan atau di belakang rumah. Sekalian untuk membuatkan kandang ternak burung murai batu.
  • Kalau bisa diusahakan ketika di buat penangkaran tidak ada burung lain yang di sekitar ternak tersebut. Nanti bisa mengganggu murai batu semakin tidak nyaman dan tidak mau berproduksi secara baik.

2. Cara Membuat Kandang Ternak burung Murai

Tangkar Murai
omkicau.com

Kandang murai batu harus dibuatkan secara bebas sesuai selera orang lain. Akan tetapi ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan ketika membuat kandang ternak burung murai batu secara langsung, di antaranya adalah.

  • Pertama pada bentuk ternak kandang harus sama dengan lokasi yang telah kamu siapkan dengan sebelumnya. Ukuran minimal pada umumnya adalah P90 L90 T180 cm. Bisa kamu sesuaikan dengan perasaan hati kalian masing masing.
  • Ketika membuat kandang pada ternak burung murai batu, harus di kasih ruangan secara terbuka untuk kandang. Karena untuk mendapat sinar matahari secara langsung, karena ketika penyinaran matahari ini sangat baik untuk kesehatan burung agar menjadi lebih sehat.
  • Jauhkan dari hembusan angin yang sangat kencang, agar burung tetap nyaman. Kalau misalkan terkena hembusan angin nanti murai batu tersebut akan kaget secara tidak sengaja.
  • Ternak kandang yang baik adalah memberikan air untuk burung, ini merupakan burung semakin nyaman seperti merasakan ketika di alam bebas.
  • Kamu harus menyediakan sarang untuk burung agar ketika mau bertelur tidak bingung untuk mencari cari ke tempat lain, Nah jangan sampai kamu menyiapkan cuma satu saja, akan tetapi tiga macam, agar burung tersebut bisa mencari tempat yang nyaman ketika mau bertelur.
  • Anda juga harus menyediakan lampu pada ukuran 5 sampai 10 watt, agar ketika hujan turun burung tersebut tidak kedinginan.
  • Ketika pembuatan ternak kandang murai batu, Anda harus membuatkan sekatan pada kandang. Agar tikus atau hewan lainnya tidak masuk pada ternak mutai batu.

3. Penyiapan Indukan Ternak burung Murai

cara beternak murai batu
muraicityframkuningan.wordpress.com

Ketika memilih induk murai batu yang baik tidak harus dengan harga yang mahal, akan tetapi memiliki pengalaman yang sudah terlatih dalam bertenak murai batu, ini juga harus memerlukan tahapan tahapan khusus, tidak harus memerlukan atau mempunyai induk yang bagus.

Lakukan saja dengan pengalaman kamu sendiri ketika bertenak murai batu, nanti berjalannya waktu akan semakin faham terhadap pola pikir kita secara cepat mengerjakannya. Berikut ini memilih induk murai batu sebagai berikut.

Induk Jantan
Induk Jantan Murai Batu
amiexs.blogspot.com
  • Carilah murai batu yang sudah jinak, bisa juga dengan murai batu yang tidak takut dengan manusia. Memang burung yang sudah jinak sangat mudah untuk manangkarnya, tidak sama dengan murai batu tangkapan hutan yang harus beradaptasi. Selain itu murai batu tangkapan hutan tingkatan stress cukup tinggi sekali sehingga sangat sulit untuk dijadikan indukan.
  • Cara memilih induk saya sarankan ngambil dari ternak lain, bisa juga ambil dari penangkaran tempat lain. Hal ini sangat mudah untuk mengawali usaha ternak burung murai batu.
  • Cara memilih umur jantan ternak burung murai batu saya sarankan lebih dari 2 tahun. Pada umumnya pada usia burung tersebut akan lebih mantap untuk di produksinya.
  • Burung jantan yang bagus, tidak mempunyai cacat fisik lainnya seperti kaki, sayap, kepala, mata, atau pada bagian lainnya.
  • Anda harus bisa memilih jantan dalam keadaan sehat, mempunyai hawa nafsu makan yang kuat, dengan bergerak sangat lincah, bulu tidak kusam. Ini merupakan sangat penting, jika burung sehat akan semakin mudah untuk menjadi ternak burung murai batu.
Induk Betina
Induk Betina Murai Batu
amiexs.blogspot.com
  • Carilah induk betina yang mempunyai usia lebih dari satu tahun. Biasanya ketika betina bertelur pada pertama kalinya biasanya gagal, hal ini sangar wajar karena ini merupakan cobaan pertama kalinya.
  • Anda harus mencari betina yang cukup sehat, kita lihat dari segi kelincahan, nafsu makan yang cukup banyak. Jangan sampai Anda mencari betina mempunyai badan yang cukup kurus, pastinya burung tersebut memiliki penyakit tersendiri atau kurang sehat, entah itu penyakit dari segi apa?
  • Anda harus bisa mencari induk betina maupun jantan yang ciri cirinya sudah jinak dan tidak akan takut kepada manusia. Ini pasti akan diperoleh dari hasil penangkaran khusus dari ternak. Pada betina yang sudah jinak biasanya akan lebih cepat diproses pengeraman pada telur dan berjalan dengan baik.
  • Terkadang banyak orang yang bisa mengusulkan tentang pilih betina dengan warna keabu abuan itu termasuk yang disukai oleh masyarakat luar. Sebenarnya hal ini bukan faktor utama untuk mencari murai batu yang berkualitas.
  • Dan yang terakhir adalah jangan sampai Anda mencari induk betina dengan keadaan cacat fisik, baik itu dari sayap, kepala maupun dari sisi kaki.

4. Pemberian Pakan Ternak Burung Murai Batu

Pakan ternak Murai Batu
muraicityfarmkuningan.wordpress.com

Untuk mengasih pakan burung murai batu dengan yang baik adalah Anda harus memperhatikan pakan alami kepada burung murai batu, yang berupa serangga misalkan seperti jangkrik, cacing, ulat, hongkong, dan kroto.

Ketika burung tersebut sudah di masukan ke dalam kandang ternak, sebaiknya pakan alaminya selalu sudah siap lebih dari 2 sampai 3 jenis makanan.

Anda juga harus memberikan pakan pada kandungan yang berkualitas seperti pakan alami karena murai batu sangat membutuhkan kandungan seperti vitamin, karbohidrat, protein, dan mineral.

Ini yang sudah tersedia dari pakan yang sudah diberikan. Untuk pemberian pakan tambahan misalkan seperti voer hal ini harus disediakan, agar burung tersebut tetap tersedia dengan pakan yang lainnya. Pada pemberian pakan dapat merangsang pada birahi jantan maupun betina.

5. Pengembangbiakan Ternak Burung Murai Batu

Ternak Murai Batu bagi pemula
budidaymuraibatumadiun.blogspot.com

Banyak dikalangan masyarakat yang sangat mengalami kesulitan, ketika mau mengembangkan murai batu, terkadang ada beberapa pasangan yang saling membunuhnya. Nah untuk mengatasi seperti ini ada beberapa cara yang perlu Anda ketahui antara lain.

Anda bisa menyiapkan dua buah sangkar yang terutama adalah untuk betina yang kedua adalah jantan. Pertama Anda masukan betina ke dalam sangkar A dan biarkan saja dengan sendirian, lalu biarkan selama seminggu kurang lebih segitu hanya untuk beradaptasi saja.

Setelah itu Anda masukan lakukan jantan tersebut ke dalam B kalau bisa kasih tempat dari sangkar A dan taruknya tidak usah terlalu jauh. Nanti kedua burung tersebut akan mempunyai waktu saling mengenal. Setelah itu berjalan 2 minggu Anda bisa menyatukan kedua burung tersebut ke dalam satu sangkar untuk memberi kesempatan untuk kawin.

6. Pemeliharaan Anakan Murai Batu

Murai Batu
mediaronggolawe.com

Ketika pemeliharaan anakan murai batu di waktu masih kecil ini merupakan sangat diperlukan. Dan ada beberapa hal yang harus Anda ketahui dalam ternak burung murai terhindar dari kematian. Berikut ini cara perawatan anakan murai batu.

  • Hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah ketika murai batu sedang menetas Anda harus mencermati prilaku induk murai batu, jika induk bisa memberikan pakan dengan baik, se bisa mungkin kita harus menambahkan pakan serangga seperti jangkrik dan kroto agar terpenuhi gizi terhadap anakan murau batu.
  • Hal yang kedua adalah ketika induk sedang menyimpang, biasanya terhadap induk ada juga yang tidak suka dengan anaknya bisa jadi induk jantan atau betina membuang anaknya dari sangkar tersebut. Solusinya seperti apa? Langkah pertama adalah ambil anaknya terlebih dahulu setelah itu kita rawat sendiri.
  • Ketika merawat murai batu anakan dalam berumur 5 sampai 7 hari kita harus ambil pada sangkar nya. Maka kita harus mencari tempat yang hangat untuk murai batu anakan seperti kardus bisa juga dengan sangkar incubator ini merupakan untuk menjaga suhu udara, karena anakan sangat rentan dengan suhu udara luar.
  • Anda harus memberikan pakan alami seperti kroto bisa juga degan menggunakan jangkrik yang di campur dengan voer halus. Lakukan dengan memberikan pakan sehari minimal 3 sampai 5 kali sesuai dengan keadaan burung yang masih lapar atau tidak. Kita harus merasa burung tersebut memerlukan gizi yang begitu banyak terutama pada anakan.
  • Langkah pada pemeliharaan terhadap anakan bisa juga sebagai alternatif agar induk cepat diproduksi kembali. Karena sifat induk murai batu yang mudah birahi untuk diproduksi, pada umumnya dalam waktu 1 sampai 2 minggu anakan murai di ambil induk dan bisa menata pada sangkar kembali untuk bertelur.
  • Ketika perawatan makanan pada anakan sampai burung tersebut bisa memakan dengan sendirinya, mulai dari voer basah sampai kevoer yang kering.

Ya, ini saja yang bisa saya sampaikan mengenai ternak murai batu, dan di dalam artikel ini juga membahas tentang beternak murai batu lengkap, peternak murai, cara beternak murai, cara beternak murai batu untuk pemula, murai batu ternak, beternak murai, cara ternak murai muda hutan. Mudah-mudahan apa yang paparkan ini bisa bermanfaat untuk kita semua.

Ternak Murai Batu

Tinggalkan komentar