Manfaat Mandi wajib

Tata Cara Mandi Wajib Junub Niat, Doa, dan Bacaannya

Saudaraku apakah Anda tau tata cara mandi wajib atau bisa dibilang mandi junub, ini merupakan salah satu untuk menghilangkan hadas besar, karena setiap orang pastinya mempunyai hadast besar, dan tidak sah untuk melakukan shalat wajib atau shalat sunnah.

Karena di dalam ajaran agama islam hadast besar ini akan dibagi menjadi 2 bagian, misalkan adalah hadast kecil atau bisa juga dibilang hadast besar. Untuk hadast kecil ini bisa karena terjadi tidak berwudhu dan bisa dibilang wudhu tersebut dia akan batal.

Maka cara untuk menghilangkan adalah dengan melakukan wudhu secara benar dan baik. Nah untuk hadast besar ini terjadi karena, misalkan seperti terkena nya air mani, atau bersetubuh dengan suami istri.

Karena salah satu pembahasan di artikel ini terkait bacaan mandi wajib, tata cara mandi junub, rukun mandi wajib, niat mandi junub, niat mandi besar, dan niat mandi wajib.

Nah untuk menyucikan diri merupakan salah satu dengan cara melakukan mandi besar atau bisa juga dengan mandi wajib. Nah untuk mereka yang ini tidak sanggup untuk menggunakan air, bisa Anda gunakan dengan cara tayamum.

Tata Cara Mandi Wajib

tata cara mandi wajib
nikmatislam.com

1. Niat Mandi Wajib

Untuk niat mandi wajib akan dibaca secara lisan atau bisa juga dalam hati dengan bahasa arab, bahkan menggunakan bahasa indonesia juga bisa, intinya kita niat baik untuk melakukan mandi besar dengan sebaik munkin utuk menghialngkan hadast besar atau kecil.

Baca Juga  Umat Muslim Wajib Tahu, Apa Hukum Pacaran Dalam Islam

2. Membersihkan Kedua Telapak Tangan Mandi Junub

Anda bisa siram dengan membasuh pada tangan kiri dengan melakukan tangan kanan atau bisa juga dengan sebaliknya, Anda bisa membasuh atau menyiram dengan tangan kanan atau dengan tangan kiri, dan jangan sampai lupa untuk mengulang nya sampai 3 kali.

3. Mencuci Kemaluan Mandi Junub

Nah untuk mencuci kemaluan atau membersihkan dari najis dan juga kotoran yang terdapat pada sekitar Anda bisa Anda gunakan memakai tangan.

4. Berwudhu

Setelah semuanya sudah selesai untuk membersihkan, nah Anda bisa melakukannya untuk berwudhu sebelum kita melakukan sholat.

5. Membasuh Rambut dan Menyela Pangkal Kepala

Nah cara untuk membasuh rambut atau bisa juga menyela kepala Anda dengan memasukkan pada kedua tangan ke dalam air, lalu Anda bisa menggosok pada rambut Anda sampai kulit kepala dengan memakai jari-jari tangan Anda, setelah itu Anda bisa siram kepala Anda sebanyak 3 kali.

6. Menyiram atau Membersihkan Seluruh Anggota Tubuh

Anda juga harus untuk bisa memastikan nya seluruh tubuh agar tersiram air dan bisa untuk membersihkan nya, baik itu dari segi bagian yang tersembunyi atau segi yang tidak nampak, dan jangan sampai lupa untuk membasuh pada bawah kemaluan badan bagian belakang dan jangan sampai lupa pada sel-sel jari kaki Anda.

Sebab-sebab yang Melakukan Mandi Junub

  • Pertama Bersetubuh,
  • Kedua karena keluarnya air mani
  • Ketiga Mati yang karena bukan syahid
  • Keempat Selesai haid
  • Kelima Selesai Nifas
  • Terakhir Wiladah

Ciri-ciri Air Mani

  • Pertama terlihat keluarnya dari kubul atau dengan memancar dan tersendat-sendat
  • Kedua ketika keluarnya mani terasa nikmat
  • Ketiga untuk baunya seperti, misalkan apabila masih basah ini seperti dengan bau adonan roti atau bau mayang korma, dan apabila ini sudah kering bau putih telur.
Baca Juga  Tuntunan dan Bacaan Doa Sholat Tahajud Lengkap

Niat Mandi Wajib

Pada kesempatan kali ini kali saya akan membahas terkait tentang niat mandi dan salah satu berdasarkan ajaran nabi muhammad SAW di dalam hadist sahih antara lain.

Bacaan Niat Mandi Wajib

Niat Mandi Wajib
sumbercenel.com
bacaan mandi junub
sumbercenel.com

Sunah Mandi Besar ada 5

1. Pertama dianjurkan untuk membaca basmalah

2. Kedua diperintahkan untuk ber wudhu

3. Ketiga dianjurkan untuk membasuh badan dengan menggunakan tangan sampai tiga kali.

4. Keempat dianjurkan untuk mendahulukan kanan dari pada mendahulukan yang kiri.

5. Terakhir muwalat, misalkan untuk sambung menyambung atau membasuh anggota badan.

Mandi Sunnah

Bahkan selain mandi wajib, ini ada beberapa mandi yang disunnahkan misalkan seperti

  • Pertama Mandi ketika melakukan sholat jum’at
  • Kedua Ketika mau menjalankan sholat idul fitri
  • Ketiga ketika mau menjalankan sholat idul adha
  • Keempat Mandi ketika sesudah sembuh dari penyakit gila
  • kelima Mandi ketika melakukan atau melaksanakan ihram haji atau umrah
  • Keenam Melakukan mandi sesudah memandikan mayat
  • Terakhir ada seseorang kafir setelah itu masuk islam di wajibkan untuk mandi

Larangan Bagi Orang yang Sedang Junub

 

  • Melakukan sholat, baik itu melakukan sholat sunnah atau pun sholat wajib.
  • Melakukan thawaf maupun itu thawaf sunnah atau rukun haji
  • Menyentuh atau ketika membawa Al Quran
  • Berdiam diri di masjid atau bisa dibilang itikaf

Hadast besar merupakan salah satu yang karena disebabkan bersetubuh dengan suami istri, Karena hadast juga dapat menghilangkan dengan melakukan mandi junub, karena melakukan mandi besar merupakan salah satu yang sangat wajib bagi setiap muslim.

Manfaat Mandi Wajib

Manfaat Mandi wajib
mishba7.com

Agama islam adalah salah satu agama yang sangat sempurna, dan ini salah satu untuk diperintah umatnya agar melakukan mandi wajib ketika dia sudah melakukan atau mengalami hadast besar misalkan seperti bersenggama, keluarnya air mani, atau haid dan nifas.

Karena salah satu untuk perintah ini mempunyai makna yang sangat baik untuk umatnya, agar kembali menjadi suci dan bisa menjalankan ibadah lainnya untuk dikerjakan. Akan tetapi hal ini juga bisa berkaitan dengan seluruh perintah agama, dan mempunyai manfaat tersendiri, ini salah satu segi dari medis.

Nah untuk manfaat mandi wajib dari nifas, ada yang terdapat dari dua manfaat, yaitu dengan manfaat batin atau manfaat lahir. Manfaat lahir adalah salah satu untuk menghilangkan bau yang tidak sedap karena ini merupakan darah nifas.

Manfaat batin juga harus untuk mensyukuri nikmat Allah yang sudah memberikan kesucian melalui dari mandi besar. Mandi wajib ini harus dilakukan setiap muslim, karena ini melakukan bersenggama, kalau misalkan tidak sampai mengeluarkan air mani Rasulullah SAW :

” Apabila seseorang yang duduk di antara empat anggota badan istrinya setelah itu bersungguh-sungguh kepadanya, maka wajibnya untuk mandi,” (HR. Bukhari dan Muslim)

Ya, ini saja yang bisa kami sampaikan terkait tentang tata cara mandi wajib, dan niat mandi wajib. dan di dalam artikel ini juga membahas tentang cara mandi junub, niat mandi besar, niat mandi junub,  mudah-mudahan apa yang bisa kami sampaikan mudah-mudahan bisa bermanfaat untuk kita semuanya.

Rukun Mandi Wajib

Tinggalkan komentar