gaya lompat jauh

Pengertian Sejarah Lompat Jauh dan Perkembangan Secara Lengkap

Sejarah Lompat Jauh – Selamat datang teman teman yang saya senangi, hari ini saya akan membahas mengenai tentang pengertian lompat jauh, sejarah perkembangan lompat jauh, teknik dasar lompat jauh, dan yang terakhir adalah ukuran lapangan lompat jauh.

Lompat jauh sudah dikenal kurang lebih sekitar 2800 tahun ini merupakan salah satu even asli dalam olimpiade pada masa yunani kuno. Pada semua even olimpiade pada awalnya dimaksud sebagai bentuk latihan perang. Karena ada munculnya olahraga lompat jauh ini sangat dipercaya untuk melatih ketangkasan para prajurit dalam melompati rintangan yang berbeda.

Pada waktu itu dalam even tersebut para pelompat jauh di perkenankan untuk menggunakan start lari pendek, selain itu pelompat juga di sarankan untuk berlari sambil membawa beban pada kedua tangannya, beban di sini sudah dikenal dengan nama halteres. Berikut ini penjelasan secara lengkap dibawah ini.

Pengertian Lompat Jauh

lompat tinggi
sports24.rhcloud.com

Lompat jauh adalah salah satu bentuk gerakan yang melompat atau mengangkat kaki ke atas dan depan dalam upaya untuk membawa titik berat badan selama melayang di udara, karena dilakukan dengan cepat untuk jalan pada satu kaki hanya mencapai jarak jauh saja.

Dalam bahasa inggris adalah Long jump makna yaitu olahraga lompat jauh. Lompat jauh merupakan salah satu cabang dari olahraga atlentik yang sangat populer dan ini sangat sering dilombakan dalam kompetisi kelas dunia, termasuk dalam perlombaan olimpiade.

Lompat jauh merupakan salah satu gerakan yang melompat ke depan atau ke atas supaya membawa titik berat badan selama di udara. Untuk melayang di udara yang akan dilakukan secara cepat dan jalan yang melakukan tolakan pada satu kaki untuk mencapai jarak sejauh mungkin.

Baca Juga  Pengertian dan Penghuni Sejarah Sungai Amazon, Secara Lengkap

Lompat jauh adalah gerakan yang melompat dengan menggunakan tumpuan pada satu kaki untuk mencapai jarak jauh. Untuk sasaran dan tujuan lompat jauh adalah hanya untuk mencapai jarak lompatan sejauh mungkin ke sebuah titik pendaratan atau bak lompat.

Sejarah Lompat Jauh

gaya lompat jauh
am940.iheart.com

Sejarah lompat jauh adalah salah satu yang sudah sejak olimpiade kuno di yunani, waktu pada sekitar abad ke 13. Pada awalnya untuk olahraga lompat jauh yang diadakan pada olimpiade kuno hanya ditunjukkan sebagai latihan untuk perang. Pada waktu itu adanya munculnya olahraga lompat jauh awalnya untuk melatih ketarampilan prajurit dalam melompati rintangan seperti parit atau jurang.

Pada zaman dahulu lompat jauh itu teknik olahraga yang sangat berbeda dengan saat ini. Ketika itu untuk para peserta lompat jauh hanya diperkenankan untuk melakukan start lari dengan jarak pendek. Selain itu untuk para peserta lompat jauh harus berlari sambil membawa pedang di kedua tangan.

Biasanya dikenal dengan nama halteres dengan berat badan sekitar 1 sampai 4,5 kg. Karena lompat jauh telah dianggap sebagai olahraga yang paling sulit sejak olimpiade kuno, karena ia memerlukan banyak keahlian. Akan tetapi menurut catatan yang dibawa seorang pria yang bernama chionis, berhasil malakukan lompatan sejauh 7, 05 meters

Sejarah Perkembangan Lompat Jauh

gaya dalam lompat jauh
wikipedia.org

Olahraga lompat jauh merupakan salah satu cabang olahraga yang di pertandingan pada olimpiade modern sejak tahun 1986. Peraturan lompat jauh ini akan terus diperbaiki sehingga hanya peraturan yang ada ini. Pada waktu itu, tahun 1948 lompat jauh putri akan ditambahkan dengan cabang olahraga di olimpiade.

Karena negara amerika serikat pernah berjaya di cabang perlombaan lompat jauh pada lomba olimpiade tersebut. Waktu itu diadakan dimeksiko pada tahun 1968 dengan catatan rekor yang dilakukan oleh seseorang bob beamon dengan lompatan sejauh 8,90 meter. Kemudian rekor tersebut bisa dipecahkan oleh atlet asal negara amerika serikat yang bernama Mike powell dengan sejauh lompatan 8,95 meter.

Teknik Dasar Lompat Jauh

sejarah lompat tinggi
tirto.id

Dalam lompat jauh atlet juga harus mengetahui dan menerapkan teknik dasar ini sebagai supaya untuk mendapatkan lompatan sejauh mungkin. Berikut ini teknik dasar yang perlu Anda kuasai tentang teknik seperti ini.

Teknik Awalan

Pada teknik awalan adalah salah satu langkah awal seorang atlet, gunanya untuk memperoleh kecepatan yang semaksimal mungkin dengan cara berlari sebelum Anda melakukan papan tolakan. Berikut ini ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang seorang atlet sebelum melakukan lompatan.

  • Pada jarak awalan untuk seorang atlet profesional putra adalah 40-50 m, dan putri 30-40 m. Sedangkan untuk pelajar, pada jarak awalnya adalah disesuaikan dengan kemampuan masing-masing siswa sendiri.
  • Sebelum Anda melangkah kaki start terkuat diletakkan dibelakang.
  • Anda harus mengawali langkah dengan lari yang berlahan, lalu dipacu secepat mungkin dan dipertahankan kecepatan sehingga sehingga sampai dipapan tolakan.
  • Jangan sampai Anda mengurangi kecepatan lari dan jangan sampai merubah langkah kaki Anda.
  • Untuk pandangan Anda harus lakukan dengan fokus pada papan lompatan.

Teknik Menumpu

Teknik menumpu adalah salah satu gerakan yang terpenting dalam lompat jauh, semakin baik tolakannya akan semakin baik pula pada hasilnya. Pada teknik ini melakukan tolakan di papan penumpu, untuk seorang atlet harus menggunakan kaki terkuat agar mengubah kecepatan horizontal menjadi kecepatan vertikal.

Berikut ini ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui untuk seorang atlet sebelum melakukan tolakan diantaranya.

  • Ketika mau melakukan tumpuan, pada posisi badan tidak boleh terlalu condong.
  • Untuk kaki yang menjadi tumpuan setidaknya harus kuat, cepat dan aktif.
  • Anda juga harus mempertahankan badan.
  • Bisa Anda lakukan untuk mengayunkan  lengan, ini merupakan untuk membantu dan menambah ketinggian serta untuk menjaga keseimbangan tubuh kita.
  • Tolakan untuk lompat jauh harus Anda lakukan dengan kaki sekuat mungkin.
  • Ketika melakukan tumpuan, agar diusahakan badan tetap condong ke belakang.
  • Anda juga harus fokus dengan papan tumpuan sebagai tempat bertumpu sebelum melakukan lompatan.

Teknik Melayang

lompat jauh
walpaperhd99.blogspot.com

Pada gerakan melayang dalam melakukan lompat jauh dilakukan setelah setelah tumpuan serta meninggalkan papan tumpuan. Ketika melakukan gerakan melayang,

Anda harus memiliki keseimbangan badan harus tetap terjaga, dan pada anyunan tersebut kedua tangan bisa membantu atlet dalam menjaga keseimbangan tubuh. Agar hasil lompatan maksimal ada 2 cara dalam melakukan melayang di udara yaitu.

1. Melayang Mengkilap Dengan Sikap Jongkok

Cara melakukan ini merupakan salah satu pada saat menumpu, untuk mengayunkan kaki setinggi-tingginya disusul dengan menggunakan kaki tumpuan, dan saat mengudara pada kedua kaki diletakkan di depan.

2. Dengan Sikap Melayang

Dalam melakukan sikap, seharusnya kaki ayun dibiarkan tergantung lurus pada waktu menumpu. Dan pada tubuh harus diusahakan tegak, dan disusul dengan kaki tumpu pada lutut ditekuk sambil pinggung lalu didorong kedepan, setelah itu merentangkan kedua lengan ke atas gunanya untuk menjaga keseimbangan.

Ukuran Lapangan Lompat Jauh

lapangan lompat jauh
galeryolahraga.blogspot.com

Semua cabang olahraga pasti memiliki ukuran arena lapangan tersendiri, baik itu olahraga tenis meja, sepak bola, voly, basket bulu tangkis dan lain sebagainya. Bahkan ukuran lapangan lompat jauh juga memiliki ukuran tersendiri, biasanya arena lapangan lompat jauh ini bisa dibilang dengan bak lompat ini lah sejarah lompat jauh.

Dan bak lompat biasanya difungsikan sebagai tempat landing terakhir bagi peserta atlet lompat jauh. Berikut ini secara ringkas mengenai ukuran bak lompat antar lain adalah

  • Mempunyai bak lompat panjang 9 meter.
  • Mempunyai lebar 2,75 meter.
  • Mempunyai lintas lompat jauh yang dipakai sejauh 45 meter.
  • Untuk lintasan awal lompat jauh mempunyai lebar 1,22 meter.
  • Pada papan tumpuan untuk digunakan dalam lompat jauh mempunyai lebar 20 cm.
  • Pada papan tumpuan yang digunakan dalam lompat jauh mempunyai panajng sekitar 122 cm.
  • Bak lompat harus diisi dengan pasir.

Ya, ini saja yang bisa saya sampaikan mengenai tentang sejarah lompat jauh, dan di dalam pembahasan ini terkait mengenai tentang pengertian lompat jauh, sejarah perkembangan lompat jauh, teknik dasar lompat jauh, dan yang terakhir ukuran lapangan lompat jauh. Mudah-mudahan apa yang bisa saya paparkan bisa bermanfaat untuk kita semua.

Tinggalkan komentar