Manfaat, dan Teknik Pukulan Dalam Pencak Silat Bagi Pemula

Pukulan dalam pencak silat – Pukulan pencak silat ini salah satu cabang olahraga bela diri yang berasal dari daerah atau kawasan di sekitar asia, yang terutama di asia tenggara dan lebih khususnya di negara indonesia, pada awalnya bela diri silat ini merupakan bela diri yang harus dikuasai oleh seluruh prajurit kerajaan yang masa lalu.

Untuk bertujuan bertahan diri dari serangan orang lain dan kejahatan yang di sekitar kita, untuk melindungi anggota badan kita. Akan tetapi seiringnya waktu zaman sekarang pencak silat perlahan untuk di masukan ke dalam kegiatan olahraga seni bela diri di sekolah umum.

Indonesia merupakan negara yang lumayan baik dari segi seni olahraga bela diri pencak silat. Ternyata di negara kita yaitu indonesia banyak orang yang sudah atlet dalam bidang pencak silat, dan menguasai ilmu teknik dasar sampai ilmu teknik internasional yang sudah memilikinya.

Manfaat Pencak Silat

Pukulan Dalam Pencak Silat
thesagonline.com

Manfaat pukulan dalam pencak silat pada umumnya adalah kegiatan dalam olahraga, pencak silat merupakan mengandung unsur yang baik untuk membentuk karakter yang bisa lebih maksimal. Ini juga memiliki pengaruh yang lebih baik atas pembangunan budi pekerti.

Pendidik seorang anak harus juga dengan melatih fisik, jiwa, raga anak, untuk menunjukkan mental dan mempunyai rasa keberanian dalam menghadapi kesulitan. Bila anak belum pernah mengikuti dalam belajar pencak silat yang dipelajarinya agar dianjurkan untuk mengikutinya.

Dan pendidikan pencak silat ini adalah adat, adab, dan sopan. Pencak adalah cara berlatih yang berdasarkan pada kesiapan dalam gerakan, sedangkan silat adalah kepandaian menjaga diri dari serangan yang tidak terduga dengan gerakan yang dilatihkan dan berdasar pada sigap dan tangkas.

Teknik Dalam Pencak Silat

Pukulan Dalam Pencak Silat
trsitatemartialartsinstitute.org

Teknik pukulan dalam pencak silat ada beberapa macam gerakan yang merupakan banyak sekali, ini harus diketahui bagi yang hobi dalam berlatih bela diri. Sikap atau gerakan ada beberapa macam tujuan yaitu:

Baca Juga  18 Manfaat Omega 3 Salmon dan Manfaat Minyak Ikan Salmon Omega 3

kuda-kuda, sikap pasang, latihan langkah kuda-kuda silat menggunakan delapan arah mata angin, pola langkah, pukulan, tendangan, dan tangkisan. Berikut ini penjelasan teknik pencak silat dasar.

Kuda-kuda

Teknik kuda-kuda ini Anda harus mengetahui dari enma posisi kuda-kuda yaitu. Kuda-kuda depan, kuda-kuda belakang, kuda-kuda tengah, kuda-kuda samping, kuda-kuda silang depan, dan kuda-kuda silang belakang.

Pukulan Dalam Pencak Silat
youtube.com
A. Kuda-kuda Depan

Kuda-kuda depan agar dilakukan dengan posisi kaki yang terdapat di depan harus di tekuk sedangkan kuda-kuda yang kaki belakang harus dilakukan dengan lurus.

Sementara itu khusus telapak kaki belakang harus di serong ke arah luar. Dan berat badan di tumpukan pada kaki depan, badan seharus dilakukan dengan tegap dan pandangannya harus ke arah depan.

B. Kuda-kuda Belakang

Khusus untuk kuda-kuda belakang, dapat dibentuk dengan tumpuan berat badan masing-masing dan dilakukan pada kaki belakang. Pukulan dalam pencak silat, tumit yang dipakai sebagai arah lurus tegak dengan sesama pinggul. dan badan harus dicondongkan ke arah depan, kaki depan harus dijinjit dan terlihat dengan tumit  bisa juga melakukan dengan ujung kaki.

C. Kuda-kuda Tengah

Kuda-kuda tengah ini sangat mudah dilakukan, harus dibentuk dengan dua kaki setelah itu diketuk dengan titik berat badan yang di tengah.

D. Kuda-kuda Samping

Dengan cara ke samping atau bisa juga dengan melakukan cara satu kaki di tekuk dan kaki yang lain harus dilakukan dengan lurus ke samping. Dan berat badan pada kaki harus di tekuk juga, bisa juga bahu sejajar dan segaris dengan kaki.

E. Kuda-kuda Silang Depan

Ini yang harus Anda harus ketahui kuda-kuda silang ke depan dibuat dengan menginjakkan satu kaki ke arah depan bisa juga ke arah belakang kaki yang lain. Berat badan ditumpukan pada satu kaki, sedangkan kaki yang lain di sentuhkan pada lantai dengan ibu jari kaki bisa juga dengan jari kaki.

F. Kuda-kuda Silang Belakang

Kuda-kuda silang belakang merupakan dengan salah satu kaki yang berada di belakang dengan dalam keadaan menyilang dan kaki yang bertumpukan ke belakang, badan tetap lurus agar tidak jatuh saat melakukan gerakan tersebut.

Baca Juga  Gaji Masinis PT KAI

Sikap Pasang Pencak Silat

Pukulan Dalam Pencak Silat
youtube.com

Terdapat empat sikap pasang yang ada dalam pukulan dalam pencak silat yaitu pasang satu, pasang dua, pasang tiga, dan pasang empat dan berikut ini pengertiannya.

1. Pasang Satu – Pasang satu merupakan sikap yang posisi badan di harus bersikap tegak, karena kedua tangan di samping dalam keadaan yang sudah siap dalam silat dan kedua kaki dibuka yang sangat lebar.

2. Pasang Dua – Pasang dua harus dibentuk dengan badan yang sangat tepat pada posisi tegak, dan kaki dibuka dianjurkan harus selebar bahu, dan kedua dianjurkan untuk mengepal dan sejajar dengan pinggang.

3. Pasang Tiga – Pasang tiga ini dilakukan sama seperti pasang dua harus pada posisi dengan tegak lurus. Kaki juga harus melebarkan yang disesuaikan selebar bahu, dan diangkat dengan sejajar mata atau kepala tangan terbuka.

4. Pasang Empat – Pada pasang empat ini sikap badan dan mata harus dilakukan pada pasang tiga, dan yang paling membedakan di sini adalah tangan harus diangkat sejajar mata dengan posisi silang, awalnya sih tangan harus terbuka lalu tangan harus sudah mengepal.

Melatih Pukulan Mematikan

Tentunya bagi kita yang pencinta dalam bela diri, kita seharusnya sering berlatih dalam kecepatan pukulan dan tendangan, karena kecepatan merupakan tahap utama kita untuk menjadi pukulan yang sangat lurus ke arah lawan.

Saat kita dalam posisi yang sudah siap, kita harus rileks sepenuhnya dalam menghadapi musuh, jadi tangan, bahu, pundak, dan lain sebagainya semua yang kita gerakan harus secara posisi siap sepenuhnya. Lalu setelah memukul kira-kira jarak 5 cm.

Setelah itu tarik napas dan dibawa santai tapi lakukan dengan cepat, agar lebih jelas ketika mau memukul ke arah lawan yang kita hadapi.

Pukulan

Pukulan Dalam Pencak Silat
worldofwallstickkers.com

Di sini ada empat pukulan dalam pencak silat, ini juga merupakan kunci untuk menghadapi lawan. Dan berikut ini macam-macam pukulan yaitu: pukulan lurus, pukulan pukulan bandul, pukulan, pukulan tegak, dan yang terakhir pukulan melingkar.

Baca Juga  Mengenali Halimah Yacob, Presiden Muslimah Pertama Singapura [UPDATE TERKINI]

1. Pukulan lurus – Pukulan lurus merupakan pukulan yang selalu dilakukan dengan tangan dan memukulnya ke arah depan, setiap pukulan itu ada sasarannya atau tujuan yaitu ke arah anggota badan bisa ke dada atau bisa juga ke muka lawan, dan tangan yang satu lagi menutup ke arah yang kita tuju, yaitu sasaran ke perut atas.

2. Pukulan Bandul – Pukulan bandul ini bisa dilakukan dengan mengayunkan ke salah satu tangan yang kita kepal ke arah sasaran yaitu uluh hati, dan tangan yang satu lagi menutup arah lawan.

3. Pukulan Tegak – Pukulan tegak ini biasanya pada sasarannya ke arah bahu atau bisa juga ke atas sendi bahu di bagian kanan. Yang kita lawan dan itu saling berhadapan, jadi nanti sama aja dengan bahu sebelah kiri yang menjadi sasaran.

4. Pukulan Melingkar – Pukulan ini cukup sederhana hanya dengan sasaran ke arah pinggang lawan yang kita hadapi.

Tangkisan Pencak Silat

Pukulan Dalam Pencak Silat
wecoachit.com

Tangkisan merupakan gerakan yang digunakan untuk seorang yang berlatih dalam olahraga bela diri. Bisa juga gerakan ini dilakukan pada saat menahan serangan lawan dengan menggunakan tangan kita,

kaki ataupun senjata agar serangan lawan itu tidak dapat mengenai kita, nah berikut yang Anda perlu ketahui hanya empat teknik tangkisan dengan menggunakan tangan dalam pencak silat yaitu:

  • Tangkisan Dalam – Tangkisan dalam ini merupakan serangan dalam menyikapi gerakan tangan dari luar atau ke dalam sejajar dengan bahu.
  • Tangkisan Luar – Tangkisan ini adalah yang menahan serangan dengan gerakan tangan dari dalam ke luar atau bisa juga dengan sejajar dengan bahu.
  • Tangkisan Atas – Tangkisan ini merupakan salah satu menahan serangan dengan gerakan tangan mulai dari gerakan bawah atau atas. Untuk melindungi kepala dari serangan.
  • Tangkisan Bawah – Tangkisan bawah hanya menahan serangan untuk melakukan gerakan tangan dari atas ke bawah.

Video Pencak Silat

Mungkin saya rasa ini cukup yang bisa saya sampaikan mengenai pukulan dalam pencak silat, mudah-mudah bisa bermanfaat buat kita semua.

Sekian terima kasih, silahkan di share semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar