murai batu dorong ekor

Cara Perawatan Murai Batu Dorong Ekor Terlengkap Bagi Pemula

Perawatan Murai Dorong Ekor – Selamat datang teman teman yang saya senangi, kali ini saya akan membahas mengenai tentang cara merawat murai batu, murai borneo ekor panjang, murai ekor panjang, murai batu medan ekor panjang, ekor murai batu medan, ekor murai batu, panjang ekor murai batu medan trotolan.

Dan Anda harus bisa cara membedakan murai batu ekor panjang dengan ekor pendek. Pasti kalian penasaran kan cara terbaik untuk mendorong ekor agar cepat panjang.

Murai batu ini burung yang sudah digemari di kalangan indonesia yang menjadi burung hobi di kalangan masyarakat, kini sudah banyak penangkaran yang dilakukan dengan hobi burung murai batu. Burung ini memiliki pola ekor murai yang cukup panjang dan cantik.

Ini menjadi keunikan dari sisi bentuk tubuh murai batu. Akan tetapi sebelumnya, burung yang masih menjadi anak anak belum memiliki ekor yang cukup panjang. Atau istilahnya masih tahap dorong ekor ketika tumbuh dewasa bisa juga dibilang burung tersebut masih mabung, dan menjadi proses dorong ekor sebaik mungkin.

Bagi teman teman yang memiliki burung murai batu agar perlu perawatan murai batu mabung yang khusus untuk membantu dorong ekor agar cepat tumbuh ekornya dengan sempurna. Berikut ini langkah langkah yang bagus untuk perawatan murai batu agar dilakukan dengan baik.

Nah di dalam artikel ini juga banyak sekali saya bahan terkait tentang perawatan murai batu dorong ekor, murai batu dorong ekor, murai dorong ekor, perawatan murai mabung dorong ekor, merawat murai dorong ekor, murai batu mabung dorong ekor, perawatan murai batu, murai batu ekor panjang dan masih banyak lagi yang lain.

Cara Perawatan Murai Dorong Ekor

Cara Perawatan Murai batu Dorong Ekor
kicaumania.or.id
  • Pertama Berikanlah 4 sampai 5 ekor jangkrik ketika pagi dan sore hari.
  • Tahap kedua adalah berikan kroto fresh sejumlah satu cepuk, setiap 2 sampai 3 kali dalam seminggu. Bila kamu mempunyai kroto yang cukup berlimpah, bisa saja kamu berikan pada setiap harinya.
  • Tahap Ketiga adalah mandi tidak dikerjakan dalam keramba mandi, akan tetapi siapkan bak mandi pada dalam sangkar tersebut.
  • Tahap keempat adalah ketika dijemur sebaiknya tidak dilakukan dengan cara merawat murai batu teratur cukup sekian kali satu minggu, serta dikerjakan. Ketika pagi sesudah matahari terbit dengan durasi selama 15 menit kurang lebih seperti itu.
  • Tahap kelima sepanjang perawatan murai batu , murai batu agar disimpan ditempat yang sejuk, nyaman dan tidak terganggu dengan burung yang lainnya. Sejenis atau burung fighter yang lain. Untuk alternatif lain Anda bisa memberikan ful kerodong.
  • Tahap keenam adalah lakukan dengan membersihkan murai setiap pagi dan sore hari. Agar untuk melindungi kesehatan bulu dan terhindar dari serangan tungau atau parasit.
  • Berikan Birdmineral untuk mensupport agar mempercepat perkembangan bulu ekor akan lebih cepat dan optimal.
  • Lakukan dengan pemasteran dengan burung atau nada masteran yang sesuai.

Jika teman teman mengharapkan perawatan murai batu untuk hasil yang lebih cepat, lakukan dengan tahapan yang sabar dan membutuhkan waktu yang konsisten. Kerjakan sesuai yang saya tulis diatas tersebut.

Murai Batu Dorong Ekor Beberapa Lama

merawat murai dorong ekor
kicaumania373.wordpress.com

Pada umumnya pada proses murai dorong ekor tersebut akan berlangsung kurang lebih selama tiga bulan dari awal bulu mulai rontok. Pada murai batu ketika proses ganti bulu pertama kali pada umur kurang lebih empat bulanan. Menurut informasi dari orang lain, proses mabung pada murai batu berlangsung kemungkinan dalam waktu tiga bulanan.

Baca Juga  Cara Membuat Kandang Kelinci Sendiri di Jamin Sukses Bagi Pemula

Namun proses tidak akan sama pada setiap burung murai batu, ada juga yang lebih cepat selesai saat ganti bulu dalam jangka dua bulan. Dulu ada orang lain sudah berjalan selama dua bulan dari awal jatuh bulu, dan pada saat ini sedang melakukan dorong ekor akan tetapi masih ada bulu sayap yang terjatuh ke bawah.

Pada umumnya perkiraan dalam jangka tiga minggu kedepan, pada proses dorong ekor murai batu akan selesai. Jadi kalau kita hitung secara keseluruhan saat berlangsung sekitar tiga bulanan. Akan tetapi jika murai batu sedang mabung, lebih baiknya jauhkan dari burung sejenis, jika kita memelihara lebih dari satu ekor burung.

Supaya proses murai batu mabung akan berjalan dengan sempurna tanpa ada gangguan apapun. Karena menurut informasi di luar sana yang beredar, ketika murai batu saat mabung sebisa mungkin agar dijauhkan dari lingkungan yang berisik.

Mengatasi Bulu Ekor Murai Batu Yang Tumbuh Miring

murai batu mabung dorong ekor
gado2ceritaku.blogspot.com

Banyak sekali para murai batu mania yang kecewa, karenamemiliki burung murai batu yang ekornya tumbuh miring setelah diproses dorong ekornya. Selain itu pasti Anda tidak akan nyaman melihatnya pada bulu ekor yang miring, terkadang murai batu telah mencabutnya dengan sendirinya, sehingga pertumbuhan bulu ekornya makin terganggu.

Biasanya ekornya miring dikarenakan pada posisi istirahat burung tersebut terlalu menempel di sekitar jeruji sangkar nya. Sebaiknya Anda menggunakan tenggeran secara khusus, bisa juga diakali dengan memberi jarak antara tenggeran dan jeruji sangkar.

Ketika penggantian tenggeran ini diperlukan ketika murai batu sedang tidur dengan menempelkan tubuhnya pada jeruji pada sangkar nya. Lalu bagaimana cara mengatasi bulu ekor yang sudah terlanjur miring? Cara paling efektif adalah memandikan murai batu secara rutin.

Jika murai batu biasanya dimandikan 2 sampai 3 kali dalam seminggu, maka dalam masalah ini perlu dimandikan setiap harinya secara rutin pagi dan sore hari, selain itu Anda bisa menyemprot secara halus pada ekor yang terihat miring, untuk merasang atau merapikan pada ekornya. Jika ini dilakukan secara rutin, maka ekornya akan kembali normal dan bisa tumbuh secara sempurna.

Bulu Ekor Murai Batu Yang Tidak Tumbuh

murai dorong ekor
kicaumania.oc.id

Pada pertumbuhan bulu ekor murai batu bisa saja terhambat oleh gumpalan darah yang kering di sekitar pori pori kulit. Hal ini merupakan akibat pencabutan bulu secara paksa atau tidak tepat, sehingga bisa merusak kulit burung yang menimbulkan pendarahan.

Ketika ini menjadi pendarahan biasanya tidak akan terlihat, karena pada permukaan kulit bulu yang lain akan tertutup. Solusinya terbaik adalah tentu kita harus menyelesaikan sumber penyebab, yaitu gumpalan darah yang mengering dan menyumbat pada pori pori kulit.

Cara sangat mudah pegang burung tersebut dengan santai dan berhati hati, sehingga burung tersebut merasakan tertekan. setelah itu bersihkan pada darah yang menutupi pori pori tersebut dengan air hangat. Berikut ini cara membersihkan darah yang menutupi pori pori.

  • Singkapkan pada bulu ekor, lalu pastikan disekitar atas kloaka di mana bulu ekor tertanam tercelup di dalam air yang hangat. Lalu ketika sudah dicelup, bersihkan pada bagian kulit yang pernah ditumbuhi bulu ekor dan kini tidak tumbuh lagi.
  • Singkapkan bulu ekor, lalu carilah pada bagian kulit yang dulu pernah tumbuh dengan bulu ekor akan tetapi sekarang tidak tumbuh lagi. Lalu basahi di sekitar tersebut menggunakan air hangat, lalu digosok secara pelan pelan memakai tangan kita.

Kalau menurut saya cenderung memakai cara kedua, karena cara pertama merupakan cara yang terlalu kasar dengan burung tersebut.

Perawatan Murai Mabung Dorong Ekor

murai batu dorong ekor
kicaumania.or.id
  • Anda harus menyiapkan nutrisi lengkap dan seimbang, pada untuk makanan orang lain menyarankan dengan menggunakan voerzoo insect blend sebagai makanan makanan total untuk murai batu. Dengan makanan seperti itu nanti tidak akan lagi menggunakan seperti jangkrik, kroto dan lain sebagainya.
  • Untuk kerodong sangkar Anda harus carikan tempat yang lebih nyaman, sebaiknya jangan taruh di dapur karena suhu udara akan berubah-rubah. Ketika masih proses mabung murai lebih banyak untuk istirahat.
  • Kalau bisa Anda jauhkan dengan murai batu lainnya, nanti murai batu tersebut murai yang bertarung. Ketika mau mabung murai batu pada kondisi lemah dan menggunakan energi untuk pada prosesnya ketika mabung.
  • Lakukan murai batu untuk mengasih kesempatan mandi sehari sekali, ini merupakan membuat burung selisik yang bagus untuk membantu pertumbuhan bulu dan membantu bulu tersebut akan semakin bersih.

ya, ini saja yang bisa saya sampaikan mengenai perawatan murai dorong ekor, bukan hanya itu saja akan tetapi masih banyak lagi seperti perawatan murai mabung dorong ekor, merawat murai dorong ekor, perawatan murai batu dan masih banyak lagi. Mudah-mudahan apa saya paparkan ini bisa bermanfaat untuk kita semua.

Bisa menambah wawasan terkait tentang ternak murai batu.

                                                                                perawatan murai dorong ekor

2 pemikiran pada “Cara Perawatan Murai Batu Dorong Ekor Terlengkap Bagi Pemula

Tinggalkan komentar