Jenis dan Sifat Pengertian Magnet Alam Maupun Elementer Secara Lengkap

Pengertian Magnet Selamat datang teman teman yang saya senangi dan saya banggakan, hari ini saya akan membahas mengenai banyak cara membuat magnet buatan induksi sederhana. Bagi Anda yang ingin mencoba membuat magnet dengan cara yang mudah dan cukup sederhana bisa Anda praktik secara langsung.

Ternyata kalau perlu kita ketahui magnet juga ditemukan di sekitar alam, ada juga sifat sifat, teori, macam jenis, dan gaya magnet yang dijelaskan secara rinci. Anda juga bisa membuat cara membuat magnet sederhana. Bahkan magnet banyak dimanfaatkan oleh orang lain dalam kehidupan sehari-hari yaitu dengan membuat magnet buatan.

Untuk benda yang terbuat dari magnet adalah benda-benda yang tergolong dalam benda magnetik terutama adalah ferromagnetik, misalkan seperti besi atau baja. Pada intinya adalah cara membuat magnet merupakan untuk mengubah susunan magnet elementer yang tidak akan teratur, seakan akan menjadi searah atau menjadi teratur.

Nah di dalam artikel ini pembahasan mulai dari sifat sifat magnet, magnet neodymium, magnet permanen, sebutkan sifat sifat magnet, magnet permanen, pengertian kemagnetan, artikel magnet, magnet buatan, magnet alam, pengertian kutub magnet, pengertian gaya magnet dan masih banyak lagi yang belum kita ketahui.

Pengertian Magnet

Kemagnetan
menitihidup.blgspot.com

Magnet adalah benda yang sangat mampu untuk menarik benda-benda di sekitarnya, karena pada setiap magnet mempunyai sifat magnet. Magnet adalah benda yang sangat mampu untuk menarik benda lain pada di sekitarnya.

Kata magnet ternyata diambil dari nama asal daerah asia yaitu dengan nama magnesia, pada tempat inilah bangsa yunani menemukan sifat magnetik yang berasal dari bebatuan yang mampu menarik biji besi. Menurut dari pikiran orang yang berilmu, cina merupakan bangsa yang pertama untuk memanfaatkan magnet sebagai penunjuk arah atau kompas.

Ternyata kalau perlu kita ketahui pembahasan mengenai magnet banyak sekali mulai dari jelaskan magnet, magnet batang, pengertian induksi magnet, pengertian magnet elementer, definisi medan magnet, cara membuat magnet, medan magnet.

Sifat – Sifat Magnet

Sifat Magnet
dziks0508.blogspot.com
  • Magnet hanya bisa menarik pada benda, artinya hanya bisa benda tertentu saja dalam jangkauannya, tidak semau benda dapat untuk ditarik.
  • Ternyata gaya benda bisa menembus benda, jika gaya magnet semakin kuat maka semakin tebal benda yang dapat untuk ditembus oleh gaya tersebut.
  • Magnet ternyata memiliki dua kutub, yaitu dengan kutub utara dan kutub selatan.
  • Jika pada kutub yang sejenis atau bisa juga satu nama yang di dekatkan satu sama lain, maka mereka pun akan semakin tolak menolak, jika pada kutub yang di dekatkan satu sama lain, maka mereka akan saling tarik menarik.
  • Ternyata pada medan magnet bisa membantu dengan gaya magnet. Jika semakin dekat dengan benda magnet, nanti medan magnet akan semakin merapat. Sehingga dengan gaya magnetnya akan semakin besar, demikan juga dengan sebaliknya.
  • Dari sifat magnet bisa hilang atau bisa juga melemah karena ada beberapa penyebab, seperti apabila magnet jatuh dengan terus menerus, atau bisa juga karena terbakar, dan lain sebagainya.

Benda Berdasarkan Sifat Magnet

Magnet Kuat
mysainsreferensi.blogspot.com

1. Benda Magnetik (Feromagnetik)

Feromagnetik adalah salah satu benda yang bisa ditarik dengan kekuatan oleh magnet. Pada benda magnetik yang bukan magnet dapat diproses menjadi magnet, akan tetapi pada setiap benda mempunyai tingkat kesulitan yang berbeda jika ingin diubah menjadi magnet. Misalkan seperti benda besi, baja dan nikel atau yang lainnya.

2. Benda Non Magnetik

Benda ini bisa terbagi untuk menjadi dua kelompok yaitu:

  • Paramagnetik adalah salah satu benda yang dapat ditarik dengan kelemahan oleh magnet kuat misalkan seperti alumunium, tembaga platina dan lain sebagainya.
  • Diamagnetik adalah salah satu benda yang menolak dengan magnet, yang dimaksud di sini adalah benda ini tidak akan bisa ditarik oleh magnet, misalkan seperti emas, seng, merkuri atau seperti yang lainnya.

Teori Magnet

  • Pada sebuah magnet akan tersusun pada magnet magnet kecil, bisa dibilang dengan magnet elementer
  • Pada benda magnetik, magnet elementer ini bisa tersusun secara teratur, akan tetapi pada benda non magnetik, magnet elementer akan tersusun secara acak.
  • Pada bahan magnetik yang bukan magnet, bisa diubah menjadi magnet prinsip dan membuat magnet elementer menjadi teratur.
  • Pada bahan magnetik lunak akan lebih mudah untuk dijadikan magnet karena lebih mudah untuk menyusun magnet elementer menjadi lebih teratur.
  • Jika pada magnet dipotong, makan pada masing masing potongan tersebut tetap mempunyai kutub utara dan kutub selatan.

Macam-Macam Magnet

Macam Macam Magnet
belajarbersamaanime.blogspot.com

Sekarang magnet mempunyai banyak bentuk, karena pada setiap bentuk akan dibuat dengan tujuan dan kegunaan yang sangat berbeda. Pada umumnya ada lima bentuk pada magnet seperti magnet batang, magnet silinder, magnet jarum, magnet cincin, magnet ladam.

Jenis Jenis Magnet

1. Magnet Alam

Magnet alam adalah salah satu yang mempunyai sifat magnet secara alami, artinya ada campuran tangan pada manusia. Misalkan seperti gunung ida di magnesia yang bisa menarik pada benda dan benda di sekitarnya.

2. Magnet Buatan

Magnet buatan adalah salah satu magnet yang bisa dibuat oleh manusia, pada magnet buatan bisa dibuat dari bahan bahan magnetik kuat misalkan seperti baja dan besi. Dan magnet buatan terbagi menjadi dua bagian yaitu:

  • Magnet Tetap atau permanen, merupakan magnet yang memiliki sifat magnet permanen, maupun pada proses pembuatan sudah dihentikan.
  • Magnet Sementara atau remanen, merupakan salah satu magnet yang bersifat magnet hanya sementara saja, yaitu hanya terjadi selama proses pada pembuatan saja.

Gaya Magnet

Magnet Alam
aliexpress.com

Gaya magnet adalah salah satu gaya yang ditimbulkan dengan dorongan pada tarikan dari magnet tersebut. Karena magnet mempunyai macam-macam bentuk misalkan seperti batang, silinder, jarum, bentuk U, dan ladam.

Pada daerah di sekitar magnet akan mendapat pengaruh gaya tarik magnet ini yang dinamakan dengan medan magnet. Medan magnet merupakan susunan oleh garis-garis gaya magnet. Pada di sekitar kutub magnet, pada garis-garis gaya magnet akan semakin rapat, begitu juga dengan sebaliknya semakin jauh dari kutub magnet garis-garis akan semakin tidak rapat.

Jika garis gaya magnet semakin rapat, gaya magnet akan dipakai untuk menunjukan kuat lemahnya gaya magnet tersebut. Karena magnet memiliki garis gaya yang termasuk rapat, sehingga mempunyai gaya tarik magnet yang sangat kuat.

Pengertian Kutub Magnet

Kutub Magnet
belajarbersamaanime.blogspot.com

Pada bagian magnet memiliki gaya tarik merupakan terbesar dan ini disebut dengan kutub magnet, karena magnet selalu memiliki dua kutub. Perlu Anda ketahui ya, jika sebuah magnet batang dicelupkan di dalam serbuk besi di bagian tengah daerah netral tidak ada serbuk besi yang melekat,

sedangkan pada bagian paling ujung akan semakin banyak serbuk besi yang melekat pada magnet tersebut. Pada bagian yang sangat banyak di lekat dengan serbuk besi, ini merupakan kutub magnet.

Hal ini sangat bisa menandakan pada gaya magnet yang merupakan paling besar dan berada paling ujung magnet. Pada garis yang menghubungkan dua kutub magnet disebut juga dengan sumbu magnet.

Kutub Utara dan Kutub Selatan Magnet

Pada setiap magnet apapun itu bentuknya, pasti memiliki kutub utara dan kutub selatan. Bisa Anda amati dengan sebuah jarum yang dapat berputar pada porosnya, seperti kompas. Pada dalam keadaan diam, salah satu ujung magnet akan menunjukan ke arah utara.

Sedangkan dengan ujung yang lainnya menunjukan ke arah selatan, Karena ujung kompas yang menunjukan ke arah utara disebut dengan kutub utara, dan ujung yang menunjukan ke arah selatan disebut juga dengan kutub selatan.

Gaya Magnet Terhadap Magnet Lainnya

Jika kutub utara magnet di dekatkan pada kutub utara, suatu saat akan terjadi penolakan gaya, begitu juga dengan sebaliknya, jika kutub selatan di dekatkan maka kutub selatan magnet, pasti hasilnya akan tolak menolak. Sedangkan jika kutub utara akan di dekatkan dengan kutub selatan, maka hasilnya akan mendapat sebuah gaya tarik menarik.

Ya, ini saja yang bisa saya sampaikan mengenai pengertian magnet secara lengkap dan detail, mulai dari sifat-sifat magnet, teori magnet, macam magnet, jenis magnet, gaya magnet, dan yang terakhir adalah pengertian kutub magnet. Mudah mudahan apa yang bisa saya sampaikan bisa bermanfaat untuk kita semua.

Pengertian Magnet

Tinggalkan komentar