Pengalaman Try Out dan Ujian Nasional

Awalnya sebelum menghadapi ujian nasional saya selalu belajar dengan rajin dan tekun, karena ujian nasional ini bukan ujian yang biasa-biasa aja ya. Ini juga menentukan kenaikan kelas ke jenjang pendidikan selanjutnya.

Maka diadakan ujian nasional, murid-murid indonesia agar selalu belajar dan belajar untuk menghadapi kenaikan kelas. Ini juga untuk masa depan yang lebih baik, dan harus melewati masa pembelajaran.

Memang menghadapi ujian nasional ini harus butuh mental, dan tenaga. Biasanya setiap kita melaksanakan ujian nasional ada rasa takut dan rasa gelisah.

pixabay.com

Kalau menurut saya namanya belajar tidak ada rasa takut dalam menghadapi ujian ini, tapi gak papa buat kalian, ini awal untuk belajar menghadapinya.

Namun di dalam ujian nasional itu ada persiapan untuk menghadapi yaitu ujian try out. Adanya ujian try out ini kita sudah ada cara atau gambaran untuk melaksanakan ujian nasional.

Maka kamu yang ingin melaksanakan ujian nasional harap dipersiapkan dengan sebaik  mungkin, mulai dari belajar sungguh-sungguh, banyak minta do’a kepada orang tua agar diberi kemudahan dalam menghadapi ujian nasional.

pixabay.com

Biasanya menurut pengalaman saya pribadi, menghadapi ujian nasional intinya banyak-banyaklah beribadah dan sering shalat malam, seperti tahajud, qiyamul lail dll.

Dan ini yang perlu kita perhatikan lagi dalam belajar untuk menghadapi ujian nasional. Agar sering-sering untuk belajar bertanya kepada guru-guru kita seperti pelajaran matematika, ipa, bahasa inggris, dan bahasa indonesia.

Kalau kamu jarang bertanya kepada guru-guru, nanti kamu akan kesusahan dalam menjawab pertanya’an yang kamu hadapi. Sebenarnya kalau kita bisa menjawab dengan soal-soal yang tertera di dalam soal ujian nasional, kuncinya adalah kamu harus sering bertanya kepada guru materi pembelajaran masing-masing.

Baca Juga  Pengalaman Pribadi Bermain Layang-layang

Menghadapi Ujian Try Out 1

pixabay.com

Saya dulu pertama kali menghadapi ujian try out 1 agak bingung cara menjawabnya. Ini juga kesalahan saya sendiri, dulu nya saya juga malas yang namanya belajar. Setelah berjalannya ujian, saya menjawab soal dengan se bisa saya sendiri.

Entah itu benar atau salah kalau misalkan jawaban saya ini benar, mungkin itu hasil istiqomah saya dalam beribadah,  dan kalau misalkan jawabannya ini salah berarti saya memang benar-benar tidak belajar.

Setelah satu minggu berjalannya waktu saya akan mengecek hasil nilai try out saya sendiri dan terus seperti apa hasilnya? Ternyata hasil try out 1 nilai saya tidak memuaskan, ini juga kesalahan saya pribadi, dulunya kenapa saya tidak belajar sungguh.

Sekarang ini coba’an buat saya sendiri, inilah rasanya mendapat nilai yang tidak memuaskan, malu juga dengan saudara adik, tetangga, dan yang paling khususnya adalah orang tua kita sendiri.

Mulai dari sini saya akan berubah dengan semaksimal mungkin, dan terus belajar sama teman dan sama guru, kadang waktu itu saya ketika mau fokus belajar malam hanya di dalam masjid sama teman-teman sambil menunggu shalat tahajud.

Biasanya kalau saya belajar di kamar,tidak ada yang menemani dalam belajar kadang otak kita itu rasanya sangat jenuh dan susah di cermati.

pixabay.com

Kalau misalkan kamu ingin belajar sama teman itu sangat mudah untuk diresapinya dan mudah untuk bertanya soal pelajaran yang kamu masih belum faham dengan pelajaran tersebut.

Ketika saya sudah terbiasa belajar di dalam masjid bersama teman-teman saya, kamu semakin mudah untuk mencermatinya.

Kadang kalau kita fikir dengan cermat, belajar di masjid ini cukup membantu kita dalam keseriusan. Karena yang kita pakai belajar di masjid hanya untuk beribadah saja.

Akan tetapi bisa juga kita mengkaji ilmu agama seperti fikih, aqidah, hadist, Al Quran dll. Maka dari itu kalau saya sarankan ingin belajar dengan kenyamanan yang maksimal mungkin, hanya di masjid.

Tapi menurut saya sih, gak masalah, yang penting kita menjaga kebersihan dan kenyamanan masjid, soalnya tempat masjid ini bukan cuma untuk beribadah saja.

Saya juga kurang tau sama teman-teman yang lain, kalau belajar nyaman di mana? Biasanya adat di pesantren ini setiap mau belajar tempatnya hanya di masjid.

Menjealang besok saya akan menghadapi ujian try out ke 2, ya mudah-mudahan diberi kelancaran dalam menjawab soal-soal try out.

Menghadapi ujian try out 2

pixabay.com

Try out juga akan di mulai pada hari senin besok, nah saya akan benar menjawab dengan sebaik mungkin. Dan saya tidak akan mengulangi nilai yang tidak memuaskan, seperti try out yang lalu.

Waktu itu saya bangun pagi sebelum subuh bersama teman-teman, ingin melaksanakan shalat tahajud bersama-sama, agar menghadapi ujian try out yang ke 2 di beri kelancaran dan keberhasilan dalam menjawab soal.

Nah waktu pukul jam 07.00 pagi, saya mengerjakan soal ujian serius dengan sebaik mungkin. Dan al hamdulillah saya mengerjakan dengan jujur, ternyata selama saya belajar setiap malam di masjid, ada manfaatnya.

pixabay.com

Ini juga merupakan membantu kita dalam belajar dengan sungguh-sungguh. Saya juga pernah ingat pesan yang di sampaikan kepada guru saya, dan orang tua saya.

Beliau berkata seperti ini, kalau kamu mengerjakan soal ujian awali dengan do’a sebanyak mungkin, karena do’a adalah senjata hidup kita di dunia.

Perkataan ini saya encamkan di dalam hati saya dengan sedalam-dalamnya. Ini juga buat motivasi kepada teman-teman saya yang menghadapi ujian try out. Semenjak saya sudah selesai mengerjakan soal-soal ujian try out tersebut, saya dan teman-teman sepakat agar terus belajar dengan sungguh-sungguh.

Waktu menjelang beberapa hari ada guru yang mengumumkan kepada muridnya akan diberi tahu nilai hasil ujian try out yang ke 2. Dan saya melihat nilai teman-teman sudah mulai baik dan memuaskan, dari pada nilai try out yang sebelumnya.

Nanti saya dan teman-teman akan menghadapi ujian try out yang ke 3. Pesan dari guru harus belajar dengan sebaik-baiknya, karena try out yang ke 3 hanya terakhir kali, setelah itu akan menghadapi ujian nasional

Menghadapi Ujian Try Out 3

pixabay.com

Ketika ujian try out sudah mulai berlangsung saya dan teman-teman, sepakat harus bisa mendapat nilai yang bisa lebih baik dari pada try out yang sebelumnya.

Karena ujian try out ini ternyata bisa membantu nila ujian nasional, maka dari itu teman-teman sekalian, harus fokus yang apa kamu kerjakan soal-soal yang didepan kamu. Yakin benar dan pasti yang saya jawab ini dengan benar.

Waktu menjelang beberapa hari saya dan teman-teman ada pengumuman dari guru. Bawasannya ujian nasional akan dimulai besok pagi pada hari senin, dan ujiannya akan di laksanakan pada pukul 07.30.

Nah buat teman-teman semuanya harus dijaga kesehatannya, karna kesehatan ini juga lebih penting buat kamu yang akan mengikuti ujian nasional.

Dan banyak-banyak berdo’a sebelum menghadapi ujian, pesan ini terus kita ingatkan setiap harinya.

Sekarang akan di mulai ujian nasional pukul 07.30, dan teman mulai mengerjakan dengan serius, ada teman yang ingin menyampaikan tentang ujian nasional.

Seperti ini dia menyampaikannya: Teman-teman ujian nasional ini adalah ujian dari pemerintah atau dari negara, saya sarankan teman-teman menjawab ujian kalau bisa dengan jujur dan se bisanya.

Sekian dari saya..

 

 

Tinggalkan komentar