Pengalaman Pramuka di Sekolah

Pengalaman pramuka – awalnya saya kurang hobi jadi seorang pramuka. Dulunya saya juga kurang percaya dengan pramuka,waktu itu saya disuruh sama orang tua untuk masuk di sebuah pesantren. Semenjak saya mulai masuk di pesantren, saya akan sungguh-sungguh dan untuk memperdalam ilmu pramuka. Kenapa saya koq, mau memperdalam ilmu pramuka?

Karena waktu itu semenjak saya di sekolah SD selalu dibela-bela untuk mengikuti perlombaan pramuka se kecamatan siman. Oleh karena itu saya akan memperdalam ilmu pramuka dengan sebaik-baiknya.

Entah kenapa ya? kenapa koq selalu dibela-bela sama teman-teman untuk mengikuti perlombaan pramuka. Padahal saya tidak ada pengalaman pramuka di sekolah luar satu kali pun. Nah waktu itu saya tidak sanggup untuk mengikuti perlombaan nya.

republika.co.id

Mulai dari pesantren, ini saya terus belajar untuk memperdalam ilmu pramuka dengan kemauan saya sendiri. Yang perlu kita perhatikan dalam mempelajari ilmu pramuka  adalah. Terutama cara baris berbaris dengan sempurna, maupun ini sepele ya, kita harus perhatikan dengan sebaik mungkin.

Kalau bisa kita pantau cara baris berbaris seperti para pasukan tentara dan polisi. Ini merupakan pasukan khusus negara yang sudah benar-benar di seleksi sama ahli bidang kepramukaan. Nah ini juga buat referensi yang baik untuk yang memperdalam ilmu pramuka dengan sebaik-baiknya.

Baris berbaris ini juga merupakan sikap sempurna untuk memulai kegiatan, seperti upacara hari senin setelah itu upacara pramuka pembukaan atau penutupan dll. Pramuka juga tidak diajarkan dalam satu bidang aja, banyak sekali pelajaran yang masih belum kita ketahui seperti belajar semapur, pionerng, suwis, morse, dan wide game. 

Belajar Semapur

sibumi.com

Dan masih banyak lagi yang belum saya ketahui. Seandainya kamu ingin mendalami ilmu pramuka atau belajar semapur, kamu harus sungguh mendalami ilmu semapur ini. Kalau bagi saya ya, belajar semapur ini memang tidak mudah, kita harus menghafal huruf A-Z pakai gerakan bendera kecil yang berwarna merah sama kuning.

Kalau kamu belum mengetahui bendera semapur yang berwarna merah sama kuning, pasti kamu belum pernah ada pengalaman pramuka untuk mengikuti kegiatan pramuka di waktu SD, SMP, mapun SMA.

Menurut pengalaman pribadi saya waktu di pesantren, Namanya kegiatan pramuka ini sangat menghibur buat kamu yang sering galau. Lakukan aja dengan kegiatan pramuka, pasti rasa jenuh atau rasa suntuk kamu, akan hilang masalah yang anda alami.

Kegunaan untuk apa kita belajar semapur di pramuka, banyak banget sih kegunaan belajar semapur. Terutama ya, pengalaman pramuka, soalnya jarang ada yang bisa mempelajari sempur di pramuka. Rata-rata orang yang di pramuka itu hanya bisa morse sama suwis.

Maka dari itu kalau kamu ingin belajar semapur di pramuka, anda sudah dipandang sama pembina pramuka paling hebat di sekolah wow. Padahal baru belajar semapur aja, belum belajar sebagian yang lainnya.

Belajar Morse

muarapunig.blogspot.com

Ternyata ya, kalau yang saya ketahui tentang morse ini banyak cabang-cabangnya, seperti suwis, main toya dll. Saya masih kurang detail yang saya sebutkan ini.

Belajar morse ini juga agak seru ya, serunya di mana? Terutama kita belajar morse ini memakai pluit yang kecil, ciri-ciri pluit biasanya yang sering dipakai ketika pertandingan olahraga seperti main bola, voly, bulu tangkis, tenis meja, kelihatanya hampir semua cabang olahraga ketika ada sebuah pertandingan memakai pluit.

Ternyata di dalam ilmu pramuka ini. juga ada belajar morse yang memakai pluit. Namun berbeda cara memakai pluit ketika pertandingan olahraga sama belajar morse. Kalau pertandigan olahraga ini cara memakai pluit hanya di waktu pelanggaran.

Kalau di dalam pramuka ini cara memakai pluitnya sangat unik membunyikan, ada yang panjang dan ada yang pendek, tergantung huruf A-Z.

Belajar Pionering

riyadi01.blogspot.com

Salah satu belajar pionering ini juga harus orang yang bertenaga. Kenapa bisa begitu? Karena belajar pionering ini memakai toya seperti kayu panjang yang biasanya, dibentuk dengan unik dan bermacam bentuk. Seperti buat tiang bendera, teng, mobil, pesawat, kapal, dan bermacam-macam hewan.

Belajar pionering bukan hanya satu orang aja, melainkan banyak orang, kalau dalam perlombaan pionerig hanya membutuhkan maksimal 5 orang aja, dan untuk perlombaan pionering hanya membutuhkan  30 toya.

Nah pengalaman pramuka saya nih, waktu saya pernah ditugaskan untuk mengikuti perlombaan pionering, ini juga merupakan salah yang fatal. Salah satunya cara mengikat toya kayu yang panjang, ini harus mengikat dengan sebaik mungkin atau sekuat mungkin.

kakakiky.blogspot.co.id

Karena kalau cara mengikatnya sudah salah, ini bisa mengakibatkan pionering yang kita bikin hancur dan rubuh. Semua kayu toyanya akan patah semua. Padahal hanya kesalahan yang sepele ya, cuman menali kurang rapat.

Kalau kamu yang merasa bertenaga yang berisi atau bertenaga yang kuat, saya sarankan kalau ingin belajar pramuka, perdalamin ilmu pionering.

Soalnya belajar pionering ini hanya diambil orang yang bertenaga dan berisi, cara mengikatnya sangat rapat dan kuat.

Inilah yang diambil oleh petugas pramuka dalam mendalami ilmu pionering, beda dengan belajar ilmu semapur dan morse, karna kedua ilmu ini hanya memerlukan otak semuanya, dan wajib untuk menghafalkan. Kalau belajar pionering hanya membutuhkan tenaga yang lebih kuat dan lebih ekstra.

Wide Game Pengalaman Pramuka

sditdarulathfal.blogspot.com

Inti yang paling seru di dalam pramuka adalah bermain wide game, apa itu wide game? Wide game adalah perjalanan yang kita tujui dan melewati pos-pos tertentu, dan setiap pos itu selalu ada pembina pramuka.

Oleh karena itu, pembina pramuka harus mengasih kegiatan di setiap pos masing-masing. Biasanya kita melaksanakan wide game harus melewati 10 pos tersebut.

Pengalaman pramuka saya kalau di setiap pos itu selalu dikerjain beberapa macam-macam dan aneh, biasanya sih suruh tenggelam di sungai dan suruh teriak sekuat mungkin. Kadang pembinanya tidak ada rasa sedih kepada muridnya, dulu saya juga mengalami jadi murid.

youtube.com

Tapi ya, bagi saya itu seru-seru aja kalau mengikuti wide game, Nanti kita juga akan merasakan jadi pembina. Biasanya adat di pondok itu selalu balas dendam kepada muridnya, itu yang saya merasa sedih, kadang saya melakukan ini juga tidak tega dengan muridnya.

Namanya pramuka sih, tidak ada kata sedih kalau menghadapi pramuka, justru kita akan melatih mental kita seperti keamanan negara contoh: tentara, polisi dll.

Maka dari itu manfaat pramuka sebenarnya banyak sekali ya, mulai dari latihan mental, jalan diatas tanah yang berlumuran, melewati tali yang di bawahnya ada sungai. Kita ini memang benar-benar dididik seperti latihan tentara dan militer.

Kalau misalkan kamu sudah punya pengalaman atau cerita dalam pramuka tidak akan habis ceritanya sampai selesai. Kadang saya suka di dalam pramuka adalah belajar morse dan suka wide game, kalau wide game itu seru mandi di sungai, kalau morse suka di perlombaan pramuka.

Ini aja sekilas pengalaman pramuka, semoga bermanfaat.

Satu pemikiran pada “Pengalaman Pramuka di Sekolah

Tinggalkan komentar