Murai Filipina

15 Jenis Murai Batu Terkini Beserta Gambar dan Penjelasan

Murai Batu adalah salah satu jenis burung murai batu yang tersebar di sekitar di indonesia, hari ini saya akan membahas mengenai burung murai, kalau perlu Anda ketahui gambar burung murai ini bukan hanya satu nama saja ya.

Akan tetapi ada beberapa banyak macam macam murai atau ciri ciri burung murai. Mulai dari murai medan, murai nias, murai malaysia, murai lampung, murai kalimantan, murai borneo, murai aceh, murai batu bahorok, murai anakan, murai bordan, murai irian, murai thailand, murai sabang, murai filipina dan murai jawa.

Burung murai ini merupakan salah satu terbaik pada keberadaannya disekitar kita, dan sangat dicari oleh para masyarakat sekitar khususnya di negara Indonesia. Ini sangat memiliki keindahan tersendiri mulai dari postur warnanya dan cara berkicau.

Nah dari sini, masyarakat sekitar Indonesia sangat banyak untuk mencari dan diminati. Suatu saat pasti ada rasa untuk membelinya, dan tidak di pandang harganya mahal atau murah, yang terpenting adalah saya sudah memiliki burung ini dan untuk dirawat dengan sebaik mungkin.

Untuk sumber pembahasan di artikel ini burung murai , burung murai, murai, Burung Murai , jenis murai, murai medan, jenis burung murai, burung muray, macam macam burung murai dan gambarnya

Selain itu burung murai ini memiliki keunikan tersendiri, kira kira apa ya dari keunikan burung murai tersebut? Ternyata teman teman burung ini memiliki ekor yang sangat panjang seperti burung lainnya.

Karena para pecinta kicau mania ini sering membicarakan mengenai ekor panjang seperti burung murai dan beberapa jenis burung murai medan dan lainnya. Seperti murai batu Medan, Nias, Lampung, Aceh maupun Borneo (Kalimantan).

Burung Murai Batu

Burung Murai Batu
sumbercenel.com

Ternyata keberadaan burung murai sudah terancam punah, saya juga kurang tau kenapa koq seperti itu. Apakah dari pemburu liar atau murni karena kerusakan lingkungan, hal ini perlu mendapatkan perhatian atau kasih sayang khusus, ini termasuk jumlah burung tersebut sudah semakin berkurang.

Pada waktu itu penyebaran untuk wilayah foto burung murai sudah sering merambah di seluruh negara sekitar lain. Kalau negara sekitar indonesia bisa di dapatkan sekitar pulau sumatra, jawa, dan kalimantan. Pastinya penyebaran burung ini sudah memiliki jenis yang berbeda-beda. Berikut ini ada beberapa jenis burung murai yang harus kamu ketahui.

Jenis Murai Batu

Jenis Burung Murai Batu
sumbercenel.com

Kalau perlu kita ketahui ya, ternyata burung murai ini mempunyai jenis yang berbeda-beda. Bahkan hampir secara keseluruhannya berbeda jenis lainnya, ternyata hampir semua jenis burung ini memang sangat sulit untuk dibedakan, kecuali Anda menangkapnya secara langsung dan bisa untuk membedakan jenis lainnya.

1. Murai Medan

Murai Medan
frammas72.blogspot.com

Murai medan merupakan salah satu burung yang terbaik dar semua jenis yang hidup di indonesia. Burung ini sudah menyebar di seluruh pulau sumatra, kalimantan, dan sebagian lain ada juga di pulau jawa. Murai ini sudah banyak orang diminati oleh banyak orang.

Karena di berbagai pelosok desa dan di sekitar gunung atau hutan banyak para masyarakat sekitar untuk berburu murai sumatra medan hanya untuk mencari induk atau bakalan yang sangat berkualitas. Akan tetapi di kalangan mereka sedikit orang cara membedakan fisik maupun suara dan berbagai kombinasi warna yang yang di peroleh burung murai medan

Jika ingin membahas mengenai murai medan, pasti di kalangan masyarakat membicarakan tentang ekor yang terdapat pada burung ini. Mengapa begitu? Karena ekor burung medan mempunyai ekor yang cukup panjang bisa mencapai sekitar 25 sampai 30 cm.

Seakan-akan murai medan ini memiliki ciri ciri murai medan khas yang tersendiri untuk menjadi tanda pengenal. Bahkan di kalangan luar sana pada kagum waktu melihat ekor burung medan, karena dia memiliki karakter yang sangat bagus maupun cara berkicau yang lebih mantap.

Pada umumnya julukan murai medan tidak hanya berasal sekitar kota medan saja. Akan tetapi nama tersebut di ambil dari istilah pada zaman terdahulu dengan berbagai pendapat orang lain yang berbeda-beda. Dan lebih jelas burung ini merupakan salah satu jenis yang terbagi menjadi beberapa ras saja.

Pendapat orang lain para pecinta burung dia mengakui bahwa jenis burung murai yang paling banyak hanya terdapat di sekitar kota medan, akan tetapi ada juga yang memiliki pendapat lain yang di temukan berbagai wilayah, mulai dari pulau sekitar sumatra seperti kota lampung, aceh, dan pulau jawa.

Pada umumnya murai medan ini sudah banyak dari asli habitatnya, pasti tidak kagum lagi jika pemerintah menyetujui bahwa burung medan ini sudah jelas fauna yang dilindungi.

2. Murai Nias

Murai Nias
siapbisnis.net

Murai nias adalah salah satu yang tau berasal dari mana? Ternyata burung ini berasal daerah nias, karena burung ini bisa dikatakan untuk bersaing dengan murai medan. Karena kedua burung ini sudah menjuarai di beberapa arena perlombaan.

Menurut pendapatan orang lain ya, suara yang terbaik dalam berkicau adalah murai nias kelebihannya hampir sama dengan murai medan. Di sini perbedaan murai medan dan lampung dari kedua burung tersebut adalah hanya saja panjang ekor dan dari bentuk badannya lebih kecil sama dengan murai lampung.

Terkadang di waktu ada acara perlombaan kicau mania, murai nias pernah meraih juara yang terbaik dengan membawa juara ke tiga. Karena burung nias ini mendapat prestasi dan para pecinta murai dari luar daerah mulai melirik dan ingin memburu untuk mempunyai murai nias.

Kalau di kepulauan nias, burung ini banyak orang yang menyebutkan tatohua. Karena kelebihan dari burung nias ini memiliki suara yang keras dan jernih. Terkadang murai nias sangat unik sekali ya, biasanya kalau ada burung di sekitar mereka murai nias ini menirukan suara burung lain yang ada di sekitar mereka.

Murai nias ini bisa di kategorikan dengan spesies, sesuai dengan namanya. Karena burung ini berasal dari kepulauan sumatra utara di sekitar kepulauan nias. Dan kebanyakan orang yang menyebutkan nama murai nias raja, ini juga termasuk di temuka di sekitar daerah sabang.

3. Murai Malaysia

Murai Malaysia
ozankicaumania.com

Murai malaysia merupakan salah satu di sekitar negara malaysia, ternyata burung ini bisa tersebar di negara lain. Misalkan di negara thailand, malaysia, dan filipina. Murai malaysia kita bisa melihatnya dari bentuk ekornya rata-rata sangat mirip seperti murai medan dan ada juga yang berekor pendek seperti murai Borneo dari kalimantan.

Murai malaysia banyak orang yang menemukan di sekitar semenanjung malaysia, burung ini mempunyai ekor yang sangat panjang kira mencapai 29 sampai 36 cm. Dengan ciri bentuk ekor yang sangat tipis akan tetapi seperti lentur. Murai malaysia ini mempunyai ukuran yang lebih besar jika kiat dibandingkan dengan murai medan.

Hal ini mempunyai kesamaan dalam corak tubuhnya, dan ini memiliki suara kicau yang begitu keras. Ini juga termasuk murai malaysia yang cukup cerdas dan dia juga memiliki daya ingatan bisa mengikuti suara burung jenis lainnya.

Memang murai malaysia ini sudah di kenal oleh masyarakat luar sana, hampir sama mempunyai tingkat kecerdasan seperti murai medan. Akan tetapi murai malaysia ini mempunyai kelemahan tersendiri dan tenaga nya sering mudah lemah, hal ini merupakan mempunyai panjangnya ekor yang terus menguras dengan stamina daya tubuh.

Pengalaman orang lain ketika murai malaysia mengikuti kontes perlombaan, ia sangat mengecewakan saat berkicau berhenti sejenak di tengah perlombaan kontes karena dia memiliki energi yang cepat habis dan kekuatannya di keluarkan saat perlombaan.

Kalau kita lihat dari sisi murai malaysia ini hampir sama dengan murai medan dari segi bentuk badannya. Bahwasanya burung ini penyebarannya bukan hanya di sekitar kedah atau perak, akan tetapi banyak di daerah lain yang ditemukan jenis murai malaysia. Di daerah lain merupakan negeri sembilan yang memiliki jenis murai malaysia yang berekor pendek.

4. Murai Lampung

Murai Lampung
kaskus.co.id

Burung murai lampung ini salah satu memiliki kekuatan terbaik dengan saudaranya yang lain seperti di sekitar sumatra. Di sini bisa kita lihat dari sisi ekornya memiliki ekor lebih pendek dari murai medan atau aceh. Akan tetapi dari segi keunggulan burung lampung ini sangat lebih kreatif dalam suara yang sangat luar biasa.

Jenis murai lampung memiliki mental yang bagus, dan ini lah kelebihan dari burung murai lampung bahkan dia juga memiliki ciri khas suara yang indah, pada dasarnya setiap nada suara nya sering mengulang dengan nada yang sama. Karena dulunya ia sering berlatih, sedangkan di kala pemasteran hanya untuk menutupi dari kekurangan murai lampung.

Dari sisi keunggulan suara, dia sangat baik saat berlaga, dan mempunyai stamina yang sangat bagus tidak mudah capek. Tidak seperti burung malaysia ia memiliki kekurangan stamina yang tidak maksimal bisa di bilang sering lelah saat berkicau.

Kalau kita lihat dari sisi keunggulan memiliki kicau yang sangat hebat dari pada burung lainnya. Ini juga hampir sama dengan murai biasa akan tetapi dia bisa mengikuti dari berbagai macam suara burung lainnya.

Namun ada yang perlu kita ketahui dari sedikit kekurangan murai lampung ini yang banyak orang tidak menyenangi nya dari sisi bertarung merupakan sangat lemah bagi murai lampung. Jika ada burung yang melawannya dengan suara yang tidak setara, murai lampung akan semakin cepat takut saat menghadapi seperti ini.

Perlu kita lihat dari sisi bentuk fisik dengan memiliki ekor yang sangat pendek, biasanya orang melihat mempunyai pendapat tersendiri seperti jenis ekornya sedikit lebih pendek inilah dari keuntungan dari murai lampung yang dia mempunyainya.

Muarai batu lampung dia memiliki kehebatan tersendiri mulai dari berkicau, dan saat ia terbang sangat lincah dari sisi gerakan dia miliki.

5. Murai Batu Kalimantan

Murai Kalimantan
burunghobi.com

Murai kalimantan merupakan nama jenis berupa nama daerah aslinya, burung ini mempunyai dari segi wibawa tersendiri di waktu itu saat mengikuti perlombaan berkicau. Akan tetapi banyak orang yang menilai bahwasanya sedikit orang yang memilih murai kalimantan.

Entah itu kenapa koq bisa seperti itu, kemungkinan orang mempunyai alasan tersendri. Apakah murai kalimantan ini mempunyai kekurangan dari segi suara saat berkicau? Ternyata semua orang mengakui burung murai kalimantan ini salah satu kekurangan dari segi suara saat berkicau, dia ini kalah jauh saat bersaing dengan murai yang lainnya.

Di negara indonesia murai kalimantan banyak di temukan di pasar-pasar jual burung lainnya. Biasanya para pedagang jual murai kalimantan ini cukup harga yang relatif murah, jika kita bandingkan dengan harga murai jenis yang lainnya.

Bisa di katakan kalau beli burung murai di sekitar toko burung rata rata yang ditemukan jenis murai kalimantan dan murai lampung. Kalau kita lihat dari sisi kelebihan dari murai kalimantan banyak dari pendapat orang yang mengatakan.

Jika murai kalimantan memiliki kualitas baik dengan murai asal aceh, medan, dan nias. Yang mana dari ciri khas murai kalimantan lebih dominan mempunyai warna bulu yang bagus seperti warna hitam pekat dan di sekitar dada memiliki warna coklat sedikit muda.

Selain itu ada yang masih belum kita ketahui tentang murai kalimantan. ternyata murai kalimantan mempunyai ekor yang cenderung lebih pendek jika kita bandingkan dengan murai yang lainnya. Ekor ini hanya sekitar 15 cm saja, dengan ekor yang begitu panjang saat murai berkicau akan lebih tahan lama karena stamina tenaga tidak terlalu terkuras.

Kelebihan yang nampak dari murai kalimantan ini pada stamina tenaga, apa suara yang dia keluarkan lebih stabil normal. Ini merupakan mampu bertahan lama dan tidak akan mudah lemas.

6. Murai Aceh

Murai Aceh
acehterkini.com

Murai aceh adalah salah satu andalan ketika mengikuti perlombaan berkicau di area kontes. Untuk masalah kualitas dari murai aceh ini saat berkicau bisa dikatakan sama dengan murai medan. Karena burung yang asal medan ini sudah menjuarai di sekitar wilayah lainnya.

Banyak orang yang mengatakan, salah satu ciri dari bentuk murai aceh ini memiliki daya tubuh semakin bagus, hampir sama dengan murai medan. Kalau kita telusuri ya, ciri bentuk badan murai aceh cenderung kecil, jika kita bisa membandingkan dengan dengan murai asal medan.

Namun murai aceh ini memiliki postur badan yang kecil, aka tetapi dia mempunyai daya tempur yang cukup bagus, suara cukup lantang bisa untuk bersaing dengan burung yang lainnya.

Kalau kita lihat dari segi ekor pada murai aceh ini, mempunyai ukuran ekor yang cukup panjang sekitar 20 sampai 30 cm saja. Akan tetapi masih kalah jauh dengan burung murai asal medan, karena ia memiliki ekor panjang sekitar 26 sampai 35 cm.

Murai aceh ini ternyata memiliki kicau yang cukup unik dan mempunyai variasi suara yang tidak bisa ditandingi oleh burung lainnya. Ketika burung ini turun di area perlombaan dia akan mengeluarkan suara ngeroll jika sudah jadi, maka dia akan siap untuk bertempur di arena perlombaan dengan jenis murai lainnya.

Murai aceh ini merupakan golongan yang sangat tangguh dan dia bisa menyesuaikan dirinya di sekitar lingkungan yang dia ketahui. Intinya dari burung ini lakukan perawatan khusus, suatu saat akan mudah untuk dibentuk murai aceh seperti apa kepada pemiliknya.

Pernah dengar dari orang lain penyebaran terhadap murai aceh banyak sekali yang ditemukan di berbagai daerah, seperti di daerah kabupaten pidie, lhong dan di sekitar pegunungan Kaude Bieng yang mana daerah tersebut banyak yang menemukan murai aceh berkualitas.

7. Murai Borneo

Murai Borneo
youtube.com

Murai batu Borneo merupakan salah satu terbagi menjadi tiga spesies atau ras. Ras yang pertama adalah ras banjar, ras mahkota, dan ras palangka. Dari ketiga macam ini berasal dari tiga daerah yang sangat berbeda di kalimantan. Ini merupakan sangat sulit mengetahui ciri-ciri dan kelebihan burung ini Borneo yang sangat bagus.

Karena burung murai yang berasal dari indonesia dengan secara keseluruhannya sangat mirip sekali dari segi bentuk badan fisik atau dari segi suaranya. Meskipun dari berbagai macam tubuh dari burung Murai bisa menjadi ciri tanda yang berasal dari mana atau dari ras nya.

Kalau perlu kita ketahui Murai Borneo mempunyai ciri khusus dari segi ekor yang memiliki warna di sebelah bagian bawah ekornya. Biasanya orang yang melihatnya ekor burung ini yang berwarna putih cenderung berwarna polos di sebelah bawah semburat kehitaman pada bagian ujungnya.

Kalau kita lihat dari seluruh badannya, pada bagian atas yang terdapat berwarna hitam dari keseluruhannya. Dari segi lainnya Anda bisa mengukur panjang ekor Murai Borneo yang memiliki panjang sekitar 8 sampai 13 cm, kalau dari segi karakter suara berkicau tidak terlalu mengkristal.

Pada burung murai ini di sebelah dada terdapat berwarna coklat kekuning-kuningan merupakan warna yang begitu cerah. Selanjutnya kalau Anda bingung cara memilih Murai Borneo dengan kualitas yang sangat super harus mendalami pengetahuan ciri cir dan kelebihan tentang Murai Borneo yang lumayan bagus.

Bagi Anda yang sangat mencintai terhadap Murai Borneo ada beberapa diantaranya. Bentuk fisik pada Murai Borneo ini sangat lebih kecil, kalau kita bandingkan dengan Murai medan dan aceh.

Pada bagian punggung yang terletak sekitar leher dan kepala ini mempunyai warna bulu gradasi dari hitam pekat ada juga yang memiliki warna yang begitu cerah. Suara Murai Borneo ini mempunyai suara khas yang begitu rendah dan tidak terlalu keras.

8. Murai Bahorok

Murai Bahorok
frammas72.blogspot.com

Kalian pasti belum mengenal tentang murai bahorok, murai bahorok ini berasal dari daerah kecamatan bahorok kabupaten Langkat provisi sumatera utara. Jika Anda mempunyai niat untuk pergi ke sana silahkan nanti setiap perjalanan akan menemui kebun kelapa sawit.

Jika Anda memakai kendaraan sendiri, nanti ketika berangkat dari kota medan, kalian akan menempuh perjalanan selama 4 sampai 5 jam. Murai bahorok terdapat di sekitar kaki gunung Leuser banyak orang yang mengenal dengan nama taman nasional gunung Leuser.

Waktu itu di sekitar gunung ada yang mengalir pada aliran sungai, ternyata di tengah masyarakat banyak orang yang menjumpai sungai tersebut. Karena di sekitar sungai tersebut ada banyak orang yang menemukan murai bahorok dari berbagai jenis lainnya sampai sekarang ini menjadi habitat.

Namun tidak ada orang yang bisa mengingkari, sebenarnya murai bahorok ini mempunyai bodi yang cukup bagus bagi orang sekitar sana. Ada beberapa orang saja yang sudah tersebar di wilayah pulau pisang, bukit lawang, gotong royong, dan yang terakhir adalah bandar baru ini sampai menembus ke wilayah marike.

Waktu itu ketika ada murai bahorok ini masih berlimpah, dari pendapat orang lain, murai medan ini sangat sering dipercayai dengan murai bahorok. Memang dari sifat yang sudah dikenal sangat liar, karena habitatnya sangat jauh sekali dari permukiman penduduk.

Ini juga merupakan murai bahorok jarang sekali berinteraksi dengan manusia, karena ketika proses penjinakan butuh waktu yang sangat lama.

9. Murai Anakan

Murai Anakan
mediaronggolawe.com

Murai anakan kalian sudah pada tau apa belum kira kira yang anakan seperti apa? Burung murai anakan itu bentuk badan terlihat masih kecil, kalau burung anakan ini sudah mempunyai umur di bawah satu bulan, orang lain pada masih susah untuk cara membedakannya dari jenis kelamin jantan atau betina.

Di waktu usia tiga bulan murai anakan jantan maupun betina bisa kita lihat dari jenis kelamin pasti akan nampak secara jelas. Maka dari itu jika ada orang mau membeli murai anakan kalau saya sarankan kita harus menunggu dengan sabar hingga anakan tersebut telah berusia tiga bulan ke atas.

Jika umur burung murai anakan mempunyai umur di bawah tiga bulan, kita tidak akan bisa melihat ciri dan jenis kelamin murai anakan tersebut. Akan tetapi kita hanya bisa meraba meraba saja, belum bisa kita pastikan murai anakan ini jantan atau betina.

Kalau misalkan Anda salah beli burung murai anakan, lebih nyaman Anda bisa membeli anakan di lokasi pasar peternakan. Cara melihat ciri anakan murai anakan betina yang berkualitas adalah bisa kita lihat dengan ciri fisik yang diberikan pada piyikan tersebut.

Sebab burung murai anakan jantan maupun betina dalam melakukan perawatan sangat berbeda-beda caranya. Kalau misalkan murai anakan jantan kita harus memelihara dengan sebaik mungkin, mengapa begitu? Karena nanti murai jantan akan digunakan sebagai pertandingan suara berkicau dengan burung yang lain.

10. Murai Bordan

Murai Bordan
kicaumania.co.id

Murai bordan merupakan salah satu sebutan dari burung bordan karena hasil dari perkawinan antara murai medan jantan sama dengan murai borneo betina. Kemungkinan ini untuk bertujuan atau mengkombinasikan gaya dan karakter mental dari dua jenis murai sangat berbeda rasnya.

Ini merupakan hasil perkawinan dari dua jenis spesies yang sangat berbeda, suatu saat bisa menghasilkan murai bordan jantan pastinya mempunyai harapan dari segi gaya bertarung yang sangat araktif, ketika bertarung sangat bagus, dan mempunyai suara yang bagus untuk bertarung.

Akan tetapi hal ini bukan hasil yang terakhir bisa di jadikan kesimpulan akhir. Maka dari itu nanti saya akan bahas mengenai ciri ciri murai bordan jantan secara ringkas sesuai yang bisa di pahami oleh seseorang.

Berikut ini kelebihan dari murai bordan menurut orang lain di sekitar.

  • Mempunyai suara yang dan irama lagu yang pastinya lebih bervariasi.
  • Mempunyai tembakan yang lebih keras.
  • Ketika menghadapi pertarungan sering memainkan ekornya.
  • Pada bentuk tubuh hampir sama dengan murai medan.
  • Pola motif pada bulu ekornya sama degan murai medan.

11. Murai Irian

Murai Irian
suaralovebird.blogspot.com

Murai Irian merupakan salah satu menjadi kesukaan para pecinta kicau mania, pada karakter yang dimiliki oleh burung Irian di alam liar ia mempunyai dahi yang berwarna, paruh berwarna hitam, bulu pada tubuhnya berwarna hitam, dan ujung bulu bulu yang berwarna hijau berminyak.

Pada habitat murai Irian persebaran terdapat pada di selatan Burma (myanmar), Thailand, Indonesia, China, Sumatera, Jawa, dan Bali. Burung ini merupakan makanan serangga besar dan buah-buahan yang mempunyai habitat di hutan sekunder, hutan semak, dan hutan bambu.

Murai Irian ini berukuran sedang dengan memiliki panjang tubuh beserta ekor panjangnya sekitar 35 cm. urung ini terkadang banyak orang yang menjumpai di sekitar pasar burung dalam jumlah yang lebih banyak. Namun kalau perlu kita ketahui murai Irian ini hanya untuk menarik seseorang untuk membelinya, karena penasaran dengan memiliki suara keunikan tersebut.

12. Murai Thailand

Murai Thailand
youtube.com

Murai thailand ini sudah didengar banyak orang lain memang sudah tidak asing lagi ya, memang para pencinta kicau mania yang dibahas mengenai burung murai hanya di dalam daerah nya saja. Seperti murai medan, aceh, lampung, Irian dan lain sebagainya.

Jika para pecinta kicau mania ini membahas tentang murai thailand kayak ada yang asing entah itu kenapa. Kemungkinan rata rata perlombaan burung kicau di indonesia yang kebanyakan di ikuti hanya jenis murai asal indonesia dan malaysia saja.

Murai thailand ini bisa dibilang jenis yang memiliki perbedaan yang sangat besar, dari pada jenis murai yang berasal dari indonesia dan malaysia. Kenapa seperti itu, kita bisa lihat dari bentuk tubuhnya, warna bulunya, dan yang terakhir pada panjang ekornya.

Coba kita perhatikan saja murai thailand dari sisi tubuhnya, dia ini mempunyai bentuk badan yang lebih kecil. Jika kita bisa bandingkan dengan jenis burung murai asal indonesia dan malaysia sangat jauh sekali.

Memang bentuk badan lebih kecil ini bisa menyebabkan malas untuk terbang dan burung ini lebih suka berjalan-jalan di atas tanah, maupun masih ada beberapa jenis dari murai thailand yang mempunyai bentuk tubuh yang sedang biasanya memilih ditempat di atas ranting pada pohon.

Sedangkan kalau kita lihat dari sisi ekor murai thailand memiliki ekor yang sama panjang dengan burung ini asal indonesia seperti murai medan malaysia yang panjangnya sampai sekitar 28 sampai 33 cm ekor. Murai thailand mempunyai ekor panjang dengan bentuk tubuh yang kecil terlihat lebih cantik dan imut.

Di negara thailand burung ini memang di sana tidak digunakan untuk mengikuti perlombaan kicau, melainkan murai thailand hanya dijadikan burung hias dan memiliki nilai seni yang tertinggi.

13. Murai Sabang

Murai Sabang
kicauindonesia123.blogspot.com

Murai sabang merupakan yang sangat bagus di kalangan kota sabang, karena burung ini memiliki postur tubuh yang bagus, dan dari sisi bodi sangat proporsional dan memiliki suara yang cukup keras. Murai sabang salah satu banyak orang yang memburu para penghobi kicau mania.

Murai sabang ini kalau dijual di luar sana, kemungkinan harga bisa mencapai puluhan juta bahkan burung ini sangat langka, burung ini juga mempunyai ekor sepanjang 20 cm. Ini merupakan cukup panajang dan lebar. Dan yang paling banyak dikenali oleh orang pada murai sabang ini adalah dari pola ekornya yang unik.

14. Murai Filipina

Murai Filipina
birdonlover.blogspot.com

Murai asal filipina merupakan salah satu keunikan dari gaya yang dimiliki oleh burung filipina. Kita bisa lihat dari kualitas suara murai filipina ini kurang bagus dari pada murai yang lainnya. Bahkan banyak orang yang mengatakan, bahwa murai filipina hanya digunakan untuk hiasan rumah saja, selebihnya tidak untuk apa-apa.

Apalagi digunakan untuk perlombaan kemungkinan yang mempunyai murai tersebut masih ragu untuk membawanya ke tempat perlombaan, memang di kalangan sana jarang ada pertandingan kicau burung, kemungkinan besar hanya ada di indonesia saja.

15. Murai Jawa

Murai Jawa
kicaumania.co.id

Murai jawa merupakan salah satu yang paling langka di setiap daerah. Burung jawa memang sudah mengakui kalah tenar bila dibandingkan dengan burung murai yang lainnya seperti murai medan. Memang sudah terjadi seperti itu, para pecinta burung murai jarang ada yang mau menangkar dengan murai jawa.

Namun kalau kita bahas mengenai murai jawa, ternyata ada keunikan tersendiri, yang menyimpan arti nama tersebut. Anda pasti tau, dari orang jawa sangat gemar untuk membuat suatu nama. Selain dari nama, ada lagi yang membuat kita penasaran.

Ternyata burung ini ketika mengeluarkan suara, pasti bulu bulu dan kepalanya akan berdiri secara tegak seperti ada jambul. Kalau kita bedakan dengan burung murai lainnya, beda jauh. Karena burung murai di luar sana ketika berkicau, salah satu dia yang mengembangkan bulu dadanya. Burung Murai , jenis murai , jenis burung murai, murai medan, jenis burung murai, burung muray, macam macam murai, foto murai dan gambarnya

Ya saya rasa cukup mengenai murai , dan apa yang saya jelaskan ini bisa bermanfaat untuk kita semua. Untuk para pecinta kicau mania inilah jenis murai medan, murai nias, murai lampung, murai malaysia, murai kalimantan, murai borneo, murai aceh,

Selanjutnya ciri ciri burung murai batu, murai bahorok, murai anakan, murai bordan, murai irian, murai thailand, murai batu sabang, murai filipina dan murai jawa. Suatu saat kita akan bertambah ilmu tentang jenis ini sekian terima kasih semoga bermanfaat.

Baca Juga Cara Membuat Anak dan Doa Sholat Dhuha

Murai Batu

4 pemikiran pada “15 Jenis Murai Batu Terkini Beserta Gambar dan Penjelasan

Tinggalkan komentar