Ciri murai kalimantan

Ciri-ciri Burung Murai Batu Kalimantan Terkini

Murai Batu Kalimantan Selamat datang teman teman yang saya senangi, hari ini saya akan membahas mengenai tentang murai kalimantan super, suara murai batu betina, batu kalimantan, murai batu gacor, ciri murai borneo. Karena di masyarakat lain banyak yang minat untuk mempunyai murai kalimantan.

Kalau perlu kita ketahui ya, ternyata murai batu ini banyak di temukan di sekitar pasar yang dijual sangat murah, jika kita bandingkan dengan harga murai batu daerah lainnya bisa dikatakan 50% murai kalimantan sudah beredar di sekeliling pasar, dan 50% lagi murai batu asal lampung.

Mungkin masih banyak orang pemula yang masih belum tau cara membedakan ciri khas maupun ciri lainnya, seperti dari sisi kicau murai kalimantan. Maka hari ini saya akan berikan ciri ciri murai kalimantan.

Nah di dalam artikel ini juga membahas mengenai tentang penangkaran murai batu, ternak murai batu, murai batu super, murai betina, cara penangkaran murai batu, murai borneo ekor panjang, murai batu betina, motif ekor murai batu bordan, harga murai kalimantan, murai borneo betina dan masih banyak yang belum kita ketahui.

Murai Batu Kalimantan

Ciri murai kalimantan
omkicau.com

Ciri-ciri Murai Kalimantan

  • Ciri pertama murai kalimantan adalah kita lihat dari bagian bentuk serta ukuran tubuh, ini merupakan bentuk yang lebih kecil. Apabila kita bandingkan dengan murai batu asal medan, coba kita lihat dari bagian dada murai kalimantan memiliki warna coklat muda yang cukup cerah.
  • Ciri Kedua murai kalimantan bisa kita lihat dari bagian punggung leher dan pada bagian kepala. Burung murai kalimantan ini cenderung mempunyai warna hitam pekat serta sedikit cerah yang bisanya ini menggambarkan warna ciri khas terhadap murai kalimantan.
  • Ciri ketiga murai kalimantan adalah bisa kita lihat dari sisi bentuk ekornya, karena burung ini mempunyai ekor sepanjang sekitar 14 cm saja. Ini merupakan ekor yang cukup pendek, apabila kita bandingkan dengan murai batu asal daerah lain bisa mencapai sekitar 30 sampai 35 cm, ini merupakan dorong ekor yang cukup panjang. Ekor murai kalimantan ini bentuknya lurus, jika kita perhatikan semakin ke ujung akan semakin melebar. Inilah ciri khas pada bagian ekor murai kalimantan.
  • Ciri keempat murai kaliamantan adalah bisa kita lihat dari sisi suara kicau, yang sedang di setel oleh orang lain. Murai kalimantan ini mempunyai nada yang cukup rendah dari intonasi suara yang sedang dikeluarkan, dan murai kalimantan ini tidak banyak memiliki variasi kicauan tersendiri.
Baca Juga  Pengalaman Masa Kecil yang Tak Terlupakan

Mengapa murai kalimantan ini tidak banyak di minat oleh orang lain, bahkan orang yang sudah hobi terhadap murai batu juga males untuk memelihara murai batu asal kalimantan, karena suara kicau nya kalah merdu dengan saudaranya yang berasal dari sumatra.

Kelebihan Dari Murai Kalimantan

Kelebihan Murai Kalimantan
youtube.com

Kelebihan yang sangat nampak terhadap murai kalimantan adalah kita lihat dari sisi stamina dan tenaga, ketika murai kalimantan mengikuti kontes apa yang suara yang dikeluarkan sangat lebih stabil dan normal, ini merupakan bertahan yang cukup lama, intinya burung murai kalimantan tidak mudah lemas.

Banyak juga orang yang mengatakan, apabila variasi suara kicau murai kalimantan ini cenderung lebih sedikit dia akan mengulang terhadap gaya kicau nya saja. Memang sudah jarang murai kalimantan memiliki variasi, jika kita tidak dilatih dengan semaksimal mungkin.

Anda juga bisa melatih murai kalimantan ini dengan melakukan pemasteran agar mempunyai variasi tersendiri saat berkicau. Agar bisa bersaing dengan murai batu asal daerah lainnya.

Cara Menjinakan Burung Murai Kalimantan

Menjinakan Murai Kalimantan
omkicau.com

Terkadang banyak para pecinta burung murai kalimantan ingin untuk mengetahui tentang cara menjinakkan. Maka dari komunitas kicau mania sudah banyak yang mengetahuinya tentang cara menjinakkan burung ini, jangan sampai Anda salah dalam melakukan dengan hal ini, seakan-akan burung tersebut akan stress hanya untuk mencoba cara menjinakkan murai kalimantan.

Murai batu merupakan jenis burung yang sangat langka dan harga lumayan cukup mahal, ini merupakan sangat sulit untuk didapatkan di kalangan masyarakat. Berikut ini cara menjinakkan murai kalimantan.

1. Pemberian Voer Untuk Murai Kalimantan

Pakan Murai Kalimantan
tokopedia.com

Pada pemberian voer yang pertama Anda lakukan adalah untuk mempercepat dalam cara menjinakkan murai kalimantan, di alam bebas. Ini merupakan salah satu rantai makanan murai batu biasanya hanya menggunakan makanan serangga seperti kroto, jangkrik dan jenis lainnya.

Oleh karena itu bagaimana cara memelihara murai batu agar mau memakan voer, Anda bisa mencampurkan terlebih dahulu seperti serangga atau kroto dalam satu wadah, dan disarankan untuk tidak mencampurkan terlebih dahulu. Kalau bisa Anda mencampurkan setelah satu minggu berjalan, Anda lakukan sampai murai batu mengenal voer dan memakannya.

2. Permandian Secara Rutin Untuk Murai Kalimantan

Kandang Murai Batu
jawara.blogspot.com

Untuk memandikan murai kalimantan ini harus dilakukan secara rutin pagi maupun pada sore hari. Akan tetapi Anda harus melihat keadaan terlebih dahulu sebelum melakukan dengan hal ini. Anda harus bisa mencarikan waktu terhadap murai batu dalam keadaan tenang.

Anda juga harus melakukan ini, dengan cara pelan pelan, jangan sampai kamu langsung menyemprot ke arah burung sampai basah. Kamu bisa masukkan terlebih dahulu untuk wadah mandi burung seperti keramba.

Lalu lakukan saja dengan semprotan dengan perlahan terhadap burung. Anda hanya cukup untuk menyemprot pada bagian luarnya saja. Biarkan saja burung tersebut akan mandi dengan sendirian di dalam keramba yang sudah disiapkan.

3. Ekstra Food

Ekstra food merupakan salah satu makanan tambahan ketika murai batu masih dalam keadaan di sekitar alam liar. Untuk agar jinak, lakukan saja dengan perlahan menggunakan tangan misalkan masih liar bisa Anda gunakan memakai lidi.

4. Kenalkan Murai Batu Terhadap Keramaian

Ketika murai batu sudah terbiasa dengan lokasi yang baru, Anda bisa menaruk dengan tempat yang ramai, hal termasuk murai batu akan terbiasa di tempat keramaian untuk  batu akan membuat lebih berani dengan burung lainnya.

5. Murai Batu Ngeriwik

Murai Kalimantan
jualo.com

Ketika murai batu sudah merasa baik dan tenang, kalau bisa Anda harus bisa merayu murai batu dengan suara kicau yang lebih bervariasi, meskipun ini tidak bisa dilakukan dengan secara cepat setidaknya burung murai batu ini akan terbiasa untuk melatih suara kicau yang dia memilikinya.

Anda juga harus menyediakan makanan atau minuman agar murai batu semakin tenang, ini merupakan dari asupan makanan tersebut.

Ya, ini saja yang bisa saya sampaikan mengenai ciri ciri dan cara menjinakan murai batu kalimantan, dan di dalam artikel ini juga membahas tentang murai borneo gacor, foto murai batu, murai kalimantan ekor panjang, murai batu muda hutan, ciri ekor murai borneo, pola ekor murai borneo. Mudah-mudahan bisa bermanfaat untuk kita semuanya.

                                                                           Murai Batu Kalimantan

Tinggalkan komentar