Cara Membuat Sangkar

Cara Membuat Sangkar Jebakan Kandang Burung Terbaik untuk Pemula

Cara Membuat Sangkar Jebakan – Selamat datang teman-teman para kicau mania dan para pecinta burung mania yang saya cintai, kali ini saya akan membahas mengenai cara kerja membuat sangkar jebakan atau kandang jebakan burung sederhana, jebakan pleci, kacer, prenjak, menangkap cucak ijo, jebakan sangkar ciblek beserta gambar jebakan.

Nah mungkin teman-teman ini yang sudah berpengalaman bisa saling sering mengenai cara membuat sangkar jebakan. Biasanya di sekitar rumah saudara saya, banyak yang tinggal disekitar sawah, karena di permukaan sawah banyak burung yang sedang berkeliaran saat pagi siang dan sore, bahkan itu burung yang bertembangan sampai berbagai macam burung yang lain.

Tentu burung yang sedang bertebangan biasanya memiliki ciri khas kicau atau suara yang dia miliki mulai dari burung cucak ijo, kacer, prenjak, pleci, murai, cedet, murai batu dan burung sejuta masyarakat yaitu burung dara. Berikut ini saya akan membahas mengenai cara membuat sangkar jebakan sederhana.

Cara Membuat Kandang Jebakan Murai Batu, Kenari, Ciblek

Cara Membuat Sangkar Pikat Jebakan Sederhana

Cara Membuat Sangkar
tamabambunusantara.blogspot.com

Nah teman sebelum membuat sangkar jebakan burung Anda harus persiapkan terlebih dahulu dan apa saja harus kita butuhkan untuk membutnya. Pertama Anda harus persiapkan alat untuk membuatnya seperti, gergaji, palu atau paku, kawat anyman, dan yang terakhir tang.  Nah kali ini saya akan sebutkan bahan apa saja yang harus Anda siapkan.

Baca Juga  Cara Ternak Kambing Modern, jawa, Etawa, Gibas Terlengkap Untuk Pemula
Bahan Yang Dibutuhkan
  • Meja kayu bisa juga Anda memakai tripleks atau plywood, dengan ukuran yang sesuai Anda butuhkan sendiri.
  • Setelah itu persiapkan kawat atau tali biasanya ini digunakan sebagai kawat jemuran.
  • Siapkan jaringan atau net.
  • Lempengan atau seng yang alumunium.
  • Paku dan peralatan tukang yang lainnya.
Cara Membuat Perangkap jebakan Sederhana
Jebakan Burung
media.com
  • Siapkan meja atau kayu bisa juga dengan tripleks atau plyword, di bagian tengah untuk di pasang pin yang terbuat dari kawat yang sudah dipotong kecil-kecil, nanti jangan lupa untuk dibengkokan menjadi bentuk kurva.
  • Setelah itu Anda siapkan kawat dibagian ujungnya lalu di masukan melalui lubang-lubang pin yang baru Anda pasang. Lakukan hal yang sama pada ujung kawat, sehingga nanti dengan diameter tidak lebih lebar dari papan tersebut.
  • Buatlah bengkokan pada salah satu bagian ujung kawat agar menjadi pegas, lakukan hal ini dibagian ujung yang satunya.
  • Sekarang Anda coba, apakah kawat tersebut akan kembali pada posisinya ketika mau diangkat. Jika bisa, selanjutnya memasang pin yang berfungsi menahan jeratan ketika akan digunakan.
  • Bikin pemicu atau pelatuk yang terbuat dari seng atau alimnium.
  • Lakukan pin berbentuk kotak yang sudah dipasang disebelah jeratan dan selipat flat seng.
  • Lalu potong kawatnya, lalu masukan pada pin di sebelah belakang yang digunakan menahan jeratan atau jaring. Dan ujung lainnya agar diselipkan ke lubang yang terdapat pada flat alumunium.
  • Setelah itu siapkan jaringan, dengan memasang kawat yang berbentuk lingkaran atau kawat yang berfungsi sebagai penjerat dan harus mengikat dengan cawat atau kabel.
  • Tahap yang terakhir adalah pasang dua paku yang berfungsi sebagai pengunci ketika jaring tersebut jatuh atau menutup.
  • Kini penjerat sudah siap dilakukan
Baca Juga  Cara Mudah Membedakan Murai Batu Betina dan Jantan

Cara Membuat Kandang Jebakan Sederhana

Cara Membuat Sangkar Jebakan
youtube.com

Membuat kandang jebakan ini menurut para komunitas burung kicau sangat mudah untuk dibuatnya. Sedangkan kalau kita lihat ya, disekitar pasar sudah banyak atau sudah tersedia jualan kandang-kandang burung tersebut. Dan ini bisa kita manfaatkan untuk cara membuat kandang jebakan sederhana,

bahkan harga kandang burung di pasar cuma hanya 40 sampai 50 ribu saja, tergantung dari pintu jebakannya. Di sekitar indonesia khusunya di pulau jawa ini kebanyakan anak kecil, remaja, anak SMP atau SMA dan lain sebagainya, banyak menggunakan kandang jebakan untuk menjebak burung di sekitar permukaan sawah.

Padahal hanya menggunakan kandang jebakan yang modelnya seperti pintu kecil yang sistem dengan menggeser kearah atas atau kebawah. Biasanya kandang memiliki dua pintu yaitu pintu yang di bawah untuk menempatkan jontrot atau burng pengikat dan pintu bagian atas kandang digunakan untuk menjeak burung.

Biasanya untuk jontrotnya sebaiknya untuk menggunakan burung betina atau bisa juga dengan burung yang rajin berkicau, dengan tujuan untuk memancing burung lainnya menghampiri ke arah kandang.

Dan di dalam ruangan jebakan kandang yang di atas agar di letakkan pada ulat hongkong yang disimpan dalam sebuah tempat yang kecil. Tujuannya agar burung yang terpancing dengan burng yang terikat atau burung yang menghampiri ke arah kandang jebakan kita, begitu lihat ulat akan langsung masuk secara otomatis dan pintu jebakan akan menutup.

Sangkar Jebakan Pleci

Burung Pleci
youtube.com

Sangkar Jebakan pleci ini merupakan salah satu burung koloni yang suka hidup bersosialisasi dengan burung sejenis yang lain, terkadang burung pleci ini berkumpul sekitar 2-8 burung pleci di setiap koloni. Biasanya burung kecil ini semakin hari akan bertambah peminatnya, mungkin ini pesona burung kecil yang munggil dan memiliki kicauan yang sangat merdu dan keras.

Cara untuk memikat burung pleci ini sangat mudah, Anda bisa lakukan dengan dua cara yaitu menggunakan lem dan sangkar jebakan, bisanya orang lain menggunakan lem tikus, terkadang ini beli hanya di toko bangunan, kemungkinan harga sekitar 15 ribu – 40 ribu. Berikut cara jebak burung pleci.

1. Menggunakan Lem Tikus

Cara sangat mudah, Anda bisa ambil ranting di sekitar pohon yang lumayan tinggi, kemungkinan itu di atas banyak rantingnya, lalu basahkan ranting tersebut dengan memakai air, dan jangan lupa basahi kedua tangan. Tujuannya untuk apa? Agar nanti lem tidak menempel pada tangan Anda, karena nanti akan sulit untuk membersihkan.

Lalu lilit lem tikus di sekitar ranting ranting pohon dengan keseluruhan, dan jangan lupa taruh di sekitar pohon yang memiliki ranting yang banyak. Setelah itu gunakan suara mp3 dengan suara burung pleci yang sudah gacor, bisa juga Anda menggunakan burung pleci secara langsung, kemudian Anda menunggu sampai koloni burung pleci terpancing dengan suara tersebut.

2. Sangkar Jebakan Prenjak Putih
sangkar jebakan sederhana
cahayasangkarklaten.blogspot.com

Kalau misalkan Anda menggunakan kandang sangkar jebakan prenjak sawah ini, tidak perlu untuk susah payah lagi, cukup dengan sangkar jebakan yang memilki sistem tuas perangkap di bagian atasnya.

  • Pada ruang yang paling bawah, bisa Anda masukan burung pleci yang dipakai sebagai pemikat burung pleci lainnya, dan lebih baiknya yang sudah gacor.
  • Lalu disebelah atasnya, taruh buah-buahan untuk dijadikan sebagai umpan burung pleci semakin cepat untuk masuk kedalam perangkap.
  • Setelah itu pasang tuas pintu dibagian atas, jika nanti burung menginjak tuas itu nanti pintunya akan tertutup dan burung akan masuk kedalam perangkap.

Sangkar Burung Kacer

Cara Membuat Sangkar Jebakan
jualo.com

Burung kacer merupakan salah satu burung yang sangat jantan, jadi pastikan Anda semua tau mengenai kacer yang berkelamin jantan. Biasanya burung ini pembrian pakannya memakai bervariatif dengan tujuan untuk kebutuhan kacer karborhidrat, mineral, dan protein.

Untuk kebersihan kandang pada burung sangkar kacer gacor ini yang berkualitas, diperlukan untuk di lihat kebersihan disetiap kandang burung apapun. Bukan hanya kacer saja, akan tetapi semua jenis burung lainnya. Dan kandang burung tersebut bisa Anda gunakan untuk cara kerja sangkar jebakan burung lainnya, bisa juga dengan burung kacer.

Ya saya rasa cukup mengenai cara membuat sangkar jebakan dari berbagai jenis burung mulai dari prenjak, pleci, cucak ijo, ciblek, dan kacer, mudah-mudahan bisa bermanfaat untuk kita semua dan juga para pecinta kicau mania sekian terima kasih.

                                                       Cara Membuat Sangkar Jebakan

Satu pemikiran pada “Cara Membuat Sangkar Jebakan Kandang Burung Terbaik untuk Pemula

Tinggalkan komentar