Banyak Cara Membuat Magnet Buatan Dengan Mudah

Cara Membuat Magnet Buatan – Magnet buatan benda yang sangat unik, karena pembuatan magnet tersebut mempunyai kemampuan daya tarik benda yang terbuat dari logam. Benda terdapat di tarik ini oleh magnet disebut dengan feromagnetik.

Sebenarnya kalau Anda ingin mengetahui magnet yang terbuat dari alam sehingga disebut juga dengan magnet alam. Di suatu tempat mungkin bisa Anda ketahui tentang magnet alam. Karena magnet alam sudah diketahui sejak zaman yunani kuno.

Pada waktu itu bahan cara membuat magnet buatan banyak yang menemukan di daerah magnesia (Gunung Ida). Magnet di gunung ida memang banyak ditemukan oleh seorang penggembala yang sangat kagum terhadap tongkat besi yang di bawahnya.

Setelah itu tongkat tersebut ke tarik oleh tanahnya dan sangat sulit untuk diambilnya. Waktu itu semenjak ada terjadinya tersebut seorang penggembala ini menjadi sangat penasaran, kemudian dia menggali tanah yang menyebabkan tongkattertarik ke arah tanah.

Cara Membuat Magnet Buatan

Cara Membuat Magnet Buatan
areware.com

Ada beberapa cara membuat magnet buatan dan sederhana yang semua orang bisa melakukan untuk membuat magnet buatan yang berdasarkan sifat magnet itu sendiri. Dan ada suatu benda yang terbuat dari bahan jenis besi atau baja, karena memiliki sifat magnet yang ditimbulkan dari magnet kecil yang terdapat dalam benda biasanya disebut dengan magnet elementer.

Cara praktik tentang magnet yang menyebutkan bahwa, ada suatu benda yang dikatakan mempunyai sifat alami jika mempunyai arah yang cenderung sama di setiap magnet elementer nya.

Baca Juga  Berlibur Ketika di Pesantren.

Sedangkan sebaliknya, benda yang tidak mempunyai sifat magnet atau mempunyai arah magnet elementer yang tidak beraturan (acak). Pada benda-benda sifat magnet sangat mudah diatur, dapat dibuat menjadi benda yang berdaya dengan magnet.

Cara Membuat Magnet

Cara Membuat Magnet Buatan
aliexpress.com

Selain pembuatan magnet alam yang ditemukannya, ada pula jenis magnet yang dibuat manusia disebut dengan magnet buatan. Bahkan magnet yang banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari, merupakan jenis magnet buatan.

Benda yang dapat dibuat menjadi Pembuatan magnet buatan, adalah benda-benda yang tergolong ke dalam magnetik terutama feromagnetik, contohnya besi atau baja.

Cara Membuat Magnet Dengan Digosok

Cara Membuat Magnet Buatan
reference.com
  • Siapkan potongan besi bisa juga dengan baja yang akan dijadikan dengan magnet.
  • Besi magnet asli, kalau bisa harus digosongkan terlebih dahulu secara teratur pada besi yang akan dijadikan magnet secara satu arah. Misalkan searah dengan gerakan jarum jam.
  • Kalau sudah menjadi magnet pada baja, akan terjadi pada bentuk kutub-kutub magnet yang berlawanan dengan kutub magnet yang digosongkan.
  • Di sebelah ujung yang terakhir pada bagian magnet yang digosongkan, akan menjadi kutub magnet yang secara berlawanan dengan kutub magnet yang sedang digosongkan.

Cara Membuat Magnet Dengan Arus Listrik

Cara Membuat Magnet Buatan
youtube.com
  • Cara membuat magnet tersebut, akan banyak manfaatnya yang harus kita perlukan sumber tegangan pada arus listrik dengan memakai batrei bisa juga dengan memakai aki. Kabel dan besi atau baja.
  • Hanya ada sebatang baja atau besi dengan memakai lilit atau kawat yang dialiri arus listrik dengan searah. Maka baja atau besi tersebut pasti akan menjadi magnet.
  • Cara magnet yang dibuat dengan cara dialiri dengan arus listrik, bahwa disebut dengan elektromagnet atau magnet listrik.

Cara Mebuat Magnet Induksi

Cara Membuat Magnet Buatan
youtube.com
  • Besi dan baja bisa juga diletakkan yang terdekat pada magnet tetap.
  • Setelah itu daya magnet elementer yang terdapat pada besi dan baja akan memengaruhi dan bisa juga terinduksi dengan magnet tetap dan mengarah ke satu arah.
  • Ujung besi yang berdekatan dengan kutub magnet batang, akan menjadi kutub pasti yang arah berlawanan dengan kutub magnet penginduksi.

Cara Membuat Magnet Permanen

Cara Membuat Magnet Buatan
philippi.com

Bahan untuk membuat magnet permanen merupakan memakai pasir, besi, dan tanah jarang. Pasir besi banyak ditemukan di sekitar pantai dan sungai di daerah provinsi Nanggore Aceh Darussalam, sedangkan kalau tanah jarang ditemukan di daerah pulau jawa di bagian selatan.

Banyak juga yang mendapatkan di tempat lain, biasanya bisa mendapatkan pasir besi pada limbah industri baja dan untuk mendapatkan tanah jarang yang kita peroleh dari limbah-limbah industri yang sudah baik ekstra.

Untuk membuat magnet permanen dengan memakai pasir besi dapat dilakukan dengan mencampurnya dengan barium setelah itu dibakar dalam tempat yang khusus bisa juga dengan memakai tengku, dan normal suhunya sekitar 1.050° C.

Setelah itu campuran material dicetak menggunakan mesin hidraulik press dengan tekanan 9 ton. Kemudian cetakan material dibakar lagi pada tempat aturan 1.050° C. dengan tujuan memanfaatkan ruang-ruang kosong bisa juga dengan rongga material.

Hal itu dimagnetisasi menggunakan elektromagnet dengan arus tertentu untuk mengisi material dengan medan magnet.

Cara Menentukan Kutub Magnet

Cara Membuat Magnet Buatan
wikimedia.org

Bagaimana cara menentukan kutub magnet putaran atau selatan dari cara membuat magnet buatan, kita bisa melakukan dengan cara lain, misalkan seperti ini.

Ada sebatang besi atau baja yang telah dililiti dengan kawat berisolasi atau kumparan kawat transformator dan dihubungkan dengan memakai batrei akan telah menjadi magnet. Untuk menentukan arah kutub, magnet yang digunakan dengan aturan tangan kanan menggenggam.

Dan jari-jari yang menggenggam akan menunjukkan arah arus listrik. Sedangkan dengan ibu jari menunjukkan arah arus listrik dengan dibalik, maka arah kutub bisa juga dengan sebaliknya.

Cara Membuat Magnet Neodymium

Cara Membuat Magnet Buatan
tindie.com

Ternyata kalau perlu kita ketahui, magnet permanen tidak sama dengan magnet neodymium, magnet permanen adalah logam yang memiliki sifat kemagnetan, sedangkan magnet neodyimum merupakan unsur kimia logam transisi dalam, yang memiliki sifat mudah sekali teroksidasi dengan udara.

Neodymium didapatkan dalam batuan mineral monazite dan bastnazite. magnet neodymium tidak terbuat dari apapun, neodymium diekstrak dari mineral yang mengandung neodymium. Magnet permanen bisa dibuat dari logam apapun yang memiliki sifat ferromagnetik.

Neodymium Biasanya akan menempel dengan magnet permanen jika berdekatan, hal yang sama akan terjadi pada magnet neodymium didekat dengan magnet permanen, jika kedua magnet digunakan bersama-sama, maka fluks magnet akan rendah jika dibandingkan sama magnet neodymium saja yang bekerja.

Namun jika dibandingkan sama magnet permanen biasanya fluks magnet neodymium  kombinasi keduanya akan sangat tinggi.

Cara Menghilangkan Magnet

Cara Membuat Magnet Buatan
tenordad.com

Anda semua pasti tahu cara menghilangkan magnet buatan bahwa sifat magnet dapat dibuat dengan membuat sifat kemagnetan dari benda nonmagnetik, begitu juga dengan sifat magnet dapat dihilangkan.

Kamu harus dengan hati dalam menggunakan magnet permanen, kalau kamu perlu  kita ketuhi sifat magnet permanen sifat yang yang dapat kemagnetanya akan hilang. Sifat magnet suatu benda yang dapat hilang karena hal-hal berikut ini.

Magnet dipanaskan, dipukul-pukul, bisa juga dengan menjatuhkan dari ketinggian tertentu pada benda yang keras, misalkan lantai. Untuk lebih jelasnya perhatikan berikut ini.

1. Dipukul atau dijatuhkan dari ketinggian

sebuah magnet dapat kehilangan sifat kemagnetan apabila dibenturkan dengan memakai benda-benda keras, dipukul-pukul dengan dengan benda keras dan dijatuhkan dari ketinggian dan harus mengenai benda keras.

2. Dipanaskan

Dipanaskan bisa juga didapatkan menghilangkan sifat kemagnetan. Apabila dengan menggunakan sifat magnetik terkena panas, baik panas yang berasal dari pembakaran, bisa juga dengan direbus, atau panas mesin dan lain sebagainya.

3. Dialiri arus bolak balik

Perubahan arus listrik memengaruhi letak dan arah magnet elementer berubah, sifat kemagnetannya pasti akan hilang.

4. Demagnetisasi

Selain itu sifat magnet bisa juga dapat dihilangkan melalui proses demagnetisasi, yaitu memberikan medan magnet yang berlawanan arah dengan kutub magnet.

Demikian dengan pembahasan ini tentang cara membuat magnet buatan, mungkin ini saya cukupkan mudah-mudahan yang saya jelaskan mengenai magnet ini bisa bermanfaat buat kita dan saudara kita.

Tinggalkan komentar