Ciri-Ciri Pengertian Kalimat Utama dan Penjelas Serta Contohnya

Kalimat Utama Adalah Selamat datang teman teman yang saya senangi hari ini saya akan membahas mengenai tentang  letak kalimat utama, contoh kalimat utama, paragraf induktif, paragraf deduktif, paragraf campuran letak kalimat utama, kalimat penjelas, ciri kalimat penjelas, contoh kalimat utama, dan pengertian kalimat utama.

Kalimat merupakan salah satu yang terpenting dalam sebuah paragraf, untuk suatu paragraf yang baik pasti ada berisi dua jenis kalimat yang merupakan salah satu informan dari maksud yang dibuat. Yang terdapat kedua jenis tersebut, ini merupakan yang wajib ada dan harus diikuti pada kalimat yang lain.

Untuk bisa membedakan kalimat utama dalam sebuah paragraf hanya terdapat pada satu kalimat saja. Sedangkan pada kalimat lainnya merupakan salah satu pendukung kalimat utama yang biasanya disebut sebagai kalimat penjelas. Jika untuk lebih jelasnya yang terkait mula dari ciri kalimat utama atau kalimat penjelas serta contohnya.

Pengertian Kalimat Utama Adalah

paragraf deduktif
bahsaindonesia.blogspot.co.id

Kalimat utama adalah salah satu yang berisi dalam pokok utama atau bisa juga ide pokok utama ini bisa menjadi dasar untuk mengembangkan pada paragraf tersebut. Terkadang pada kalimat utama ini bersifat umum atau memuat dalam keseluruhan isi di dalam suatu paragraf.

Pada kalimat ini tidak akan selalu pada awal paragraf karena gagasan utama bisa jadi pada akhir atau ditengah, biasanya akan muncul untuk bersamaan di awal atau di akhir paragraf. Pada kalimat ini bisa disebut juga kalimat topik, hal ini yang bisa menyebabkan pada kalimat utama akan menjadi acuan pengembangan pada paragraf.

Berikut ini ada beberapa ciri-ciri kalimat utama yaitu:

  • Kalimat utama terdapat untuk berdiri sendiri dan mempunyai arti yang sangat jelas, sehingga tidak akan membutuhkan dengan konjungsi, baik itu antar kalimat maupun intra kalimat.
  •  Kalimat utama terkadang terdapat pada awal paragraf (deduktif). Akan tetapi pada akhir paragraf bisa menjadi (induktif). Untuk kalimat utama yang berada di pada akhir paragraf biasanya untuk mendahuli dengan kata jadi atau dengan demmikian.
  • Pada kalimat utama yang berisi suatu permasalahan untuk dapat dikembangkan dengan rinci.
  • Pada kalimat utama merupakan salah satu yang berisi sangat umum, dan bisa untuk dikembangkan.

Contoh Kalimat Utama 

kalimat utama
janganpernahselingku.blogspot.com
  • Contoah pertama adalah: “Rama Rajin”
  • Untuk kalimat utamanya: Rama adalah anak yang rajin
  • Untuk kalimat penjelasan: Dia selalu bangun pagi setiap harinya, biasanya dia sering membantu ibunya memasak sebelum berangkat ke kampus, terkadang dia ikut berjualan di toko ibunya ketika ada jam kosong di sekolahnya.

Untuk paragraf yang terakhir:

Rama adalah anak yang rajin. Dia selalu bangun pagi pada setiap harinya. Biasanya dia sering membantu ibunya memasak nasi sebelum berangkat sekolah. Biasanya dia ikut berjualan di warung ibunya ketika jam kosong di sekolahnya.

Kalimat Penjelas

Kalimat penjelas adalah salah satu uraian mengenai pada kalimat yang berisi penjelasan dan rincian pada kalimat utama dalam suatu paragraf. Untuk kalimat penjelas biasanya pada kalimat khusus, sehingga kalimat tersebut harus jelas secara detail terhadap apa yang sedang menjadi topik.

Ciri Kalimat Penjelas

  • Salah satu pendukung gagasan pokok atau kalimat utama.
  • Terdapat kalimat otonom.
  • Mendeskripsikan dengan penjelasan topik.
  • Sangat memerlukan penghubung bahkan. misalnya, contohnya. Untuk tercapainya terhadap koherensi terkait antara kalimat.

Letak Kalimat Utama

Ciri Kalimat Penjelas
slideplayer.info

Penjelasan mengenai letak kalimat utama pada suatu paragraf di dalamnya, akan menjadi acuan untuk menentukan jenis paragraf tersebut. Berikut ini ada tiga macam untuk penempatan y=terhadap pada kalimat utama dalam paragraf seperti.

1. Kalimat Utama di Awal Paragraf (Deduktif)

Contoh

Keterangan kalimat utama paragraf yang diatas terdapat pada nomor (1),  pada kalimat selanjutnya.

2. Kalimat Utama di Akhir Paragraf (Induktif)

Contoh

Keterangan: Kalimat utama yang terdapat pada paragraf di atas urutan nomor lima, untuk kalimat lainnya ada urutan satu, dua, tiga, empat adalah salah satu kalimat penjelas.

3. Kalimat Utama yang Terletak di Awal dan Akhir Paragraf (Campuran)

Contoh

Demikian apa yang bisa saya sampaikan mengenai tentang kalimat utama adalah, dan pada artikel ini juga membahas mengenai tentang letak kalimat utama, contoh kalimat utama, kalimat penjelas, ciri kalimat penjelas, dan pengertian kalimat utama. Mudah-mudahan apa yang bisa saya sampaikan bisa bermanfaat untuk kita semua.

Baca Juga  Jangan Dikerjakan Hal Ini Agar Rahim Tidak Rusak

Tinggalkan komentar