jenis jenis sapi

11+ Macam Jenis Sapi Terlengkap di Indonesia 2017

Jenis Sapi – Selamat datang teman teman yang saya senangi dan saya banggakan, hari ini saya akan membahas mengenai tentang sapi limousin, sapi simental, Sapi brahma, sapi ongole, Sapi madura, sapi bali, sapi PO (peranakan Ongole) sapi aceh, sapi hereford, sapi brangus, sapi aberdeen angus.

Anda tahu untuk lebih banyak tentang sapi, sapi adalah hewan yang masih termasuk dalam kategori ras sapi, atau biasa disebut lembu. Di Indonesia, ada banyak gambar sapi potong yang sangat baik yaitu sapi potong atau sapi dan sapi perah atau sapi asli indonesia penghasil susu. Selain daging dan susu yang diambil, sapi unggulan juga digunakan untuk transportasi sekaligus pembajak di sawah

Ada beberapa suku di Indonesia yang berpikir bahwa gambar sapi merupakan salah satu hewan suci dan sakral, mereka untuk digunakan sapi indonesia dalam beberapa peristiwa penting atau perayaan. Untuk informasi berikut di bawah ini tentang beberapa macam foto sapi.

1. Jenis Sapi limousin

Sapi limousin
peternakansapipotong.wordpress.com

Sapi limousin adalah salah satu sapi import yang sangat banyak dicari di indonesia, karena sapi ini sangat sering untuk dijadikan ukuran yang begitu baik terdapat pada event tertentu saja. Biasanya sapi ini bisa dikenal sebagai sapi diamond limousine yang merupakan jenis yang sangat unggul dalam kategori sapi pedaging.

Karena gambar sapi jantan ini sangat diunggulkan bagi masyarakat di indonesia, waktu itu sapi ini pertama kali dikembangbiakkan di negara prancis. Akan tetapi sapi tersebut sudah tersebar di sekitar dunia. Untuk cari gambar sapi limousin super adalah yang mempunyai tanduk kecil, dan memiliki tubuh yang begitu sangat besar atau memiliki kekuatan yang sangat bagus dan juga, terdapat kulit yang begitu tebal.

Untuk keunggulan sapi limosin terbesar di indonesia dia memiliki tingkat yang pertumbuhannya begitu secara cepat, terkadang pada satu hari saja bisa mencapai 1,1 kg. Untuk berat sapi limousin jantan dewasa sekitar mencapai 1,2 ton per ekor saja.

2. Sapi Simental

sapi potong
yuari.wordpress.com

Sapi simental adalah salah satu yang muncul pada abad pertengahan di sekitar eropa yang terkhusus di sekitar negara swiss, waktu itu sapi ini yang pertama kali muncul pada persilangan dengan sapi jerman yang cirinya berawakan yang begitu besar, dan pada sapi swiss ini mempunyai bobot yang begitu kecil.

Baca Juga  Masakan dan Makanan Enak, Lezat, Sedap di Indonesia

Sapi simental ini dia memiliki tinggi sekitar mencapai 135 cm sampai 150cm dan begitu juga dengan berat badan sekitar 900kg dan untuk rata rata tinggi sapi jantan mencapai sekitar 150 sampai 160cm, dengan memiliki berat badan yang jantan atau dewasa sekitar 1300kg.

3. Sapi Brahman

foto sapi
wikipedia.org

Sapi Brahma adalah salah satu yang sangat banyak atau dikenal dengan nama brahma, sapi ini yang berasal dari sekitar india pada awalnya sapi brahma merupakan salah satu sapi yang disucikan oleh masyarakat sekitar negara india saja. Setelah itu sapi ini juga dikembangbiakkan dengan pesat di sekitar negara amerika serikat.

Setelah itu ketika berhasil di amerika serikat, lalu sapi tersebut di export di luar negeri dan salah satunya pada negara indonesia, sam juga dengan sapi limousin ini merupakan sapi yang digemari oleh masyarakat indonesia khususnya para peternak sapi pedaging.

Sapi brahman terbesar ini biasanya disebut dengan foto sapi brahman yang begitu super, bahkan kalau perlu kita ketahui dari segi berat badan mencapai 1 ton lebih, bahkan dari segi harga pun lebih mahal kalau kita bandingkan dengan sapi lokal. Sapi ini merupakan sangat cocok untuk diternakkan di negara indonesia. Dari ciri sapi Brahma mempunyai punuk besar atau perut yang lebar, dan dengan warna kulitnya sekitar coklat, putih, dan hitam.

4. Sapi ongole

beternak sapi
sapiqurban.info

Sapi ongole adalah salah satu yang dikembangkan atau diternakan di sekitar pulau sumbawa nanti akan sering dibilang dengan sapi SO atau sumbawa ongole. Sapi ini merupakan jenis tahap yang begitu lapar atau minum. Dan mempunyai toleransi terhadap makanan dan bisa memberikan makanan yang begitu sederhana, ini merupakan sapi yang mudah untuk dipelihara.

Untuk ciri sapi ongole mempunyai punuk yang begitu besar dan gelambir besar dari leher sampai perut yang begitu lebar. Yang terdapat pada telingga sapi ongole begitu sangat panjang dan menggantung, dan bertanduk kecil, dengan memiliki mata yang begitu besar. Untuk warna yang putih kelabu biasanya mempunyai campuran warna kuning orange, biasanya berat berat sapi ongole sekitar 600kg per ekor.

5. Sapi Madura

cara ternak sapi
sapi.co.id

Sapi madura adalah salah satu pada persilangan di antara sapi bali dengan sapi zebu yang mempunyai punuk tersendiri, jadi untuk sapi madura salah satu varietas sapi asli. Karena sapi madura sudah terkenal dengan sapi yang begitu kuat pada cuaca tropis, bahkan ia sangat tahan terhadap pada penyakit dan mempunyai daya tahan ceplak atau kutu.

Sapi madura merupakan salah satu sapi potong, akan tetapi banyak di masyarakat madura untuk menjaga mereka sebagai sapi pacuan atau lomba. Ternyata kalau perlu kita ketahui berat pada badan sapi untuk idealnya sekitar 500kg.

Baca Juga  Resep Umpan Mancing Ikan Mas dan Jenis Ikan Mas

6. Sapi Bali

ternak sapi
balivetman.wordperss.com

Sapi bali adalah salah satu yang mempunyai warna ciri khas  dan untuk sapi lain tidak memiliki warna putih para kedua kaki yang terdapat pada di belakangnya. Biasanya untuk anakan sapi mempunyai warna merah sawomatang dan ketika sudah dewasa nanti akan berubah menjadi hitam untuk sapi jantan, sedangkan untuk sapi betina warna tidak akan berubah.

Untuk sapi bali akan masuk dalam kategori sapi perkerja, oleh karena itu sapi merupakan salah satu keturunan dari sapi liar atau benteng, ini merupakan sapi yang mempunyai  tubuh kuat atau perototan yang cukup besar, dan untuk stamina tubuh merupakan sangat kuat.

7. Sapi PO Peranakan Ongole 

bisnis sapi
dinkeswannak.acehprov.go.id

Sapi PO adalah salah satu jenis lokal yang merupakan asli di indonesia atau biasanya bisa disebut dengan sapi jawa atau sapi putih. Untuk sapi PO hasil persilangan antara sapi ongole yang berasala dari india dengan sapi jawa. Sapi ini merupakan salah satu sapi pedaging biasanya untuk dijadikan sapi pekerja, hanya untuk dipakai ketika pergi ke sawah.

Untuk ciri khas sapi ini berpurk dan gelmabir besar menggantungkan, akan tetapi tidak besar seperti sapi ongle. Untuk blu sapi PO memiliki warna putih keabuan abuan. Jikal kalau perlu kita ketahui untuk berat badan sapi PO sekitar 200kg sampai 600kg hanya per ekor saja.

8. Sapi Aceh

harga sapi
wikipedia.org

Sapi Aceh adalah salah satu sapi khas hanya dari daerah aceh saja, akan tetapi sapi ini tidak varietas asli dari sapi lainnya,  karena sapi aceh untuk persilangan antara varietas bos sundaicus dengan varietas dengan sapi zebu yang merupakan ciri berpunuk dan bergelembir yang akan mau dibawa dengan orang india pada zaman dahulu.

Sapi Aceh merupakan sapi yang cukup terkenal dengan daya tubuh yang kuat ia memiliki, untuk adaptasi tropis sangat baik, akan tetapi bisa hidup terhadap pada pakan yang berkualitas jelek, maupun terkena serangan kutu dan parasit akan tetapi dia mempunyai produktivitas sangat baik untuk mudah di ternak.

9. Sapi Hereford

jenis jenis sapi
gambarsapi.blogspot.com

Sapi hereford adalah salah satu untuk dikembangkan biakan di sekitar herefordsire inggris ini merupakan sapi yang cukup besar, waktu itu untuk berata badan sapi ini lebih besar dari keturunan hereford yang sekarang. Ada seoarang peternak sapi dia mempunyai tulisan seperti ini.

Sapi ini merupakan peliharaan sapi hereford dengan memiliki berata badan sekitar 3.900 pound atau bisa dibilang sekitar 1,7 ton. Akan tetapi sapi ini masih memiliki berat yang cukup ideal walaupun tidak sebesar yang dulu. Untuk berat badan sapi ini untuk jantan bisa mencapai 1.800 pound dan untuk betina sekitar 1.200 pound.

10. Sapi Brangus

budidaya sapi
galihghung.blogspot.com

Sapi Brangus adalah salah satu yang berasal dari persilangan antara dua sapi yang mempunyai genetika yang merupakan sangat bagus, yaitu dengan sapi brahma dan sapi aberdeen angus. Seperti yang telah dibahas pada sebelumnya, sapi brahma mempunyai daya tahan tubuh yang cukup bagus sehingga dia tidak akan retan terhadap pada penyakit atau virusnya.

Baca Juga  Banyak Cara Merawat Burung Murai Batu Anakan Mabung Terlengkap

Sedangkan Untuk sapi Brangus adalah sapi yang cukup sudah terkenal dengan memiliki kualitas yang cukup bagus terhadap pada daging mentah, untuk sapi Brangus dia mempunyai berat badan mencapai 1.800 pound sampai 1,200 pound padahal ini dari kedua jenis jantan mapun betina. Ditribusi sapi ini merupakan paling banyak yang tersebar di sekitar amerika serikat, australia, argentina, mexico, ada beberapa bagian yang ada di afrika.

11. Sapi Aberdeen Angus

peternakan sapi potong
reddit.com

Sapi Aberdeen Angus adalah salah satu yang berasal dari skotladia yang berkembang  di beberapa negara seperti eropa dan mencakup inggris atau australia lalu untuk belakang ini sapi ini banyak yang di temukan di sekitar negara amerika serikat di gunakan mejadi sapi ternak yang tercatat ada sekitar 323.000 sapi.

Sapi Aberdeen Angus merupakan yang diternakan di sekitar amerika serikat, rata rata trah ini mempunyai warna hitam dengan berat badan yang cukup besar, selain itu memiliki kualitas yang cukup baik

Ya, ini saja yang bisa saya sampaikan mengenai tentang jenis sapi di indonesia, dan di dalam artikel ini sangat banyak mengenai tentang sapi limousin, sapi simental, Sapi brahma, sapi ongole, Sapi madura, sapi bali, sapi PO (peranakan Ongole) sapi aceh, sapi hereford, sapi brangus, sapi aberdeen angus. Mudah-mudahan apa yang bisa saya sampaikan bisa bermanfaat untuk kita semua.

Baca Juga Gambar Grafiti dan Doa Sholat Dhuha

                                                                                               Jenis Sapi 

Satu pemikiran pada “11+ Macam Jenis Sapi Terlengkap di Indonesia 2017

Tinggalkan komentar