8 Jenis-jenis Barang Tambang yang Ada di Indonesia

 

arifpanduwinata271087.blogspot.com

Apakah Anda tau? Barang tambang yang ada di indonesia.

Pengalaman yang saya  ternyata pemerintah indonesia ini sebenarnya sangat kaya pada sumber daya alam, terutama dari sumber peratmbangan  pada dasarnya usaha sumber ini merupakan barang yang terkandung di dalam permukaan bumi.

Dan banyak jenis-jenis barang yang bermanfaat terutama barang tambang. Dihasilkan dari tanah negara kita sendiri yaitu indonesia. ini yang saya tau tentang barang tambang antara lain yaitu.

1. Miyak Bumi

academy.blogspot.com

Pengertian miyak bumi kita dapatkan dengan cara mengebor permukaan bumi di barat atau di laut. Di kemudian dipompa setelah itu keluar dan di alirkan melalui pipa-pipa sangat panjang di sekeliling penyulingan.

Ini juga minyak mentah yang bentuknya kita lihat sudah tidak asing lagi seperti lumpuran air halus, disuling terlebih dahulu sebelum dapat di gunakan. Dan ini merupakan pengeboran miyak di laut di lakukan di daerah landasan benua da di sebut pengeboran lepaspantai.

Ini termasuk pengeboran harus di bangun di atas permukaan laut. Anjungan di atas ini di pompa oleh bekerja pagi siang dan malam. Karna miyak mentah ini di tampung di tengki terapung yang sangat besar. Lalu di kemudian hari di angkut dengan kapal-kapal tengki di sekeliling penyulingan.

Merupakan juga pengeboran miyak di laut lebih sukar dari pada di darat.Dan semua pekerjaan penyelam-penyelam yang ahli di perlukan untuk memasang pipa dan alat berat pada pengebora di dasar laut.

Baca Juga  18 Manfaat Omega 3 Salmon dan Manfaat Minyak Ikan Salmon Omega 3

2. Pengertian Tentang Gas Bumi

fahiradanfathan.blogspot.com

Gas bumi ini merupakan yang bekerjanya hampir setiap hari dala pengeboran miyak bumi yang menghasilkan miyak atau gas alam.

Tetapi sering kali di hasilkan sedikit dan tidak ekonomis, sehingga gas ini di buang saja, yaitu dengan cara membakarnya. Ini pula pada saat tahun 1971 di ladang arun aceh di temukan cadangan gas bumi dalam jumlah yang sangat besar, penemuaan ini segera di ikuti para ahli dengan pernemuan lainnya di ladang badak kalimantan timur.

Ini juga merupakan hasil pengeboran gas bumi di tampung lalu di carikan.

3.  Pengertian Batu Bara

kidnesia.grid.id

Mau tau apa tidak,? yang sebanarnya negara yang paling kaya adalah negara kita yaitu ada di indoneisa yang semua dengan di lengkapi denganpersedia batu bara di perkirakan mencapai lebih dari 5 miltaran ton,tetapi kenapa indoneisa cara mengelola yang sangat kurang baik, karena juga termasuk batu bara muda.

Persedian batu bara terdapat daerah sumatra selatan, sumatra barat, kalimantan timur, sulawesi selatan, jawa barat, dan semananjung cendrawasih di irian jaya. Ini termasuk yang paling besar prodiksinya batu ara indonesia, karna pernah mencapai 1 juta ton pada tahun 1941.

Waktu itu sesudah kemerdkan produksinya sangat menurun, karna penggunaan batu bara sebagai bahan bakar, yang di ganti dengan minyak bumi. Pada tahun 1981 Waktu itu di produksi batu bara tercatat sebanyak 350.000 ton.

Sekarang pemerintah meningkatkan pemakain batu bara sebagai bahan bakar, terutama untuk meningkatkan pembangkitk listrik tenaga uap, industri semen, dan peleburan biji hitam.

4. Maksud Dari Timah

informasi-daftar.blogspot.com

timah yang termasuk dari berbentuk biji timah ini terdapat pada batuan granit. Batuan ini juga cepat hancurnya akibat pelapukan dan erosi air, karna menyebabkan hancurnya di angkut oleh air sungai, laulu di endapkan di palung sungai atau di dasar air laut.

Dan juga untuk mengambil bijih timah dari laut di gunakan kapal keruk besar. Dan juga lumpur yang mengandung biji timah. Karna biji timah yang masih terdapat di bukit-bukit dan merupakan bagian dari batu granit, di peroleh debgan cara menghancurkan batuan granit tersebut.

Hancuran granit ini lalu dicuci dengan air untuk memperoleh pembungkus permen, coklat, dan sebagainya. Sebebnarnya kalau anda ketauhi tentang negara kita ini sangat kaya penghasilannya, karna indonesia merupakan negara yang penghasil timah keempat di dunia, setelah malaysia, bolivia, dan thailand.

Penambangan timah ini waktu itu di laksanakan dipulau bangka, singkep, benakiang, dan riau daratan. Mau tau pengelolah biji timah menjadi logam timah dilaksanakan oleh perusahaan timah bangka, pabriknya terdapat di muntok.

Karna sebagian besar timah indonesia diekspor ke siangapura dan negar-negara eropa barat. Dan sisanya digunakan oleh perusahaan-perusahaan dalam negri.

5. Biji Besi

centuryrealtime.com

Biji besi juag termasuk uyang sangat di butuhkan untuk segala macam kebutuhan. Waktu itu pada zaman moderen, loga besi hampir tidak pernah tertinggal dalam semua kegiatan belajar manusia.

Conohnya seperti ini dilingkugan bayak kegiatan belajar yang menggunakan besi. Karna di indonesia terdapat banyak tempat yang mengandung biji besi. Yaitu di sumatra barat lampung, kalimantan selatan, sulawesi tenggara, irian jaya, dan jawa barat.

Tetapi penambangan dan peleburan belum dapat di laksanakan secara besar-besaran, karena kekurangan batu bara dari jenis yang lebih baik.

Sebagian batu bara indonesia di pakai untuk mencukupi kebutuhan bahan bakar PLTU (pembangkitan listrik tenaga uap) dan pabrik semen.

6. Tembaga

wisdomseekerindonesia.blogspot.com

Tembaga ini sangat di perlukan terutama untuk peralatan listrik karena ini dapat menghantarkan listrik yang bisa lebih baik. karena tembaga juga di pakai untuk membuat kuningan dan serta berbagai keperluan lainnya.

Negara indonesia merupakan penambangan tembaga secara besar-besaran waktu itu baru di laksanakan di irian jaya.

Penambangan modren ini didirikan oleh perusahaan Freeport dari amerika serikat waktu itu pada tahun 1972. Mereka juga membangun kota tembagapura pada ketinggian 2500 m di atas permukaan laut. Tempat pembuangannya terletak pada ketinggian 3500 m di lereng pegunungan sudirman.

Bijih di tembaga di irian jaya juga mengandung bijih emas dan perak. Dan juga banyak seseorang itu menglolah tembaga biji menjadi konsentrak di pabrik pelabuhan di tembagapura.

Konsentrat tembaga di angkut melalui pipa sepanjang 100 km lebih kepelabuhan amamapre. Sebagian besar hasil di ekspor ke negara jepang.

7. Logam Mangan

bisakimia.com

apa itu logam mangan,? Logam ini yang berwarna hitam dan berat. Mangan juga sangat di perlukan untuk membuat batu batrei dan untuk campuran besa dalam pembuata baja.

Karna suatu penambangan mangan ini di lakukan di tempat karangnunggal, dekat tasikmalaya, dan kulonprogo yogyakarta.

Batu gunung ini dan juga banyak yang mengandung mangan di ambil, lalu di olah di pabrik untuk di ambil manganya.

Dan juga pabrik pengelolahan ini masih memakai cara kerja sederhana. sebagai hasi mangan di pakai dalam industri batrei dan selebihnya di ekspor ke negara jepang dan belanda.

8. Pengertian Bauksit

tambang.co.id

Penjelasan bauksit merupakan biji alumunium, logam ini berbagai manfaatnya dan banyak ke guanaanya. karena ringan da tidak mudah berkarat.

Alumunium dan juga di pakai membuat badan pesawat terbang, kapal laut, alat-alat tempur, perkakas rumah tangga, uang logam dan sebagainya.

bauksit juga banyak di peroleh dalam betuk lumpur basah. Karna lumpur ini di keruk dengan alat moderen, kemudian di cuci untuk memmelebur bauksit menjadi logam alumunium di perlukan tenga listrik yang sangat besar.

Mau tau tempat letaknya bauksit adalah di pulau bintang dan pulau koyang di kepulauan riau. Di kalimantan juga terdapat bauksit, tetapi penambanganya masih belum bisa di usahakan.

Tinggalkan komentar