ijtihad

Pengertian Ijtihad, Fungsi, Macam-Macam, dan Kedudukan Terlengkap

Selamat datang teman teman yang saya senangi dan saya benggakan, hari ini saya akan membahas mengenai pengertian Ijtihad adalah, dan dalam pembahasan ini juga terkait mulai dari pengertian ijtihad, fungsi, macam macam ijtihad, dan yang terakhir adalah kedudukan ijtihad pembahasan sangat lengkap.

Ijithad terbagi menjadi dua menurut bahasa dan pengertian. Ini merupakan salah satu sungguh dalam mencurahkan pikiran, sedangkan pengertian ini mencurahkan seluruh tenaga dan pikiran dengan sungguh dalam menetapkan syariat. Jadi ijtihad terjadi apabila pekerjaan yang dilakukan terdapat unsur kesulitan.

Nah di dalam artikel ini sangat banyak sekali pembahasan mulai dari contoh ijtihad, sumber hukum islam, arti ijtihad, ijtihad dalam islam, hukum ijtihad, kedudukan ijtihad, ijtihad sebagai sumber hukum islam, contoh ijtihad dalam kehidupan sehari hari, kedudukan ijtihad dalam islam dan masih banyak lagi.

Pengertian Ijtihad

ijtihad
rpail.blogspot.com

Pengertian ijtihad adalah merupakan diambil dari sebuah usaha yang sangat sungguh, dan sebenarnya bisa dilaksanakan oleh siapa saja yang sudah berusaha untuk mencari ilmu dan untuk memutuskan suatu perkara yang tidak dibahas dalam Al Qur’an maupun hadist.

Akan tetapi dengan syarat menggunakan akal sehat untuk pertimbangan yang sangat matang. Namun pada perkembangan selanjutnya, diputuskan bahwa ijtihad sebaiknya untuk dilakukan para para ahli agama islam. Tujuan pada ijtihad adalah untuk memenuhi keperluan umat manusia akan berpegang hidup dalam beribadah hanya kepada Allah pada suatu tempat tertentu atau suatu waktu tertentu saja.

Fungsi Ijtihad

arti ijtihad
informasiana.com

Fungsi ijtihad merupakan salah satu Al Qur’an yang sudah diturunkan secara dengan sempurna dan lengkap, tidak berarti dalam semua hal kehidupan manusia diatur secara detail oleh Al Quran dengan kehidupan modern. Setiap datang masalah baru akan terus bekembang dan diperlukan aturan pada turunan dalam melakukan ajaran islam untuk kehidupan beragama sehari-hari.

Baca Juga  100+ Gambar Wayang Kulit Indonesia Serta Kesenian dan Sejarah

Apabila nanti ada persoalan baru bagi kalangan umat islam di suatu tempat tertentu atau bisa juga suatu masa waktu tertentu maka persoalan tersebut akan dikaji dengan perkara yang dipersoalkan sudah sangat jelas di dalam AL Qur’an atau di dalam hadist.

Sekiranya ketika sudah ada persoalan tersebut harus mengikuti syarat ketentuan yang ada sebagaimana disebutkan di dalam Al Quran atau Hadist ini. Akan tetapi jika persoalan tersebut merupakan perkara yang tidak jelas atau tidak ada ketentuan di dalam Al Qur’an dan Hadist.

Pada waktu itu salah satu umat islam sangat memerlukan ketetapan ijtihad, akan tetapi yang berhak untuk untuk membuat ijtihad salah satu mereka yang sangat mengerti dan paham dalam isi Al Qur’an dan Hadist.

Macam-Macam Ijtihad

ijtihad
rpail.blogspot.com

Ijma

Ijma adalah dari arti kesepakatan yakni para kesepakatan para ulama dan untuk menetapkan pada suatu hukum dalam agama yang berdasarkan di dalam AL Qur’an dan Hadist, dalam suatu perkara yang akan terjadi. Ini merupakan keputusan bersama yang dilakukan oleh para ulama dengan cara ijtihad untuk dirundingkan dengan disepakati.

Hasil dari ijma adalah salah satu fatwa yaitu dengan keputusan bersama oleh para ulama dan ahli agam yang cocok untuk berwenang untuk diikuti kepada seluruh umat.

Qiyas

Qiyas adalah salah satu yang menggabungkan atau menyamnkan arti dari menetapkan suatu hukum atau suatu perkara yang baru dan belum ada belum ada pada masa yang sebelumnya, akan tetapi mempunyai kesamaan dalam sebab, dan manfaat, bahaya dan berbagai aspek dengan perkara yang terdahulu sehingga di hukumi sama dalam islam.

Ijma dan Qiyas adalah sifatnya darurat, akan tetapi terdapat hal yang ternyata belum ditetapkan pada masa-masa sebelumnya. Berikut ini ada definisi Qiyas analogi nya.

  • Meringkaskan dalam hukum dari asal yang menuju ke arah cabang, yang berdasarkan titik persamaan di antara keduanya.
  • Untuk membuktikan pada hukum dan definisi yang lainnya, melalui suatu persamaan di sekitarnya.
  • Untuk tindakan menganalogikan hukum yang sudah ada dengan penjelasannya di dalam kandungan Al Qur’an atau Hadsit dengan kasusu yang sangat baru dan mempunyai persamaan.
  • Hanya menetapkan sesuatu hukum terhadap hal yang di terangkan oleh Al Qur’an dan Hadist.

Istihsan

Berikut ini definisi dari istihsan.

  • Fatwa yang dikeluarkan seorang fiqih, dia hanya merasa hal yang seperti itu di anggap sudah benar.
  • Argumentasi merupakan dalam pikiran seorang fiqih tanpa bisa diekspresikan dengan secara lisan.
  • Unutuk mengganti argument melalui fakta yang dapat untuk di terima. Karena ini digunakan dengan orang banyak.
  • Tindakan ini memutuskan suatu perkara yang mencegah kemudharatan.
  • Tindakan ini menganalogikan pada suatu perkara di masyarakat terhadap perkara yang ada sebelumnya.

Maslahah Murshalah

Maslahah Murshalah adalah salah satu tindakan yang memutuskan pada masalah yang tidak ada naskahnya dengan pertimbangan kepentingan terhadap hidup manusia berdasarkan prinsip atau manfaat dan menghindari dari kemudharatan.

Penggunaan kata Maslahah Murshalah adalah ijtihad yang paling subur hanya untuk menetapkan hukum yang tidak ada nasnya dan jumhur ulama menganggap Maslahah Murshalah sebagai hujjah syariat karena.

  • Karena semakin tumbuh dan bertambah hajat manusia terhadap kemaslahatan, jika hukum tidak tidak manampung untuk kemaslahatan terhadap manusia yang dapat diterima dan kurang sempurna dari syariat masih kurang beku.
  • Untuk para sahabat dan para tabi’in untuk menetapkan hukum secara berdasarkan kemaslahatan seperti abu bakar, untuk menyuruh dan mengumpulkan mushaf Al Qur’an dan kemaslahatan umat.

Sududz Dzariah

Sududz Dzariah adalah salah satu tindakan yang memutuskan suatu yang mubah menjadi yang makruh atau bisa juga masuk yang haram demi kepentingan sesama umat.

Sududz Dzariah terdiri atas dua perkara yaitu saddu dan dzari’ah. Saddu merupakan salah satu penghalang sumbatan sedangkan dzari’ah adalah menghambat atau menyambut pada semua jalan untuk menuju kepada kerusakan atau maksiat.

Istishab

Istishab adalah salah satu tindakan yang menetapkan pada suatu alasan yang bisa mengubah. Misalkan jika ada pertanyaan seperti ini, bolehkah seorang wanita yang menikah lagi apabila untuk bersangkutan dan ditinggal suaminya bekerja di perantauan dan tidak jelas kabarnya?

Maka dalam hal tersebut yang berlaku merupakan keadaan semula bahwa wanita tersebut statusnya adalah istri seorang sehingga tidak akan boleh menikah lagi kecuali sudah jelas kematian suaminya atau sangat jelas perceraian nya terhadap kedua.

URF

Urf adalah salah satu etimologi bahasa yang berasal dari kata arafa ya’rufu bisanya sering diartikan seperti almaruf, dengan arti sesuatu yang dikenal. Pengertian dikenal ini akan lebih dekat kepada pengertian yang diakui oleh orang lain. Dan sesuatu yang dipandang baik dan diterima oleh dengan akal sehat.

Urf merupakan salah satu istilah dari islam yang memakai sebagai adat kebiasaan. URF terbagi menjadi ucapan dan perbuatan yang kita lihat dari segi objeknya, akan menjadi umum dan khusus dari segi cakupan nya. Dan menjadi sah atau rusak dari segi keabsahan menurut syariat. Para ulama usul fiqih bersepakat bahwa adat Urf yang sah adalah yang tidak bertentangan dengan syariat.

Kedudukan Ijtihad

contoh ijtihad
kumpulan.net

Ijtihad Muthlaq

Ijtihad Muthlaq adalah salah satu kegiatan terhadap seorang yang mujtahid yang bersifat mandiri dalam berijtihad dan menemukan. Ini lah hukum yang ditentukan dari nash Al Qur’an dan sunnah. hanya dengan menggunakan rumusan kaidah atau kaidah dan tujuan syara, setelah itu ketika sudah mendahuli mendalami persoalan hukum dengan bantuan disiplin ilmu.

Ijtihad Al-Madzhab

Ijtihad Al-Madzhab adalah salah satu kegiatan dari ijtihad yang dilakukan oleh seorang ulama yang mengetahui hukum syara, dengan menggunakan metode istinbath hukum yang sudah dirumuskan kepada imam mazhab, baik itu secara yang berkaitan dengan masalah-masalah hukum syara.

Ini merupakan salah satu yang terdapat dalam kita imam mazhabnya, meneliti pendapat yang paling kuat dan itu terdapat dalam mazhab tersebut, maupun itu memfatwakan hukum yang diperlukan masyarakat.

Ya, ini saja yang bisa saya sanpaikan mengenai pengertian ijtihad adalah yang terkait pembahasan dalam artikel ini mulai dari, contoh ijtihad dalam islam, ijtihad sebagai sumber ajaran islam, pembagian ijtihad, ijtihad adalah, kedudukan ijtihad, macam-macam ijtihad, dan yang terakhir fungsi ijtihad. Mudah-mudahan apa yang saya sampaikan ini bisa bermanfaat untuk kita semuanya.

                                                                                Pengertia Ijtihad

Tinggalkan komentar