Halimah Yacob

Mengenali Halimah Yacob, Presiden Muslimah Pertama Singapura [UPDATE TERKINI]

SINGAPURA – Mantan Juru Bicara Parlemen Halimah Yacob bakal jadi Presiden Singapura berikutnya, sekaligus presiden wanita pertama negara tersebut. Kepastian bakal duduknya Halimah di kursi Presiden Singapura didapat sesudah dua kandidat lainnya gagal lolos uji kelayakan.

Seperti dikutip dari Channel News Asia, Senin (11/9), Departemen Pemilu Singapura hanya mengeluarkan satu sertifikat kelayakan. Itu artinya, dua kandidat presiden lainnya, Mohamed Salleh Marican dan Farid Khan gagal lolos.

“Saya berjanji untuk melaksanakan yang paling baik yang dapat saya melaksanakan untuk melayani masyarakat Singapura dan itu tidak berubah, apakah tersedia pemilihan atau tidak tersedia pemilihan," tahu wanita berusia 63 tahun itu.

Halimah Yacob
Halimah Yacob

“Semangat dan prinsip saya untuk melayani rakyat Singapura selalu sama. Saya selalu berkomitmen penuh untuk melayani Singapura dan Singapura,” lanjutnya. Pemilihan Presiden Singapura sendiri dijadwalkan bakal terjadi bulan ini.

Halimah bakal mengambil alih posisi Tony Tan, yang telah 6 tahun menjabat sebagai presiden Negeri Singa. Selain jadi wanita pertama yang menjabat sebagai presiden, Halimah juga bakal jadi warga keturunan Melayu pertama yang menyandang jabatan presiden di dalam kurun 47 tahun terakhir.

Hingga kini, sudah 7 figur yang pernah menjabat sebagai Presiden Singapura. Mereka adalah Yusof Ishak (1965-1970), Benjamin Sheares (1971-1981), C. V. Devan Nair (1981-1985), Wee Kim Wee (1985-1993), Ong Teng Cheong (1993-1999), Sellapan Ramanathan (1999-2011), dan Tony Tan Keng Yam (2011-2017).

Sumber Informasi Halimah Yacob, Presiden Muslimah Pertama Singapura

Tinggalkan komentar