Daftar Puncak Gunung Tertinggi di Dunia dan Terbesar

GUNUNG TERTINGGI DI DUNIA – Gunung yang paling tinggi di dunia ini ialah Gunung Everest yang mana gunung tersebut posisinya terletak di daerah Pegunungan Himalaya dengan memiliki ketinggian kurang lebih sekitar 8.848 MDPL (Meter di atas permukaan laut)

Salah satu ketinggian gunung ini menjadikan Gunung Everest yang letak posisinya berada di daerah perbatasan negara Nepal dan Tibet (tiongkok) yang mana gunung tersebut merupakan salah satu tujuan yang paling ingin di taklukan oleh para-para pendaki gunug.

Namun, untuk saat ini gunung yang paling tinggi atau gunung tertinggi di dunia bukan lagi dimiliki oleh pegunungan Himalaya atau bisa disebut juga dengan Gunung Everest,

Bahkan diluar sana di wilayah Negara lain masih banyak sejajar gunung-gunung yang aktif ataupun gunung-gunung yang tidak aktif dan gunung-gunung tersebut ialah gunung yang memiliki ketinggian lebih dari tingginya puncak Himalaya.

Bagaimana bisa seperti itu? Karena cara sudut pandang kita dalam memadukan atau mengukur tinggi suatu gunung yang selama ini adalah salah, apabila selama ini kita memiliki sebuah tanggapan cara mengukur gunung dari dataran rendah ke dataran tinggi,

Lalu bagaimana dengan gunung-gunung api yang berada di lautan? Darimana kah kita semua harus mengukur gunung api yang berada di lautan yang banyak jumlahnya dan tak terlihat?

Maka dari itu, saat ini gunung-gunung yang tertinggi di dunia bukanlah dari Gunung Himalaya, melainkan dari gunung api yang letaknya berada di lautan, yaitu Gunung Mauna Kea, yang mana Gunung Mauna Kea ini ialah sebuah gunung berapi yang letak posisinya terletak di Hawai.

Meskipun tinggi dari gunung tersebut hanya memiliki ketinggian 4.205 meter, namun apabila ketinggian gunung tersebut di ukur dari atas sampai ke dasar permukaan laut maka tinggi dari gunung tersebut bisa-bisa menggapai 10.200 meter.

Berarti, apabila gunung yang berada didalam lautan itu sudah memiliki ketinggian kurang lebih sekitar 5.9995 meter. Waow sangat tinggi sekali bukan Gunung Mauna Kea ini?

Apalagi Gunung Maunea Kea juga bukanlah merupakan salah satu gunung yang aktif, sehingga disitu kebanyakan para ahli memandang dengan pandangan sebelah mata saja terhadap gunung yang satu ini.

Terus, gunung mana saja yang memiliki predikat gunung yang paling tinggi di Dunia?

Gunung Tertinggi di Dunia

gunung tertinggi di indonesia

Ketika sedang mengukur posisi gunung yang memiliki ketinggian paling tinggi di dunia, para ahli gunung selalu berpatokan

Bahwa dari ke tinggi dari gunung ini memang diukur dari atas permukaan laut, atau dalam sebutan yang mana sebutan tersebut biasa disebut dengan sebutan MDPL sehingga gunung seperti Maunea Kea ini tidak masuk dalam hitungan gunung yang paling tinggi.

Dengan mengatur posisi cara menghitung ketinggian gunung dengan seperti itu, maka para ahli-ahli gunung ini seakan-akan melupakan gunung yang awal mulanya berasal dari dasaran bumi, kerak bumi, yang mana didalamnya terdapat inti bumi yang berasal dari api, disitulah awal mula akar-akar berasal

Baiklah daripada kita harus memperdebatkan mengenai ketinggian gunung yang paling tinggi di dunia alangkah baiknya kita langsung saja membahas inti dari pembahasan tersebut, yakni gunung tertinggi di dunia, berikut dibawah ini ialah salah satu gunung tertinggi yang ada di dunia.

1.Gunung Maunea Kea

gunung terbesar di dunia

Gunung Maunea Kea ini ialah salah satu gunung yang memiliki ketinggian gunung paling tertinggi di dunia, Gunung Maunea Kea ini ialah gunung pertama yang paling tinggi di dunia.

Letak posisi gunung tersebut ialah terletak di kepulauan Hawai, Amerika Serikat. Ya meskipun terlihat tinggi, gunung itu hanya memiliki ketinggian 4.205 meter, akan tetapi gunung ini memiliki ketinggian yang sangat tinggi apabila di ukur dari dasar laut, yang mana apabila keseluruhannya maka gunung ini memiliki ketinggian mencapai 10.200 meter.

Tentunya hal ini sangat mengagetkan sekali, dan hal ini pun tidak disangka sangka sama sekali. Gunung Maunea Kea yang mana artinya itu ialah Gunung Putih, mengapa gunung ini disebut dengan demikian? Karena puncak dari gunung ini selalu di tutupi oleh salju putih.

Begitu banyaknya salju-salju yang berjatuhan di Gunung Manuea Kea, maka dari itu gunung ini menjadi salah satu tempat yang paling baik untuk dijadikan tempat olahraga yang bagi mereka ingin melakukan olahraga berski.

2. Gunung Manoa Loa

gunung tertinggi

Gunung Manoa Loa ini ialah merupakan gunung yang memiliki ketinggian di dunia berikutnya, dengan memiliki ketinggian kurang lebih sekitar 9.170 meter. Sama halnya dengan gungun Maunea Kea, gunung ini mempunyai ketinggian yang fantastis Karena ketinggian gunung ini diukur dari dasar permukaan laut.

Yang mana gunung ini apabila diukur dari dasar permukaan laut hingga ke atas, maka gunung ini memiliki ketinggian 9.170 meter. Diukur dari dasar permukaan laut kurang lebih sekitar 5000 meter, sedangkan apabila di ukur dari atas permukaan laut gunung ini memiliki ketinggian 4.170 meter.

Nah, Gunung Manoa Loa ini menjadi gunung tertinggi ke 2 di dunia di Hawai, bahkan gunung ini ketinggiannya bisa melebihi gunung Everest yang memiliki ketinggian kurang lebih sekitar 8.8848 meter.

3. Gunung Himalaya

gunung terbesar di dunia

Mount Everest atau gunung Himalaya ialah merupakan salah satu puncak tertinggi du dunia dan juga sangat terkenal dikalangan pendaki dengan ketinggiannya.

Gunung Himalaya ini mempunyuai ketinggian kurang lebih sekitar 8.848 meter diatas permukaan air laut, namun ada juga yang mengatakan bahwa tinggi gunung tersebut bisa mencapai 8888 meter diatas permukaan laur.

Mengenai beberpaa ukuran ketinggain yang sebenarnya ialah, gunug Himalaya ini mempunyai sudut pandangan yang berlainan,

Karena kalau kita perhatikan dari satu sisi para ahli ini memperkirakan bahwa gunung Himalaya ini seiring berjalannya waktu akan selalu bertambah ketinggiannya yang diakibatkan bergesernya lempengan tektonik sehingga membentuk lempengan-lempengan tersebut semakin bertumpukan.

Meskipun gunung Everest Himalaya ini bukan gunung yang memiliki ketinggian di dunia, akan tetapi kisah-kisah cerita yang telah beredar luas di luar sana selalu mengatakan bahwa gunung Himalaya ini ialah gunung yang paling tinggi di dunia

4. Gunung Chimborazo

gunung terbesar di dunia

Gunung Chimborazo adalah salah satu yang sudah termasuk gunung tertinggi di dunia. Padahal dengan mempunyai berketinggian 6272 meter. Bagaimana bisa? Karena gunung ini terdapat di dataran tinggi dari bagian bumi yang sudah terlihat cembung.

Anda masih belum mengerti, Maksudnya begini, bumi yang ada seperti yang sekarang ini tak sepenuhnya bulat seperti bola.

Namun ada satu bagian bumi yang sudah terlihat cembung, nah ada beberapa yang bisa kita bilang dengan fenomena ablate spheroid, sebuah fenomena pencembungan dan sudah terbentuk dengan alami.

Nah dengan cara mudahnya teori ini dapat dipahami sebagai berikut, bahkan bumi itu ibarat balon yang ditekan pada dua bagian sisinya, suatu saat nanti bisa mengakibatkan pencembungan pada bagian lain. Ini sudah termasuk menjadi dataran tinggi bumi yang cukup tinggi dari yang lain

Bahkan apabila kita lihat dari sisi angkasa, Gunung Chimborazo adalah tujuan titik tertinggi yang paling dekat dengan angkasa. Bahkan ini bisa lebih dekat 1,5 mil daripada Gunung Himalaya.

Kita asumsikan dengan jarak 1,5 mil = 1609 meter, maka 1,5 mil adalah 2413 meter, apabila tinggi gunung Chimborazo yang terukur adalah sekitar 6272 + 2413 = 8685 meter. Inilah yang sudah termasuk dengan ketinggian yang sebenarnya dari Gunung Himalaya yang hanya 8848 meter.

Gunung Chimborazo merupakan salah satu yang sudah tetap dengan gunung yang tertinggi, bahkan dengan sebelumnya ini masih belum ditemukan dengan gunung Himalaya pada tahun 1856.

Memang salah satu dari ketinggian gunung chimborazo hanya sekitar 6272 meter, namun Ia terdapat di daratan selatan khatulistiwa yang cukup tinggi di dunia, apabila dilihat dari angkasa ini salah satu titik yang paling dekat dengan angkasa.

Demikianlah artikel yang membahas terkait gunung tertinggi di dunia, Semoga apa yang sudah kami paparkan secara rinci bisa bermanfaat untuk kita semua nya.

Tinggalkan komentar