Gambar Rumah Adat di Indonesia

Gambar rumah adat di indonesia salah satu rumah yang dibangun dengan cara yang sama dari generasi kegenerasi. Rumah tradisional bisa juga dikatakan sebagai rumah yang dibangun dan selalu memperhatikan kegunaan, serta fungsi sosial dan arti budaya dibalik corak atau gaya bangunan pada rumah tradisional.

Negeri indonesia ini memiliki dari 1000 lebih suku bangsa jika merujuk sensus penduduk oleh Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2010.

Sebagian besar dari suku-suku tersebut memiliki rumah adatnya masing-masing. Meski ada juga yang punya kemiripan. Bahkan Indonesia sudah dikenal dengan kekayaan budaya, salah satunya rumah tradisional yang sangat dikenal dengan nilai-nilai luhur budaya indonesia.

Gambar Rumah Adat di Indonesia

Berikut salah satu jumlah rumah adat dari berbagai wilayah di Indonesia salah satunya rumah adat aceh, rumah adat sumatera utara, rumah adat sumatera barat, kepulaun riau, rumah adat jawa timur, rumah adat jawa tengah, jawa barat, bangka belitung, bengkulu, lampung dan masih banyak lagi di seluruh pelosok indonesia

  • Rumah Adat Aceh – Krong Bade

rumah adat aceh

Aceh juga memiliki rumah adat. Masyarakat sekitar menyebutnya Krong Bade atau bisa dikenal dengan nama Rumoh Aceh.

Apabila dilihat dari luar bangunan, Rumah adat ini merupakan jenis rumah panggung. Biasanya Krong Bade mempunyai struktur tinggi tiang 2,5 sd 3 meter dari permukaan tanah.

Pantasnya rumah panggung pada umumnya, Krong Bade mempunyai satu ruangan di bawah. Terkadang, ruangan bawah dari rumah ini dipakai untuk tempat penyimpanan bahan pangan. Bahkan, ada juga peruntukan sebagai tempat para perempuan kegiatan, misalnya menenun kain khas Aceh.

  • Rumah Adat sumatera utara – Bolon

Rumah Adat sumatera utara

Keunikan desain rumah bolon adalah terdapat hiasan pada kusen pintu masuknya berupa ukiran telur dan panah. Tali-tali pengikat dinding miring (tali ret-ret) dan ini terbuat dari ijuk atau rotan yang bisa membentuk seperti cicak berkepala 2 saling bertolak belakang.

Cicak itu dikiaskan sebagai penjaga rumah dan 2 kepala saling bertolak belakang menandai, kalau penghuni rumah memiliki peranan yang sama dan saling menghormati.

Rumah Adat sumatera barat – Gadang

Rumah Adat sumatera barat

di bagian atap gonjong merupakan salah satu ciri khas rumah Gadang paling nonjol, dan dari sisi karakter nya khas keindahan alam Minangkabau.

Skyline ini yang dibentuk oleh atap-atap gonjong yang menyeruak dari rimbunnya pepohonan, lembah, persawahan apalagu di sekitar bangunan modern, pasti ini akan menyadarkan bahwa kita tengah berada di Ranah Minang sebutan bagi orang Minang terhadap tanah leluhurnya.

Rumah Adat Riau – Selaso Jatuh Kembar

Rumah Adat Riau

Rumah adat Riau ini terdiri dari dua silangan pada bagian ujung dan kaki atap. Kedua bagian ini melengkung ke atas dan setiap lengkungan ujung atap ini harus lebih kuat dibandingkan bagian kaki atap.

Bagi masyarakat Riau, rumah adat ini memiliki arti tersendiri yang menghubungkan antara manusia dengan penciptanya. Manusia terkadang mendapatkan banyak cobaan, bahkan tak jarang manusia yang terjerumus ke dalam kehidupan yang lebih kelam karena merasa cobaan hidup yang dirasanya begitu berat

Rumah Adat Kepulauan Riau – Lancang

Rumah Adat Kepulauan Riau

Rumah lontik bisa juga disebut rumah lancang, dikarenakan rumah ini bentuk atapnya terlihat melengkung keatas dan agak runcing tanduk kerbau, sedangkan dindingnya miring keluar dengan hiasankaki dinding mirip perahu atau lancang.

Ini termasuk melambangkan penghormatan kepada sesama. Rumah lontik perkiraan dapat dipengaruhi dari kebudayaan Minangkabau karena kabanyakan terdapat di daerah yang berbatasan dengan Sumatera Barat.

Tangga rumah ini biasanya berjumlah ganjil, bahkan rumah lontik terdapat lima tangga, Hal ini adakaitannya dengan ajaran islam yakni rukun islam lima.

Rumah Adat Jambi – Kajang Leko

Rumah Adat Jambi

Rumah kajang leko mempunyai model seperti rumah adat di Indonesia pada lainnya. Yaitu berupa rumah panggung. Uniknya, rumah ini memang model nya tinggi sehingga ketika banjir sangat berfungsi dan lebih aman. Selain itu dengan model rumah tersebut sangat aman dari serangan musuh seperti binatang buas.

Terdapat ruangan yang ada di dalamnya ada sebuah rumah adat mempunyai fungsinya masing-masing. Setiap ruangan mempunyai arti khusus terutama dalam rumah adat Jambi.

Rumah Adat Sumatera selatan – Limas

Rumah Adat Sumatera selatan

Rumah Adat Bangka Belitung – Panggung

Rumah Adat Bangka Belitung

Rumah Adat Bengkulu – Bubungan Lima

Rumah Adat Bengkulu

Rumah Adat Lampung – Nuwo Sesat

rumah adat lampung

Rumah Adat DKI Jakarta – Kebaya

Rumah Adat DKI Jakarta

Rumah Adat Jawa Barat – Citalang

Rumah Adat Jawab Barat

Rumah Adat Banten – Badui

Rumah Adat Banten

Rumah Adat Jawa Tengah – Joglo

Rumah Adat Jawa

Rumah joglo adalah rumah adat Jawa yang pada umumnyha dibuat dari kayu jati. Terdapat pada atap joglo terbentuk dari tajug, semacam atap piramida yang tertuju pada format gunung. Dari sinilah nama joglo itu muncul. Nama joglo ini istilah dari berasal dua kata, ‘tajug’ dan ‘loro’ yang bermakna penggabungan dua tajug.

Terdapat pada atap tajug ini dipilih, karena serupa dengan format gunung. Bahkan masyarakat Jawa memercayai bahwa gunung merupakan simbol segala urusan yang sakral. Di antaranya karena gunung dipercaya merupakan tempat tinggal semua dewa.

Rumah Adat Yogyakarta – Joglo

Rumah Adat yogyakarta

Rumah Adat Jawa Timur – Joglo Situbondo

Rumah Adat Jawa Timur

Rumah Adat Bali – Candi Bentar

Rumah Adat Bali
saktidesain.com

Rumah Adat Nusa Tenggara Barat – Dalam Loka

Rumah Adat Nusa Tenggara Barat
gpswisataindonesia.info

Rumah Adat Nusa Tenggara Timur – Mbaru Niang

Rumah Adat Nusa Tenggara Timur

Rumah Adat Kalimantan Barat – Panjang

Rumah Adat Kalimantan Barat

Rumah Adat Kalimantan Tengah – Betang

Rumah Adat Kalimantan Tengah

Rumah Adat Kalimantan Selatan – Banjar

Rumah Adat Kalimantan Selatan

Rumah Adat Kalimantan Timur – Lamin

Rumah Adat Kalimantan Timur

Rumah Adat Kalimantan Utara – Balon

Rumah Adat Kalimantan Utara

Rumah Adat Sulawesi Utara – Pewaris Walewangko

Rumah Adat Sulawesi Utara

Rumah Adat Sulawesi Barat – Mamuju

Rumah Adat Sulawesi Barat

Rumah Adat Sulawesi Tengah – Tambi

Rumah Adat Sulawesi Tengah

Rumah tambi adalah rumah adat tradisional suku Lore yang berdiam di dataran tinggi yang beriklim sejuk di bagian barat Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah. Tepatnya di Lembah Bada, Lembah Behoa, dan Lembah Napu, merupakan daerah yang terkenal akan peninggalan megalitiknya.

Rumah adat tradisional ini berdesain panggung, berdiri di atas tiang dan terbuat dari kayu bonati. Bentuknya segi empat. Di bagian atapnya terbentuk seperti jamur atau piramida, ini merupakan terbentuk dari daun rumbia atau ijuk dengan penahan bambu.

Rumah tambi tidak mempunyai dinding luar. Atapnya yang memiliki kemiringan sekitar 60 derajat, ini sangat berfungsi sebagai dinding rumah. Pada umumnya rumah tradisional di Indonesia lainnya, sambungan bagian-bagiannya tidak dibuat dengan paku, namun diikat dengan tali rotan.

Rumah Adat Sulawesi Tenggara – Banua Tada

Rumah Adat Sulawesi Tenggara

Rumah adat dari Sulawesi Tenggara ini memiliki 3 jenis. Di mana dari setiap jenisnya didasarkan pada kondisi strata social dari pemilik. Kamali (Malige), rumah Banua tada ini digunakan sebagai tempat untuk keluara sultan. Dengan memiliki empat tingkatan dan atapnya bertumpuk dua.

Tare Pata Pale, dan rumah adat ini digunakan untuk para petinggi-petinggi di istana. Mempunyai empat tiang dan atap yang bersusun serta di bagian kanan kirinya trdapat 2 jendela. Tare Talu Pale, rumah Banua Tada ini dikhususnya untuk masyarakat biasa dengan tiang tiga dan atap yang simetris. Dibuat dengan menggunakan bahan bambu, kayu serta rotan.

Rumah Adat Sulawesi Selatan – Tongkonan

Rumah Adat Sulawesi Selatan

Bahwa rumah adat sulawesi selatan dibangun dengan konstruksi yang terbuat dari kayu tanpa menggunakan unsur logam sama sekali seperti paku. Anda pasti terkagum ketika sudah mengetahui filosofi di balik rumah adat ini. Ada kebanggaan, kepercayaan, tradisi kuno, dan peradaban dari setiap detail rumah tongkonan yang dibangun masyarakat Toraja.

Karena ini tidak sembarangan membangun rumah adat tongkonan. Inilah merupakan bentuk kearifan lokal yang mengagumkan dari sebuah rumah adat tradisional. Tongkonan adalah rumah khas masyarakat Tana Toraja di Sulawesi Selatan. Bahkan saat ini rumah unik tersebut bersama budaya Tana Toraja lainnya menjadi kebanggaan dan daya tarik wisata, terus-menerus diminati pelancong.

Rumah Adat Gorontalo – Dulohupa

Rumah Adat Gorontalo

Rumah adat gorontalo Dulohupa terletak di Kelurahan Limba, Kecamatan Kota Selatan, Kota Gorontalo. Kata dulohupa mempunyai arti tersendiri yaitu mufakat. Terkadang disebut sebagai yiladia dulohupa lo ulipu hulondha. Dulohupa mempunyai arsitektur rumah panggung bergaya dan sangat terbuka dengan struktur atap bernuansa di daerah Gorontalo.

Ya, ini saja yang bisa saya sampaikan mengenai gambar rumah adat di indonesia, dan di dalam pembahasan ini juga terkait rumah adat dan asalnya beserta gambarnya, Mudah-mudahan apa yang bisa saya sampaikan bisa bermanfaat untuk kita semua. Jangan lupa di share di sosial media ya guys..

Tinggalkan komentar