beternak kelinci

Cara Ternak Kelinci Potong, Lokal di Jamin Ampuh Bagi Pemula

Cara Ternak Kelinci – Selamat datang teman teman yang saya cintai, hari ini saya akan membahas mengenai tentang Pembuatan kadang kelinci, memilih induk kelinci, pemberian pakan kelinci, cara mengawinkan kelinci, dan panen ternak kelinci.

Peternak kelinci mempunyai beberapa keunggulan mulai dari daging kelFinci yang bisa menghasilkan dengan kualitas yang cukup tinggi dengan kandungan lemak rendah, cara berkembang biak lumayan cepat, produk sampingan (kulit, bulu) bisa digunakan untuk keperluan lain.

perawatan nya cukup mudah, dan tidak memerlukan lahan yang luas, untuk biaya produksi sangat relatif murah, dan bisa dimanfaatkan. Umpan pakan dari potongan-potongan dapur atau produk sampingan dari produk pertanian. Jika Anda ingin mengawali ternak kelinci harus memerlukan persiapan yang cukup matang.

Cara Ternak Kelinci Bagi Pemula

beternak kelinci
klikcara.com

1. Pembuatan Kandang Kelinci

kelinci hias
petanisukses.com

Pada umumnya umum ada dua jenis kandang yaitu, pada sistem yang terbuka atau isa juga dengan tertutup. Untuk sistem kandang terbuka berupa hamparan lahan disekitar pagar. Kelinci selalu dibiarkan dengan bebas untuk berkeliaran di sekitarnya. Untuk area kandang akan diberikan naungan untuk tempat berteduh dan tempat istirahat agar kelinci tersebut tetap nyaman.

Jika kandang ini terbuka akan menjadi usaha atau ciri khas kelinci tradisional yang ada di Indonesia. Dengan melakukan seperti ini, untuk perawatan akan relatif lebih mudah dikerjakan.Akan tetapi untuk hamparan nya sangat luas, kelinci dibiarkan makan sendiri sehingga jika terlambat makan Anda tidak usah khawatir.

Kelemahan ini merupakan salah satu membutuhkan lahan yang cukup luas. Hanya saja layak digunakan di sekitar perdesaan saja, ini salah satu memiliki lahan yang cukup besar.

Jika kandang tertutup salah satu kandang yang sangat terbatas pada lantai, dinding atau bisa juga dengan atapnya. Jenis kandang ini merupakan yang sangat cocok untuk usaha peternakan kelici bagi pemula. Biasanya budidaya kelinci dengan cara kandang tertutup dan membutuhkan dua jenis kandang, yaitu dengan tipe postal atau dengan tipe baterai.

Jika kandang tersebut dengan tipe postal salah satu kandang untuk menempatkan beberapa kelinci secara keseluruhan. Hanya saja untuk digunakan sebagai kandang perkembangbiakan atau bisa juga dengan cara merawat kelinci.

Apabila untuk kandang yang tipe baterai merupakan salah satu kandang yang akan dirancang untuk menampung satu kelinci per kandang, biasanya dalam bentuk rak yang sudah tersusun secara rapi. Ini juga sangat cocok untuk pembesaran, dan juga kita bisa mengetahui lebih lanjut tentang cara sistem kandang kelinci.

2. Memilih Induk Kelinci

ternak kelinci
infopeternakan.com

Untuk memilih induk kelinci merupakan salah satu pemilihan bibit secara benar. Memilih bibit atau calon induk Anda harus benar-benar untuk di perhatikan, karena bibit merupakan salah satu untuk menentukan tingkat keberhasilan Anda terhadap ternak kelinci.

Baca Juga  Gambar Grafiti Tulisan Huruf Nama Keren | Terbaru Sangat Mudah

Untuk indukan kelinci akan menentukan pada produktivitas atau hasil Anda dengan budidaya. Nah berikut ini beberapa cara untuk memilih bibit ternak kelinci potong adalah.

  • Anda harus bisa mencari kelinci yang mempunyai riwayat kesehatan yang cukup baik. Karena untuk keturunan dari kelinci bisa menghasilkan banyak anak dalam sekali kelahiran.
  • Untuk berat badan tubuh induk kelinci betina sekitar 2 sampai 5 kg, dan untuk jantan 3 sampai 5 kg.
  • Dia mempunyai pinggul yang bulat dan cukup penuh.
  • Mempunyai punggung, akan tetapi punggung tersebut tidak cekung.
  • Mempunyai mata yang cukup cerah, dan tidak terlihat ngantuk atau lemas.
  • Yang terakhir mempunyai bulu yang cukup bersih.

3. Pemberian Pakan Kelinci

anak kelinci
youtube.com

Pemberian pakan kelinci biasanya di sekitar alam bebas, terkadang kelinci untuk mengkonsumsi pakan yang hijauan. Jika untuk usaha ternak bisa Anda berikan hijauan, konsentrat, dan bisa ditambahkan dengan beberapa vitamin. Biasanya pakan hijauan ini sangat di senangi oleh kucing misalkan seperti limbah sayuran, sawi wortel, dan daun singkong.

Jika Anda kasih dengan pakan pepaya, jagung, kacang tanah rumput-rumputan atau daun-daunan terkadang kelinci tersebut mau diberikannya.

Sedangkan konsentrat nya terkadang berupa pelet biasanya ini buatan dari pabrik. Untuk pemberian ini sangat dilakukan untuk memudahkan atau memberi makan secara simpel. terkadang pelet sudah mempunyai kandungan gizi yang sangat lengkap.

Biasanya pembelian pelet ini biayanya cukup mahal, akan tetapi ketersediaan dan kontinuitas lebih aman. Hal ini sangat diperlukan usaha untuk ternak kelinci secara intensif. Jika Anda lakukan dengan pemberian pakan kelinci hijauan dari sejak kecil berumur 2 minggu sedikit demi sedikit.

Jika Anda mau memberikan pakan yang berwarna hijau, lebih baiknya Anda layukan terlebih dahulu, ini untuk mencegah kembung pada anak kelinci yang masih kecil. Kalau misalkan tidak dilayukan akan mengakibatkan kematian untuk anak kelinci. Terkadang anak kelinci ini disapih setelah umur 8 minggu.

Keseluruhan kebutuhan untuk pakan untuk kelinci bisa mencapai 4 sampai 5% dari berat badan hanya per hari. Kelinci muda sampai 4 bulan untuk membutuhkan pakan hijauan 20% dari keseluruhan pakan.

Kelinci lebih dari 4 bulan untuk membutuhkan 60% dari total pakan. Lebih baik pisahkan saat pemberian pakan konsentrat dengan pakan hijauan. Seperti konsentrat yang diberikan waktu pagi hari sekitar jam 10.00 pagi, pakan ternak bisa diberikan mulai pukul 13.00-18.00.

4. Cara Mengawinkan Kelinci

perkawinan kelinci
stockilmu.org

Cara mengawinkan kelinci adalah parameter untuk melihat produktivitas ternak kelinci merupakan salah satu dengan melihat angka kelahiran. Kelinci bereproduksi dengan melahirkan anak. Kelinci akan memasuki tahap dewasa dan siap untuk dikawinkan ketika usia 6 sampai 12 bulan, tergantung dari jenis rasnya. Ciri kelinci betina yang siap melahirkan anak dan ini menunjukkan tanda nafsu sebagai berikut.

  • Akan terlihat gelisah, jika perilakunya selalu mencari cari jantan.
  • Dia sangat suka menggosok-gosok pada dagunya ke arah benda yang disekitarnya atau kelinci lainnya.
  • Untuk vulva berwarna merah atau basah.
Baca Juga  Cara Mudah Membedakan Murai Batu Betina dan Jantan

Cara mengawinkan kelinci ada 2 macam cara, yaitu dengan cara kelompok atau bisa juga dengan berpasangan. Terkadang untuk perkawinan kelompok bisa dilakukan dengan cara memasukkan pada jumlah betina atau bisa juga dengan betina dan jantan dalam satu lokasi. Terkadang satu jantan bisa mengawinkan 5 sampai 10 betina.

Sedangkan untuk cara berpasangan dilakukan dengan cara memasukkan satu betina dan satu jantan dalam satu area. Selama masa perkawinan, bisa Anda amati apakah ada pernikahan atau tidak. Jika tidak, kemungkinan besar tidak cocok. Lalu Anda ganti jantan dengan lainnya. Nah berikut ini cara mengawinkan kelinci secara umum.

  • Kelinci sudah siap untuk dikawinkan setelah berumur 6 sampai 12 bulan, biasanya tergantung dari jenis rasnya.
  • Pada masa berahi untuk kelinci yang sedang berlangsung kemungkinan selama 11 sampai 15 hari.
  • Pada saat masa berahi satu ke masa berahi akan berlangsung kurang lebih 2 minggu.
  • Untuk masa kehamilan yang sedang berlangsung sekitar 28 sampai 35 hari, itu pun tergantung dari jenis rasnya.
  • Masa menyusul dengan cara alami kelinci bisa berlangsung kurang lebih 8 minggu. Itu pun dari usaha ternak kelinci pada masa menyusul eksklusif yang dilakukan selama 15 sampai 20 hari. Lalu untuk anak kelinci akan diberi hijauan agar bisa belajar makan, suatu saat akan menyusul, kalau bisa jangan sampai di sapih. Kemungkinan anak kelinci baru bisa disapih sesudah 8 minggu.
  • Untuk kelici betina bisa dibuahi atau bisa subur kembali, nanti setelah 2 minggu setelah terhitung sejak melahirkan.
  • Ketika sudah 1 tahun, kelinci bisa mengalami hingga 5 kali kehamilan.
  • Pada jumlah anak kelahiran dalam satu kali sekitar 4 sampai 12 ekor, itu pun tergantung dari jenis rasnya.
  • Untuk masa produktivitas biasanya akan berlangsung selama 1 sampai 3 tahun. jika kurang atau lebih terkadang jumlah kualitas anakan yang menurun.

5. Panen Ternak Kelinci

budidaya kelinci
yukirabbitskelincidepok.blogspot.com

Kita tidak bisa menjamin untuk patokan berapa umur kelinci ternak untuk bisa dipanen. Untuk pasar kelinci saat ini tidak sebesar seperti jenis daging lainnya seperti unggas, sapi dan kambing. Terkadang kelinci dijual anakan sebagai hewan dipelihara saja.

Untuk menjual anak kelinci kurang lebih dari 2 bulan, setelah itu untuk masa penyusunan. Karena kelinci juga terlalu terlihat muda, nanti dirasa di tidak akan bertahan terlepas dari induknya. Sedangkan untuk pedaging biasanya digunakan sehabis kelinci memiliki usia 3,5 bulan atau mempunyai berat badan sekitar 2 sampai 3 kg.

Karena pada penggemukkan memerlukan waktu yang cukup lama, padahal penggemukkan bisa mencapai berat badan sekitar 2 sampai 3 bulan. Jika Anda menjual dengan lebih lama lagi, terkadang sudah tidak lagi ekonomis, karena kelinci memerlukan pakan yang cukup banyak. Jika Anda menjual bibit atau induk saja, terkadang memelihara kelinci berusia 10 sampai 12 bulan, itupun harga bibit tidak diperhitungkan per kg.

Baca Juga  Cara Menggambar Pemandangan Alam KEREN, Gunung, Pantai Bisa di Coba

7. Penyakit Kelinci

Berikut ini ada beberapa penyakit yang menyerang kelinci di antaranya adalah:

  • Pertama penyakit kudis – Ini disebabkan oleh kutu sarcoptis scabiei ini salah satu yang bisa menimbulkan pada penyakit gatal-gatal yang terletak pada kaki, hidung, dan ini bisa mengakibatkan menyebar ke seluruh tubuh. Untuk pencegahan ini hanya dilakukan dengan membersihkan kandang.
  • Perut kembung – Ini salah satu perut yang bengkak, dikarenakan salah satu dari makanan bisa juga dengan timbulnya masuk angin. Terkadang untuk pengobatan bisa menggunakan minyak adas 1 bag, dan bisa juga dengan menggunakan minyak kelapa 4 bag, lalu di oleskan atau di minum.
  • Mencert – Ini salah satu yang disebabkan makanan kotor bisa juga makanan yang busuk, untuk pencegahan terkadang menggunakan pakan buatan, dan itu harus ada kandungan anti biotik yang alami. Pengobatan bisa diberi air kladu sesudah 30 menit.
  • Pilek – Ini salah satu yang disebabkan pada bakteri dan virus, ini salah satu kandang yang kotor bisa juga kurang mendapat sinar matahari. Nah untuk cara mengatasinya pada hidung yang penuh ingus,bisa Anda lakukan dengan disemprot atau larutan antiseptik lalu diobati memakai antiobiotik.
  • Kokkidiossis – Ini salah satu yang disebabkan dengan kuman parasit yang bisa menyerang pada usus atau hati kelinci. Padahal gejala seperti kurang nafsu makan, badan kurus . Nah cara mengatasi menggunakan obat yang mengandung Sulfa.
  • Makan Bulu – Ini salah satu kelinci yang kekurangan gizi, dan itu pasti dia memakan bulunya sendiri bisa juga makan bulu temannya.

Ya, ini saja yang bisa saya sampaikan mengenai tentang cara ternak kelinci, dan di dalam artikel ini terkait dengan Pembuatan kadang kelinci, memilih induk kelinci, pemberian pakan kelinci, cara mengawinkan kelinci, dan panen ternak kelinci. Mudah-mudahan apa yang bisa saya paparkan bisa bermanfaat untuk kita semua.

                                                                         Cara Ternak Kelinci

Satu pemikiran pada “Cara Ternak Kelinci Potong, Lokal di Jamin Ampuh Bagi Pemula

Tinggalkan komentar