Cara Menanam Alpukat. dan Ciri Panen

deliciosaquartafeira.blogspot.co.id

Mau tau kah kamu, cara menanam alpukat biar sempurna dan bisa berbuah. Dan kita bisa menikmati buah alpukat yang bisa kita tanam di depan rumah atau di kebun buah-buahan. Yang hasil nya dengan sempurna.

Biasanya sih, orang kalau mau menanam buah alpukat dengan bakat atau punya ide nya sendiri, bermacam-macam cara, nah ini saya akan menjelaskan sekilas tentang menanam buah alpukat terlebih dahulu ya.

Berikut ini Panduannya

 

Penyimpan Bibit

alfacart.com

Sampai saat ini bibit alpukat hanya dapat di peroleh secara generatif, bisa juga dengan biji  dan vegetatif.

Bibit yang di peroleh dari biji termasuk kurang menguntungkan, karena tanaman lama yang berbuah sampai 5-6 tahun, dan kemungkinan besar buah yang di hasilkan berbeda dengan induknya.

Sedangkan bibit hasil okulasi maupun enten merupakan pertumbuhan yang bisa lebih cepat  berbuah,  dan buah yang di dapatkan nya mempunyai sifat yang sama dengan induknya.

Penyambungan Pucuk Enten.

nusatani.com

Pohon utama di gunakan dengan enten merupakan tanaman yang sudah berumur 6-7 bulan bisa juga yang telah berumur 1 tahun, tanaman juga berasal dari biji buah yang sudah tua dan masak.

sebagai cabang sambungan di gunakan ujung dahan yang masih muda dan berdiameter lebih kurang dari 0,7 cm. Enten-enten yang telah di sambung diletakkan ditempat teduh, tidak berangin, dan tidak lembap.

Dan haru di siram setiap hari nya untuk mencegah serangan penyakit tanaman yang harus disemprot dengan fungisida.

Penyambungan Mata Okulasi

kebunmusangking.wordperss.com

Okulasi produk bibit  yaag di lakukan di dasar pohon berusia 8- 10 bulan. Sebagai mata yang di cangkokkan di ambil dari bahan yang sehat, dengan usia kurang lebih 1 tahun dan tampaknya yang terlihat sangat jelas.

Waktu yang paling baik untuk menempel yaitu pada saat kulit batang semai yang muda di lepaskan dari kayu nya. Setelah itu kulit tersebut di lepaskan dari kayunya di tarik ke bawah  lalu di potong 6 cm.

Pohon okulasi ini dapat dipindahkan ke kebun setelah usia 8-12 bulan dan pemindahan yang paling balik, di waktu pada awal musim hujan. Dan perbanyakan vegetatif yang paling perlu kita perhatikan dengan sebaiknya-baiknya.

Pupuk daun juga merupakan pada dosis di anjurkan pada kemasan. Sedangkan pengendalian hama dan penyakit di lakukan hanya bila di perlukan.

Pengolahan Media Tanam

balistarnews.blogspot.com

Pengelola tanaman alpukat harus dilakukan dengan baik, harus bersih dengan pepohonan,tunggul-tunggul bekas tanaman, serta batu-batu yang mengganggu. Selanjutnya lahan harus di cangkul dengan baik dan di traktor,

Setelah itu di cangkul dengan secara halus 2-3 kali . Pengerjaan lahan lebih baiknya di lakukan pada saat musim kering sehingga penanam nantinya dapat dilakukan pada awal atau saat musim hujan.

Teknik Penanaman

Pola Penanaman

myperkebunan.blogspot.com

Pola tanam alpukat harus dilakukan dalam kombinasi variasi yang berbeda. Hal ini mengingat bahwa sebagian besar varietas tidak bisa dilakukan penyerbu kan sendiri.

kecuali varietas ijo panjang yang memiliki tipe bunga A. Ada dua tipe  bunga dari beberapa varietas alpukat di indonesia, yaitu tipe A dan B. Varietas yang di klasifikasi kan sebagai tipe A, bunga bewarna hijau panjang, bulat hijau, merah panjang, bulat merah Dll.

Sementara yang di klasifikasikan tipe B adalah Conlinson, itszamma, winsiowsaon, fuerte, nabal, ganter, da ratu.

Penyerbukan hanya terjadi antara dua jenis bunga. Karena penanaman dalam negri yang harus di kombinasikan anatara varietas dengan bunga tipe A dan tipe B yang menarik sehingga penyerbukan bunga saling menyerbuki satu sama lain.

Cara Penanaman

Jika kita akan mau menanam yang tepat adalah pada awal musim hujan dan tanah juga tidak ada lagi lubang tanaman mengalami penurunan.

Dan yang perlu kita perhatikan dengan baik-baik adalah tanaman yang ada dalam lubang yang harus lebuh tinggi dari tanah sekitarnya, dan untuk menghindari tergenangnya air apa bila disiram atau turun hujan.

Langkah-langkah Penanaman Sebagian Berikut:

  • Lubang tanam yang telah di tutup, digali lagi dengan ukuran besar wadah bibit.
  • Bibit di keluarkan dari kranjang atau polibag dengan menyayatnya agar gumpalan tanah tetap utuh.
  • Bibit beserta tanah yang masih menggumpal dimasukan dalam lubang setinggi leher batang, lalu ditimbun dan di ikatkan ke ajir.
  • Setiap bibit sebikny diberi naungan untuk menghindari sinar matahari secara langsung, bisa juga digunakan terpan angin, maupun siraman air hujan. Naungan tersebut dibuat miring dengan bagian yang tinggi disebelah timur.
  • Peneduh ini merupakan befungsi samapi tumbuh tunas-tunas baru atau lebih kurang 2-3 minggu.

Pemeliharaan Tanaman

PENYIANGAN: gulma tumbuh di sekitar tanaman karena ditempat itu ada banyak nutrisi. Ini merupakan saingan memperoleh makanan, gulma juga merupakan tempat berkembang biak hama dan penyakit.

Oleh karena itu agar tanaman dapat tumbuh yang lebih baik, dan gulma harus disianggi secara teratur.

PENGEMBURAN TANAH: Tentunya tanah harus disiram setiap hari akan lebih padat dan juga udara di dalamnya kurang sehingga semakin sedikit.

Akibatnya, akar tanaman tidak dapat menyerap nutrisis secara bebas. Untuk menghindari hal ini, tanah disekitar tanaman sangat diperlukan penggemburan dengan hati-hati sehingga akar tidak putus.

PENGAIRAN: yang harus kits perhatikan bibit baru ditanam memerlukan bayak air, sehingga penyiraman harus secara teratur, dan mencari waktu yang tepat unutk menyiram tanaman.

Setidaknya di waktu  pada pagi dan sore hari, sehingga kalau turun hujan tidak perlu di siram lagi.

PEMANGKASAN TANAMAN: pemangkasan hanya di perlukan di cabang-cabang yang tumbuh dan terlalu ketat atau ranting yang mati. Waktu kita melakukan pemangkasan harus dilakukan dengan hati-hati.

Agar luka bekas pemangkasan terhindar dari infeksi penyakit dan luka beksa pemangkasan, kalau saya sarankan sebaiknya diberi fungisida atau penutup luka.

PEMUPUKAN: dalam budidaya alpukat agar diusahakan mempunyai program pemupukan yang baik dan teratur Agar mengingat.

Ciri dan umur panen

 

siygap.com

Ciri buah yang sudah tua tapi belum masak.

  • warna kulit tua tetapi belum menjadi coklat/merah dan tidak mengkilap
  • Bila buah diketuk dengan punggung kuku, menimbulkan bunyi yang nyaring
  • Buah yang digerakan, akan terdengar goncangan biji.

penetapan tingkat ke tuan buah tersebut memerlukan inisiatif sendiri yag sudah pernah mencobanya. sebaiknya perlu kita amati waktu bunga mekar, hanya di waktu enam bulan kemudian.

Karena buah alpukat biasanya tua setelah 6-7 bulan dari saat bugga mekar. Untuk biar tidak ragu atau memastikan nya, perlu dipetik beberapa buah sebagai contoh, bila kita sudah memetik buahnya dengan hasil yang baik,

Tandanya buah tersebut telah tua dan siap dipanen.

sekian dari saya, ini yang bisa saya sampaikan mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat bagi kita semua.

Baca Juga  18 Manfaat Omega 3 Salmon dan Manfaat Minyak Ikan Salmon Omega 3

Tinggalkan komentar