syarat membuat skck

Cara Membuat SKCK Online Termasuk Biaya Syarat Pembuatan Terlengkap

Cara Membuat Skck – Selamat datang teman teman yang saya senangi, hari ini saya akan membahas mengenai tentang biaya pembuatan skck, persyaratan pembuatan skck, membuat skck online, pengurusan skck, pembuatan skck online, cara mengurus skck, cara buat skck, syarat buat skck dan lain sebagainya.

Terkadang membuat skck sangat diperlukan untuk berbagai macam kegunaannya, seperti melamar kerja, melanjutkan jenjang pendidikan, dan kebutuhan yang lainnya. Terkadang banyak orang yang menganggap membuat skck itu mudah, akan tetapi jika Anda lakukan terasa mudah.

Yang terpenting Anda harus melengkapi berkas yang diperlukan secara lengkap, jika sudah lengkap pasti Anda mau meminta surat skck aka terasa mudah dan lebih cepat untuk bisa mendapatkannya. Berikut ini pembahasan mengenai cara pembuatan skck secara lengkap untuk pemula.

Baca Juga : Cara Mencairkan BPJS ketenagakerjaan

Cara Membuat SKCK Online

syarat membuat skck
resmalangskck.com

Membuat SKCK online terasa akan lebih mudah, sebab kenapa lebih mudah, karena hanya menggunakan samrtphone atau gadget yang sudah terhubung dengan koneksi internet, Anda sudah bisa melakukan atau mendaftarkan diri untuk mendapatkan SKCK

Nah berikut ini yang sudah dijelaskan mengenai tentang fasilitas pembuatan SKCK secara online.

1. SKCK Online Polri

Untuk Anda yang berada di kota jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi bisa Anda langsung melakukan dengan pembuatan SKCK melalui website skck.polri.go.id

2. Poda Jawa Barat

Jika ada yang berdomisili di sekitar jawa barat dapat dengan mudah untuk membuat SKCK melalui website tertentu seperti skck.poldajabar.org

Setelah Anda mengunjungi bisa langsung untuk mengisi formulir online SKCK yang terdiri dari data pribadi, data keluarga, pendidikan, perkara pidana, dan lainnya.

3. Polda Bali 

Untuk polda bali juga akan memberikan fasilitas tertentu seperi pengurusan SKCK online melalui website bali.polri.go.id

Melalui 4  cara yang cukup mudah yang diberikan, apabila dalam pengisian formulir dalam permohonan online dan dilakukan dengan cara yang benar, maka SKCK pun akan di proses lebih cepat kurang lebih 5 menit saja. Jika Anda berdomisili bali bisa langsung kunjungi alamat tersebut.

4. Polda Jawa Tengah

Jika Anda yang berada di jawa tengah, silahkan Anda langsung mencobanya untuk membuat SKCK dengan mengunjungi website skck.jateng.polri.go.id

5. Polda Jawa Timur

Jika Anda yang berada di jawa timur silahkan langsung kunjungi website jatim.skck.online

6. Polres Sidoarjo

Jika Anda yang berdomisili di sekitar kabupaten sidoarjo, bisa Anda membuat SKCK online melalui website sidoarjo.skck.online

7. Polres Malang

Untuk sekarang yang tinggal di kota malang bisa membuat SKCK online melalui website resmalangkotaskck.com

Baca Juga  Gaji Masinis PT KAI

8. Polres Pontianak 

Jika Anda yang berada di sekitar kota pontianak kalimantan barat, bisa membuat SKCK online di website skck,ploretapontianakkota.org

9. Polres Barelang 

Bagi Anda yang sedang bertempat di pulau batam, pulau rempang atau pulau galang bisa Anda mendaftar SKCK onlie di website polrestabarelang.com

10. Polres Banyuwangi 

Bagi Anda yang berada di kabupaten Banyuwangi, bisa Anda mendaftar SKCK online melalui website polresbanyuwangi.com

11. Polres Palembang 

Bagi Anda yang berdomisili di kota palembang bisa Anda membuat SKCK melalui website restapalembang.org

12. Polres Bogor 

Jika Anda penduduk di kota bogor bisa Anda membuat SKCK melalui website daftarskckbogor.com

Persyaratan Pembuatan SKCK

syarat buat skck
youtube.com

Pada umumnya jika kita ingin mengurus administrasi pada tingkat kelurahan seperti kecamatan, kabupaten atau kota lainnya. Karena untuk proses pembuatan SKCK sangat memerlukan jumlah hal yang sangat perlu kita siapkan seperti surat  dan berkas lainnya. Nah berikut ini surat dan berkas yang kita perlu siapkan dan bagaimana cara mengurus SKCK dengan benar.

Mempersiapkan Surat Pengantar

membuat skck
un2kmoe.blogspot.com

Mempersiapkan surat pengantar merupakan salah satu surat pengantar dari kelurahan, Anda juga bisa langsung berkunjung ke tempat RT setempat, nanti akan dibuatkan untuk surat pengantar pada ketua RW. Setelah itu selesai dari RW Anda bisa mendapatkan surat pengantar dari seluruh desa dengan keperluan Anda yang ingin di rencanakan.

Jika Anda mengurus untuk surat pengantar sudah sampai tingkat kelurahan atau desa, terkadang ada biaya khusus untuk uang administrasi, itupun nanti akan di gunakan uang kas kelompok yang di gunakan masyarakat. Terkadang ada juga yang tanpa menggunakan biaya apa pun, biasanya dari kebijakan desa setempat.

Untuk kelurahan atau balai desa, bisa Anda temui secara langsung dengan petugas setempat hanya menyerahkan surat dari kepala dusun, bisa juga dengan ketua RW. Setelah itu nanti Anda akan diminta hanya untuk mengisi atau melengkapi formulir yang perlu Anda butuhkan.

Anda juga harus perlu memperhatikan, untuk mempersiapkan surat pengantar dari kelurahan ini tidak menjadi syarat mutlak. Ada juga di beberapa wilayah di sekitar indonesia untuk polsek atau polres, dia juga telah meniadakan dengan syarat yang telah dibawa dari surat pengantar kelurahan.

Hal tersebut akan dilakukan untuk kemudahan atau kenyamanan masyarakat yang lainnya. Ada juga di polretabes surabaya syarat atau untuk surat pengantar kelurahan telah ditiadakan. Ini merupakan salah satu masyarakat dalam melamar kerja, baik itu dari pegawai negeri atau pun dari pegawai swasta yang lainnya.

Persyaratan Diperlukan Cara Membuat SKCK

mengurus skck
youtube.com

Jika Anda sudah mendapatkan surat pengantar dari kelurahan atau  surat rekomendasi dari kantor kecamatan, sebelum Anda melakukan mengurus SKCK ke polsek kalau bisa Anda harus melengkapi persyaratan keseluruhan seperti ini.

Baca Juga  Manfaat dan Jenis Batu Fosil Kayu, Bagi Anda Wajib Tau

Bagi yang mendaftar untuk warga negara indonesia (WNI)

  • Siapkan seperti foto copy kartu tanda penduduk (KTP) Atau bisa juga dengan menggunakan surat izin mengemudi (SIM)
  • Siapkan juga seperti foto copy kartu keluarga (KK)
  • Siapkan juga seperti foto copy akta kelahiran atau bisa juga menggunakan ijazah terakhir.
  • Yang terakhir siapkan foto 4×6 yang background nya yang berwarna merah sebanyak 6 lembar, kalau saya sarankan lebih banyak juga tidak papa untuk mengantisipasi.

Bagi yang mendaftar sebagai warga negara asing (WNA)

  • Bisa Anda siapkan foto copy atau paspor.
  • Setelah itu surat sponsor dari perusahaan (Asli)
  • Setelah itu foto copy surat nikah.
  • Setelah itu foto copy kartu izin tinggal terbatas atau (Kitas) Atau bisa juga dengan surat tinggal tetap (Kitap)
  • Yang terakhir pas foto dengan ukuran 4×6 berlatar atau background kuning sebanyak 5 lembar.

Pengurusan SKCK di Polsek dan di Polres

Pengurusan SKCK adalah setelah Anda selesai kelengkapan yang sudah di siapkan dan terpenuhi, setelah itu Anda bisa langsung pengurusan SKCK di polsek untuk (tingkat kecamatan) atau polres untuk (tingkat kabupatena atau kota) Dan di sini ada yang terpenting bagi Anda yang masih belum mengetahuinya.

Untuk keperluan melamar pekerjaan, atau kelengkapan administrasi seperti PNS atau CPNS dan pembuatan visa atau keperluan lainnya yang bersifat antar negara, Anda tidak akan bisa membuat SKCK di tingkat polsek. Jika Anda ingin membuat keperluan seperti itu, bisa Anda langsung datang ke tempat polres dengan (tingkat kabupaten atau kota).

Anda juga harus bisa memastikan datang ke polsek atau polres pada waktu hari kerja seperti hari senin dan jum’at pada pukul 08.00 sampai dengan 15.00. Bisanya Anda langsung datang ke tempat loket dibagian SKCK untuk mendaftarkan diri Anda, lalu masukan berkas yang sudah Anda siapkan. Setelah itu Anda akan diminta untuk mengisi data formulir.

Ini juga sangat penting yang harus diketahui mengenai tentang sidik jari. Jika mengurus SKCK di polres, terkadang waktu prosesnya akan lebih cepat untuk bisa mendapatkan sidik jari sebagai salah satu syarat dalam penerbitan SKCK. Setelah mengurus penerbitan SKCK di polsek, nanti pada pihak polsek akan memberikan surat untuk rekomendasi pembuatan rumus sidik jari dari polres.

Suatu saat untuk pihak polsek nanti untuk diminta untuk kelengkapan syarat lainnya seperti yang sudah saya paparkan di atas untuk kelengkapan rekomendasi. Karena ini merupakan salah satu untuk memudahkan dan tidak merasa kebingungan, terkadang banyak orang yang lagi bingung, ada yang sedang foto copy dan lainnya.

Untuk lebih baik bisa Anda siapkan persyaratan tersebut secara jelas dan jumlah yang banyak. Untuk pengambilan sidik jari terkadang mengenai biaya sekitar Rp 5.000 atau lebih, ini juga tergantung dari kebijakan polsek atau polres setempat. Setelah proses sidik jari selesai, Anda bisa mengumpulkan berkas yang sudah siap lalu Anda membayar uang penerbitan SKCK di loket.

Baca Juga  Manfaat, dan Teknik Pukulan Dalam Pencak Silat Bagi Pemula

Persyaratan Pembuatan SKCK Online

Pada dasarnya untuk persyaratan yang dibutuhkan untuk membuat SKCK secara online adalah sama dengan yang di atas, perbedaannya di sini hanya berbentuk dengan file digital berupa hasil scan dokumen  yang sudah ditentukan dalam pembuatan SKCK secara manual.

Maka dari itu untuk dokumen dalam bentuk hardcopy atau foto copy suatu saat akan diperlukan untuk verifikasi dalam pengambilan SKCK di polres atau di polda di sekitar Anda. Berikut ini apa saja yang perlu Anda siapkan untuk berkas SKCK online.

  • Bisa Anda langsung scan (KTP) asli atau tanda pengenal.
  • Setelah itu scan kartu keluarga asli (KK)
  • Lalu scan Akta kelahiran bisa juga dengan surat kenal kelahiran Anda.
  • Setelah itu scan foto copy 4×6 dengan menggunakan background merah sebanyak 6 lembar kalau bisa siapkan lebih untuk menjaganya.
  • Scan paspor bagi warga negara indonesia yang rencananya keluar negeri dalam kunjungan seperti sekolah, kuliah atau yang lainnya ini perlu penerbitan visa.

Maka dari itu ada juga dengan ketentuan untuk mengambil SKCK melalui registrasi online. Apabila Anda melakukan registrasi online kalau bisa dilakukan sebelum waktu 08.00 waktu setempat. SKCK bisa dapat diambil di loket untuk pelayanan sampai pukul 14.00 dengan ari yang sama. Ini dengan menunjukkan ID atau kode registrasi atau dengan dokumen yang lainnya yang sudah ditentukan.

Dan perlu diingat untuk mendaftar dengan melalui registrasi online, untuk pengambilan akan diberikan waktu selama 3 hari, apabila melebihi waktu tersebut maka pada permohonan harus melakukan dengan registrasi ulang nanti untuk input akan secara otomatis dihapus setelah melewati batas waktu.

Biaya Pembuatan SKCK

syarat skck
intandzikria.blogspot.com

Waktu itu ada peraturan pemerintah nomor 50 tahun 2016 mengenai tarif dan jenis penerimaan negara bukan pajak PNBP. Untuk jumlah tarif atau biaya yang pembuatan SKCK akan di masukan uang khas negara.

Untuk biaya SKCK dari seluruh wilayah indonesia sebesar Rp 10.000 ribu, sejak tanggal 6 januari 2017, dan akan naik menadi Rp 30.000. Berarti jika mengurus SKCK di polsek atau pun Polres setempat Anda akan dikenakan sebesar Rp 30.000.

Ya, ini saja yang bisa saya sampaikan mengenai tentang cara membuat SKCK, dan di dalam pembahasan ini juga terkait dengan biaya pembuatan skck, persyaratan pembuatan skck, membuat skck online, pengurusan skck, pembuatan skck online, cara mengurus skck, cara buat skck dan lain sebagainya. Mudah-mudahan apa yang bisa saya sampaikan bisa bermanfaat untuk kita semua.

 

4 pemikiran pada “Cara Membuat SKCK Online Termasuk Biaya Syarat Pembuatan Terlengkap

  1. Saya tadi Siang perpanjang SKCK ke polsek,memang sudah tau harga barunya sebesar 30rb,tp yg saya permasalahkan APAKAH LEGALISIR juga Harus BAYAR?? Oke kalo datang ke Polsek cuma minta legalisir kita bayar tidak masalah,tp saya udah bayar 30 masa dipinta lg 5lembar 5rb! Apa itu masuknya PUNGLI? Dan uang legalisir masuk ke uang kas negara/ masuk kantor polsek(sipembuat Skck)?

  2. Kalau kita ga ada akte lahir atau kenal lahir,bisa ga buat skck?soalnya aku ga punya krna surat kenal lahir aku trbakar di bandung

Tinggalkan komentar