jual kandang kelinci

Cara Membuat Kandang Kelinci Sendiri di Jamin Sukses Bagi Pemula

Cara Membuat Kandang Kelinci – Selamat datang teman teman yang saya senangi hari ini saya akan membahas mengenai tentang lokasi penempatan kandang kelinci, ukuran kadang kelinci ideal, kandang kelinci di dalam ruangan, kandang kelinci di luar ruangan, membuat kandang kelinci, membuat kandang kelinci dari kardus, lantai kandang kelinci.

Hewan kelinci merupakan salah satu hewan banyak yang ingin di jadikan peliharaan, selain hewan anjing atau kucing. Karena hewan ini terlihat lucu dan imut, sehingga cocok untuk di jadikan hewan peliharaan, dan ini tidak terlalu bahaya dengan anak kecil, selai itu kelinci ternak pun sangat mudah untuk dirawat di rumah.

Bagi Anda yang tertarik dengan hewan kelinci, Anda perlu memperhatikan atau bisa juga menyiapkan seperti kandang kelinci. Ini merupakan salah satu yang terpenting bagi Anda yang ingin memelihara kelinci di rumah. Nah berikut banyak berbagai macam cara untuk kandang kelinci.

Cara Membuat Kandang Kelinci Sederhana

kandang kelinci
desainrumahnya.com

Kalau perlu Anda ketahui ya, kandang kelinci yang sudah siap pakai atau hasil beli di pasar, akan tetapi  kandang tersebut tidak akan nyaman untuk kelinci? Jangan sampai Anda membeli mahal-mahal untuk kelinci, akan tetapi kelinci tersebut tidak tidak terasa nyaman untuk menempatinya, lebih baik Anda membuat sendiri dengan cara yang mudah.

Nah Ukuran kandang kelinci yang sangat mudah untuk memelihara kelinci, namun untuk tujuan kelinci tersebut tetap nyaman untuk menempatinya. Salah satu untuk tips membuat kandang secara ideal untuk kelinci, berikut ini kandang kelinci yang cukup sederhana di jamin nyaman.

Bahan yang di Perlukan 

  • Siapkan Kayu.
  • Setelah itu siapkan Bambu untuk dasar kandang kelinci.
  • Asbes atau genteng untuk atap.
  • Lalu siapkan ram atau kawat untuk kandang di sekitar ujung.
  • Setelah itu siapkan engsel digunakan pintu kandang.
  • Terakhir siapkan paku besar atau kecil.

Cara Membuatnya

  1. Anda bisa buat rangka kandang untuk ukuran tinggi sekitar 75 cm dengan tinggi kandang mencapai 50 cn atau kaki sekitar 25 cm, dan untuk panjang mencapai 100 cm dan untuk lebar bisa mencapai 50 cm, ini merupakan salah satu ukuran yang cukup ideal untuk kelinci.
  2. Setelah itu Anda bisa buatkan alas dari bambu, karena menggunakan bambu untuk kadang ini akan terjaga lebih dalam untuk keadaan kering dan tidak lembap, karena urine dari kelinci akan terbuat secara langsung.
  3. Lalu Anda bisa membuat pintu di salah satu pada bagian sisi kandang.
  4. Bisa Anda gunakan dengan memasang kawat untuk ujung kandang.
  5. Anda bisa buat atap dengan memakai asbes atau bisa juga dengan menggunakan genteng, terpal dan plastik.
  6. Yang terakhir kandang bisa Anda variasi atau membuat secara unik sesuai dari keinginan Anda.
Baca Juga  Fermentasi Pakan Ternak Untuk Ternak Unggas Sapi Kambing Mentok Terlengkap

Lokasi Penempatan Kandang Kelinci

model kandang kelinci
pinterest.com

Karena sinar matahari di waktu pagi sangat di perlukan hanya untuk menerangi atau bisa juga untuk mengeringkan kandang, agar pada kuman penyakit akan hilang di sekitar atau di lokasi kadang tersebut. Terkadang hewan kelinci ini bisa tumbuh secara baik jika kelinci tersebut mempunyai lingkungan yang sejuk atau memiliki suhu sekitar 15 sampai 20 derajat celcius dengan kelembapan udara 60 sampai 90%.

Anda bisa menaruh tempat kelinci di dekat dengan pepohonan rindang agar pada udara di sekitarnya tetap sejuk atau masih terkena sinar matahari. Untuk ventilasi udara ini merupakan salah satu yang sangat baik untuk di lakukan terhadap kelinci, ini sangat menjaga kondisi kandang agar tidak lembap dan udara pun bisa keluar masuk secara mudah.

Kandang Kelinci di Dalam Ruangan

budidaya kelinci
dekorrumah.net

Jika Anda mempunyai kelinci hias, bisa Anda gunakan kandang kelinci rumahan yang bisa untuk disimpan di dalam ruangan tersebut. Sama juga dengan kelinci pedaging yang merupakan skala yang cukup besar, terkadang untuk para peternak yang skalanya besar untuk menyimpan pada kandang yang tertutup.

Jika kandang yang di dalam ruangan, tidak perlu lagi dengan menggunakan atap, karena ini salah satu yang sudah terlindungi oleh atap ruangan, akan tetapi untuk minimal tinggi untuk kandang mencapai 80 cm, agar kelinci tersebut tidak lagi melompat ke luar.

Apabila di lokasi Anda hewan yang memiliki suara yang keras seperti anjing,di usahakan kandang tersebut jauhkan dari binatang anjing. Nanti kelinci akan kaget ketika dia melihat anjing, kalau bisa Anda hias kandang kelinci Anda dengan menarik agar kelinci tersebut tetap nyaman.

Kandang Kelinci di Luar Ruangan

cara membuat kandang kelinci
dekorumah.net

Untuk kandang yang di luar ruangan ini merupakan sangat memerlukan atap atau dinding yang sangat kokoh agar melindungi kelinci dari panas sinar matahari. Kalau dari terpan angin gangguan dari binatang buas misalkan seperti hewan anjing. Untuk kandang kelinci yang di luar ruangan ini sangat cocok untuk ternak kelinci dengan ukuran yang menengah.

Baca Juga  Cara Membuat Aquarium Mini Bagi Pemula

Jika Anda membuat kandang untuk ternak, kandang bisa di bentuk sama dengan panggung, dengan ketinggian mencapai 60 sampai 100 cm. Bisa Anda gunakan bahan seperti kayu atau bambu agar kandang tersebut terlihat kokoh dan kuat.

Untuk kandang kelinci yang pedaging atau potong, bisa di jadikan tiga bagian model, misalkan kandang individual atau kandang koloni yang bersamaan atau bisa juga kandang yang bertingkat. Untuk kandang yang seperti panggung seperti model individu pada setiap kandang hanya di perlukan dengan satu ekor saja untuk kelinci.

Kandang yang bentuknya seperti koloni sebaiknya untuk satu ruangan yang diisi oleh banyak ekor untuk kelinci. Nanti secara otomatis kandang tersebut akan lebih luas seperti kelinci betina induk, kelinci jantan, dan kelinci anak yang masih di sapih dengan induknya.

Jika kandang model yang bertingkat, pastikan pada tingkatan yang paling atas atau paling bawah, harus ada tempat untuk menampung kotoran, agar kotoran tersebut dari lantai atas, tidak jatuh ke lantai bawah.

Membuat Kandang Kelinci

rumah kelinci
dekorumah.net
jual kandang kelinci
anneahira.com

Terkadang kendang kelinci ini di buat dari bahan kayu bisa juga dengan menggunakan bahan bambu, bahkan ini bisa dijadikan satu bahan, karena kandang kawat lebih pantas untuk kelinci hias yang di dalamnya ada rumah kandang atau kandang yang di bawahnya.

Terkadang untuk kandang harus cukup tinggi sehingga kelinci tersebut bisa berdiri secara tegak dengan menggunakan kedua kakinya. Sebagai referensi, panjang sangkar harus lebih panjang dari tiga kali ukuran kelinci yang dewasa jantan atau untuk lebarnya harus di sesuaikan lebar dari dua kali ukuran kelinci dewasa. Jika Anda memiliki kelinci yang masih kecil di usahakan untuk mengira dengan kelinci dewasa.

Jika kelinci tersebut mempunyai berat badan yang cukup ringan, Anda bisa mengir, kandang tersebut dengan ukuran 120 x 75 x 40 cm. Ini untuk kelinci yang memiliki tipe yang lumayan berat. Untuk ukuran yang di ajukan sekitar mencapai 180 x 75 x 50 cm.

Cara Membuat Kandang Kelinci Dari Kardus

hewan kelinci
petanisukses.com
harga kandang kelinci
petanisukses.com
makalah ukuran kandang
petanisukses.com

Untuk kandang kelinci yang terbuat dari kardus ini, sifatnya hanya sementara saja, karena kadang yang terbuat dari kardus mudah rusak. Jadi hanya sifat sementara saja, ini juga bisa Anda gunakan ketika kamu lagi enggak punya waktu untuk membuat kandang kelinci dari kayu atau bambu. Bisa Anda gunakan dengan bahan kardus dengan mudah dan praktis.

Baca Juga  Cara Ternak Kambing Modern, jawa, Etawa, Gibas Terlengkap Untuk Pemula

Kandang kardus ini tidak ada memiliki lubang untuk tempat kotoran seperti air kelinci nanti pada bagian bawah akan cepat rusak. Ya, kemungkinan Anda bisa menggunakan bahan kardus ini selama 3 sampai 4 hari sudah tidal layak lagi untuk di pakai lagi. Kalau bisa Anda bisa mencari kardus yang cukup tebal agar kadang kardus tersebut bertahan lama.

Lantai Kandang Kelinci

ternak kelinci
alamtani.com

Untuk lantai kandang pada umumnya terbuat dari tanah, kayu, bambu, atau kawat. Apabila lantainya dari tanah lebih baiknya untuk dilapisi dengan batu bata dan semen. Anda juga harus bisa memastikan untuk lantai kandang, agar selalu kering dan tidak lagi tergenang dengan air. Karena kelinci cenderung bisa tumbuh dengan baik jika kondisi terhadap lingkungan akan lembap dan tempatnya tidak akan basah.

Pada lantai yang terbuat dari kayu, kalau bisa Anda berikan jarak antara kayu kemungkinan sekitar 2 sampai 3 cm, agar air kencing tersebut bisa langsung jatuh ke tanah. Jika Anda menggunakan lantai dari bambu, Anda juga harus bisa memastikan pada bagian kulit bambu luar yang di pasang ke arah atas dan saling berhadapan.

Bambu tidak akan menyerap ke air nanti air kencing kelinci bisa langsung ke bawah, dan pastikan di bawah kadang ada alas kotoran. Untuk lantai kandang yang paling cocok buat kelinci adalah dengan menggunakan lantai dari kawat, ini sudah pasti untuk kotoran air kencing akan jatuh keluar kandang.

Gambar Kandang Kelinci

ukuran kandang kelinci
pinterest.com
kelinci hias
penrynrabbitfram.com
gambar kandang
pinterest.com
ukuran kandang kelinci
amazon.com

Ya, ini saja yang bisa saya sampaikan mengenai tentang cara membuat kandang kelinci, dan di dalam pembahasan ini juga membahas mengenai tentang lokasi penempatan kandang kelinci, ukuran kadang kelinci ideal, kandang kelinci di dalam ruangan, kandang kelinci di luar ruangan, membuat kandang kelinci, membuat kandang kelinci dari kardus, lantai kandang kelinci. Mudah-mudahan apa yang bisa saya sampaikan ini bisa bermanfaat untuk kita semua.

Baca juga Gambar Grafiti dan Doa Sholat Dhuha

                                                                      Cara Membuat Kandang Kelinci

Tinggalkan komentar