Panduan Menjahit Bagi Pemula

Panduan Menjahit Bagi Pemula – Anda penasaran ya? Pengertian tentang menjahit lengan baju bagi yang khusus bagi pemula. Yang paling penting adalah sediakan lengan badan bagian muka dan belakang. Menjahit di sisi badan muka dan belakang, menjahit bahu dengan ampuh buka. setik renggang nya 1/2 cm.

Karena lengan baju merupakan bagian penting dari busana dan banyak juga fungsi sebagai pelindung tubuh dari terik sinar matahari, serta secara cuaca yang dingin.

Waktu itu saat tahap awal mencoba atau belajar menjahit, banyak kesulitan yang mungkin paling sering saya alami saat menjahit lengan baju, yang terutama saat harus menyatukan antara bagian lengan dengan bagian badan baju.

Soalnya yang menjadikan masalah adalah karena lingkaran pada kurung lengan bagian lengannya harus lebih panjang di bandingkan dengan dengan lubang kurung langgan yang terdapat bagian badan baju.

Ini juga merupakan pada bagian pola lengan sebenarnya memang sengaja di buat menjadi lebih panjang, agar jika lengan tersebut di jahit dengan cara yang benarkan menghasil kan model lengan yang akan terlebih berisi serta tidak terlihat lebih berisi serta tidak terlihat lepek nya.

Akan tetapi memeng untuk menjahitnya harus teiliti dan ketekunan dalam menjahit.

Cara menjahit lengan baju yang rapi

kaospolosindonesia.com
    • sediakan lengan dan badan bagian muka dan belakang
    • menjahit sisi badan muka dan belakang. Menjahit bahu dengan kambuh buka.
    • setik renggang ½ cm dari garis atas pola dan ½ cm di bawah garis pola.
    • Ukuran panjang lingkar lengan yang ada di bagian badan, dan ukur pula yang lingkar bagian lengan yang akan di satukan dan cari selisih nya .
    • Tarik dua benang yang berada di atas dan di bawah garis pola sepanjang selisih yang di peroleh di langkah no 4 lalu ratakan.
    • Beri tanda lengah-lengah kepala lengan.
    • jahit bagian pinggir lengan dengan kampuh buka.
    • pasang lengan pada badan di jelujur dahulu, kemudian di jahit, jangan lupa untuk mengalaskan bagian tengah kepala lengan yang sudah di tandai dengan jahitan bahu.
    • Gunting tepi kampuh kerung lengan sisakan ¾ cm.
    • Sisa kampuh di selesaikan dengan di obras/di feston.
    • penyelesaian kelim bawah di som.
    • lengan yang rapi sudah siap.

Penjelasan Memasang Kerah Kemeja

jaritmenjarit.blogspot.com

– Pengertian kerah kemeja merupakan bagian yang lebih terpenting dalam sebuah busana, dan terdiri dari dua bagian yang di sambung menjadi satu yang terutama adalah bagian kaki kerah dan bagian kedua daun kerah, Pada daun kerah nya bisa juga di beri variasi tambahan yang pastinya akan lebih menarik bagi anda,

Dan berupa lubang kancing kecil kecil pada ujungnya yang berguna agar posisi tidak berubah saat di gunakan, biasanya ada pada kemeja formal untuk pekerjaan kantoran. Untuk kerah kemeja anak atau seragam sekolah yang murah biasanya sih kerah kemeja nya ini hanya terdiri dari satu bagian saja,

Yaitu antara bagian kaki dan daun kerah nya di buat menjadi satu, menurut seseorang sih, cara ini kurang bagus karena tidak ada standar nya. Cara setiap menjahit dalam membuat kerah ini berbeda-beda menurut hasilnya masih sama saja, jika saat ini sudah mengetahui. membuatnya tepi berbeda caranya, maka jadikan saja sebagai pengetahuan yang begitu luas.

Tutorial sangat mudah menjahit kerah baju

science.idntimes.com
  • Carilah kain bahan di potong sesuia bentuk pola tersebut, dengan tambahan lebar jahitan sekitar 1 cm. Pola krah bagian atas dan bawah semua di potong rangkap dua, bahkan kain keras juga ikut di potong sesuai gambar pola tersebut.
  • Kain krah bagian atas di tumpuk rangkap dua saling berhadapan (muka yang baik di dalam) dan di atasnya di tumpuk kain keras, lalu di jahit tepat pada batasan gambar polanya.
  • setelah itu guntinglah hanya kain kerasnya saja, tepat mepet pada benang jahitan. Tujuannya biar krahnya di balik lipatan kain keras tidak mengganggu kerapihan. Sementara kain juga dirapikan secara langsung memakai gunting, pada bagian yang lengkung di beri coakan gunting.
  • Krah bagian atas yang yang sudah di jahit lalu di balik lagi, ujungnya yang lancip agar di buat yang rapi debgan ujung gunting atau benda lancip lainnya. Kemudian di setrika krah bagian atas yang sudah jadi, tinggal di gabung dengan krah bagian yang bawah.
  • Salah satu krah yang di bawah di jahit dengan krah yang atas yang sudah jadi, bagian muka yang halus menghadap ke dalam. yang di jahit hanya satu saja dulu, tujuanya supaya hasil jahitannya lebih rapi, dan nantinya pada hasil akhir, jahitan krahnya biar lebih kuat.
  • Sekarang pasang krah yang bagian bawah ke dua, biar tepat berhadapan dengan krah bawah, pertama yang telah di jahit dengan krah yang atas.
  • Tujuannya hasil jahitannya dapat dan tepat menindih pada jihitan terdahulu yang sudah ada.
  • Hasilnya akan lebih rapi dan lebih kuat, karena sambungan krah bagian atas dan bawah di jahit dua kali, pada posisi garis jaihtan yang saling menindih
  • Rapikan dengan gunting dengan sisa kain jahitn yang menggabung pola krah atas dan pola krah bawah, beri coakan guntingan pada lokasi jahitan yang lengkung, lalu krah tersebut harus di balik.
  • Sekarang sudah jadi krah kemeja pria yang rapih dan kuat, tinggal di setrika lalu di pasang pada kerung lingkaran leher yang ada di bagian badan.

Cara membuat sarung bantal sendiri

– Apakah anda tau, kegunaan bantal untuk apa? ternyata banyak sekali fungsi-fungsi bantal sebagai tempat kita meletak kepala di waktu tidur, kalau guling gunanya, untuk kita peluk saat tidur,

Karena benda ini sepertinya wajib ada di atas tempat tidur kita, karena akan memengaruhi kenyamanan kita jika tidak ada. Bantal dan guling sendiri sarungnya harus kita ganti secara berkala, jika sudah terlihat kotor, sarung bantal nya wajib di ganti tidak secara langsung.

Tentunya bantal dan guling yang kurang bersih tentu saja tidak enak untuk di pandang, dan juga bisa menimbulkan hal yang tidak baik bagi tubuh dan kesehatan kita. Karena seperti itu kita juga harus mempunyai lebih dari satu sarung bantal dan guling.

Biasanya sih sarung bantal dan guling satu paket dengan sprei jika kita membeli di toko, satu paket speri biasanya terdiri dari dua buah saring bantal dan satu sarung guling, solusi nya membeli secara eceran atau membuat sendiri.

Ini Langkah-langkah Menjahit Sarung bantal

  • Siapkan bahan sarung bantal dengan ukuran 120×72 cm, kemudian jahit kelim ke dua ujung atas dan bawahnya.
  • Ukuran dengan meteran di mulai dari ujung keliman ke tengah sepanjang 70 cm kemudian beri tanda dengan kapur, ini adalah panjang dari sarung bantal nantinya,
  • Setelah itu lipat kain sarung bantal ini menjadi dua cara terbalik yaitu bagian dalamnya berada di atas, sementara kelebihan bahannya, agar untuk di lipat berada di bagian tengah.
  • Jika sudah di jahit bagian kiri dan kanannya setelah itu obraslah paling ujung kain tersebut agar lebih rapi dan kuat, setelah itu lalu balik maka hasil akhirnya akan terlihat.

 

Tinggalkan komentar