Berlibur Ketika di Pesantren.

Assalamualaikum wr. wb. ,

1 Berlibur di Magelang Waktu di Pesantren Ngabar.

Bagaimana sauadaraku semua ? Saya berharap saudara-saudaraku selau berada dalam keadaan sehat walafiat Aamiin. O ya teman-temanku semuanya dulu saya pernah belajar sekitar tahun 2015 di madrasah aliyah pesantren ngabar ponorogo. Di situ saya begituw banyak mendapatkan ilmu dari guru-guru saya ketika saya di pesantren. Dan juga saya bisa bertemu teman-teman saya di berbagai suku daerah. nah mulai dari sini saya bisa berbaur dengan teman-teman dipesantren dan banyak cerita berbagai suku daerah seluruh Indonesia.. Dulu waktu itu menjelang lulus madrasah aliyah 1 angkatan saya, mengadakan berlibur di magelang jawa tengah dan disana wisata reffting arum jerram. Banyak juga dari berbagai daerah yang mengunjungi di sana. Karena wisata ini merupakan tantanggan yang begituw dahsyat, soalnya kita menaniki prahu menghadapi arus ombak yang sangat kencang namanya juga reffting yaitu arum jerram. Karena perjalanan reffting ini menempuh sekitar 2 jam wow. Tpi nanti di pertengah perjalanan kita bisa istirahat sekitar 10 menit. Dan istirahat itu kita sudah di sediakan makanan ringan. Setelah itu mulai lagi perjalanan menuju lokasi akhir arum jerram ini. Sampai finis.

2. Belibur di Bandung

Buat kamu yang belum pernah berlibur ke bandung yaitu di ciwidey. Ini merupakan wisata yang baik untuk di kunjungi. Dulu kitika saya di Jakarta mau ke bandung mengunjungi wisata ini merupakan touring yang sangat memuaskan karena perjalanan saya Jakarta bandung memakai motor menempuh perjalannya sekitar 5/6 jam itu kata teman saya dulu sitar 2 tahun yang lalu, soalnya dulu saya waktu perjalanan ini sangat macet dan padat, berjam jam. jadi perjalanan saya sekitar 7/ 8 jam ini merupakan sangat lama sekali. Tapi al hamdullilah saya selalu bersyukur di beri ke slamatan sampai tujuan di wisata ciwidey. Wisata ini juga merupakan sangat menarik bagi teman-taman untuk berkunjung di wisata ciwidey ini. Karna di sana merupakan pemandangan yang sangat indah dan banyak batu brelangnya. katanya juga sih banya manf’atnya batu ini dan di sana juga bayak orang yang berjualan batu berelang, karna banyak manfaatnya. Karna batu brelang ini bisa menyembuhkan beberapa penyakit contohnya sih pernah saya dengar adalah penyakit kulit. Mungkin bisa teman yang merasa punya penyakit kulit ini bisa lansung beli batu brelang. Karna saya juga dengar-dengar dari seseorang. Di sana juga bayak pemandangan sangat menarik bagi kalian yang suka selfi bisa juga lansung mengunjungi sana yaitu di ciwidey. Tapi di sana masuk ke lokasi area ciwidey merupakan biaya yang cukup sederhana yaitu 35 ribu aja. Anda sudah bisa masuk di kawasan ciwidey. Dan sebelum melintasi kawasan ciwidey ini juga banya jurang, jalanya sangat tajam dan berbahaya.

3 Puncak Cibodas

Sebelum saya menceritakan tentang puncak cibodas, apakah wisata ini lebih menarik dari yang lain.tentu saja semua wisata ini menarik semua kalau kita kunjungi di lokasinya’ betul apa tidak,,? Dulu sebelum saya berangkat ke puncak cibodas bersama teman di pesantren memakai bus.

Waktu itu saya berangkat dari Jakarta jam 16.00 sore dan di perjalanan itu juga merupakan sangat macet. Ya,, anda lihat sendiri sekarang, di Jakarta semakin banyak kendaraan, apa-apa semua ada di Jakarta. kalau gak macet itu bukan Jakarta hhee. Setelah itu sudah mulai memasuki bogor al hamdullilah perjalannaya lancar sampai tujuan. Waktu itu sampai di kawasan cibodas sekitar jam 20.00 malam. mulai dari situ, kita ke atas menuju lokasinya berjalan kaki sekitar 10 menit, dan di pertengah perjalanan al hamdullilah di tempat ini ada masjid, kita bisa istirahat di situ sekalian teman-teman saya melakukan shalat berjamaah. Dan di masjid itu ada bapak-bapak, yang menawarkan kita istirahat di ruangan yang cukup sederhana. Lalu kita istirhat di ruangan itu. Karna besok kita melanjutkan perjalanan lagi ke arah puncak cibodas.

Setelah istirahat di tempat ini, kita bangun pagi lansung melakukan shalat subuh berjamaah. Setelah shalat subuh teman-temanku di kasih pencerahan sama bapak-bapak itu yang sudah membantu kita untuk beristirahat di ruang itu. Setelah itu kita melanjutkan lagi perjalanannya ke arah air terjun cibodas. Di situ kita mulai ke hujanan dan mencari tempat tenda yang kecil, sekaligus kita melakukan sarapan pagi. Dan menunggu hujan ini bisa terang, sekitar 15 menit hujan sudah mulai berhenti, dan kita melanjutkan lagi perjalanannya, Dan ditengah perjalanannya ada tempat loket pembayaran untuk masuk ke kawasan air terjun cibodas. Al hamdullialh biaya masuknya cukup murah sekitar 12 ribu.setelah itu kita melanjutkan perjalanannya sekitar 1jam kata orang yang menjaga loket itu. Dan al ahadulillah kita sudah sampai ke lokasi air terjun cibodas dan teman-teman saya sudah tidak sabar merasakan mandi di air terjun. Dan di lokasi itu, sudah mulai bersenang senag, ada juga yang mau selfi di air. dan banyak sekali pemandangan yang sangat indah untuk mengambil gambar.

4. Kebun Raya Cibodas

Setelah saya dari air terjun cibodas, langsung menuju ke kebun raya cibodas.waktu saya menuju ke lokasi ini, kebun ini tidak jauh dari lokasi air terjun ciberrum/cibodas dan juga memauki wisata kebun raya cibodas ini cukup murah bagi anda yang ingin berkunjung di taman ini, hanya mengeluarkan 10 ribu saja. Ini juga sudah bisa menikmati suasana yang indah, dan waktu itu ada seorang penjual makanan menceritakan sejarah kebun raya cibodas