Cara Ampuh Mengetahui Aki Mobil Soak

Aki mobil soak – Apakah Anda setiap melakukan berpegian jauh menggunakan roda emapat? Sebaiknya sebelum melakukan perjalanan jauh Anda harus mengecek terlebih dahulu.

Hal ini akan bisa menghindari masalah mobil yamg kita tidak diinginkan, juga untuk kenyamanan penumpang dan keamanan dalam melakukan perjalanan nantinya.

Aki memang sangat penting untuk di mobil, dan bisa dikatakan, kalau misalkan mobil tidak ada aki ibarat mobil ini tidak memiliki nyawa, karena mobil ini tidak akan bisa hidup kalau tidak mempunyai aki.

Aki Mobil Soak
news.ralali.com

Semua yang ada pada dalam mobil memang harus memiliki aki, mobil memang tergantung akinya seperti apa. jadi Anda selalu untuk menjaga kondisi aki mobil Anda.

Jangan sampai aki mobil soak Anda mempunyai masalah, kalau misalkan aki mobil Anda rusak, sudah ada prediksi berarti mobil Anda jarang dirawat dengan baik.

Masalah pada aki mobil biasanya karena tidak dirawat dan bisa juga menyebabkan umur aki tersebut sudah tidak pantas untuk dipakai lagi.

Dan masalah yang selalu ditimbulakan karena aki mobil soak, ini juga merupakan stater mobil karena mobil tersebut tidak akan mau hidup, jika aki mobil tidak mempunyai tenaga.

Pastinya Anda juga pernah mengalaminya, atau sekarang ini mungkin kamu sedang mengalami hal tersebut pastinya kamu akan merepotkan sendiri.

Ciri-ciri Aki Mobil Soak

Hal pertama yang kamu harus mengetahui adalah ketika mobil Anda distater dan mobil itu dibiarkan beberapa jam, setelah itu mobil Anda tidak hidup atau Anda parkir di depan rumah selama semalam.

Baca Juga  100+ Desain Gambar Rumah Minimalis Mewah di Jamin Kualitas Baru 2017

Setelah itu kamu akan mencobanya di waktu pagi hari, dan akan menyalakan atau distater mobil tersebut, ternyata tidak bisa nyala maka sudah terlihat aki mobil Anda sudah rusak.

Aki Mobil Soak
service.blogspot.com

Dengan catatan air aki mobil pada level max atau low tidak kurang dari itu. Mungkin Anda berfikir untuk mencarger aki tersebut atau bisa juga mendorng mobil Anda.

Namun setelah dicarger atau di dorong mobilnya, kembali lagi masalh sebelumnya, sudah dipastikan aki mobil Anda sudah tidak berguna.

Dan umur aki mobil memang menjadi pertimbangan yang cukup penting untuk melihat kondisi aki, biasanya pengalaman orang lain di setiap bengkel yang menjual aki baru selalu menuliskan tanggal dan kapan dibeli.

Agar kita bisa mudah untuk mengecek berapa umur aki yang kita pakai selama ini, kurang lebih aki mobil yang kita beli bisa tahan selama dua tahun ini normalnya, namun semua itu tergantung dari pemakaian Anda.

Kalau kamu pernah mencium bau dari aki ketika mesin dihidupkan, dan bau tersebut merupakan dari sel-sel aki yang sudah rusak, sehingga disaat mobil Anda dihidupkan maka air aki itu terlihat seperti air yang mendidih.

Dan hal ini juga bisa dilihat dengan kasat mata, melihat sel aki akan sudah remuk atau mengembang, dan kamu wajib untuk menggantinya dengan aki mobil yang baru.

Air Aki Keruh

Aki Mobil Soak
mtmdemin.com

Air pada aki terlihat keruh, hal ini merupakan terjadi lamanya pemakaian, kotoran-kotoran pada air aki mobil ini akan menumpuk selama berbulan-bulan sehingga membuat air aki memiliki warna agak gelap.

Tegangan aki m0bil kurang dari 10 volt, ketika Anda telah melakukan carger dan mencoba aki Anda dengan menggunakan tester,

namun tegangan yang ada hanya sampai 10 volt pastinya aki Anda ini telah rusak. Karena dengan tegangan 10 volt itu tidak akan mampu untuk bisa menghidupkan mobil Anda.

Lalu cara mengecek yang mudah tanpa perlu membongkar aki adalah dengan cara membunyikan klakson dan juga menyalakan lampu utama, ketika mobil Anda dalam kondisi mati.

Apabila kamu sudah mencoba membunyikan klakson akan tetapi tidak bisa normal, ini sudah terlihat aki ini sudah lemah. Begitu juga dengan lampu, kalau misalkan lampunya tidak terlalu cerah atau tidak normal, sudah pasti aki sangat lemah.

Cara Mengatasi Aki Tekor

Sebenarnya perlu kita ketahui untuk mengatasi aki tekor ini sangat mudah, tinggal jumper aki mobil dengan aki mobil yang lain.

Aki Mobil Soak
jualanotomotif.com

Alternatif lain untuk mengatsai aki tekor di perjalanan adalah dengan melakukan atau mendorong mobil, berikut ini cara menghidupkan mobil dengan cara mendorong nya.

  • Injak koopling mobil setelah itu masukan gigi perseneleng dua atau atret.
  • Dorong mobil hingga 5 sampai 10 meter jika jalannya rata. Kalau misalkan jika jalan menurun jarak bisa lebih pendek.
  • Lepaskan pedal kopling sehingga mobil hidup, ini berlaku jika aki tekor tidak kurang dari sekitar 8 volt tegangan aki.
Aki Mobil Soak
daunterserak.wordpress.com

Jika tegangan aki mobil sama sekali habis, dengan tanda lampu indikator atau di dashboard tidak ada terlihat nyala tetapi terlihat sangat redup, tetapi dengan cara mendorong tidak akan mampu menghidupkan mesin mobil, terutam untuk mobil mesin injeksi.

Setelah mobil hidup biarkan aki mobil terisi dengan setrum oleh Alternator untuk beberapa saat, mungkin sampai 15 atau 30 menit, dan selalu di lihat atau diperhatikan lampu gambar aki di dashboard apakah nyala atau mati ketika mesin hidup.

Jika mesin hidup lampu aki di dashboard nyala berarti harus dipriksa Alternator atau dinamo isi mobil.

Setelah Mobil bsia hidup selama 15 atau 30 menit dan dicek lampu aki dashboard tidak nyala saat mesin hidup, lalu matikan mesin tersebut dan coba stater lagi untuk menguji kemampuan aki mobil menyimpan setrum.

Aki tekor ketika Anda sedang perjalanan bisa diakibatkan oleh salah satunya kerusakan pada dinamo isi atau kleman pada aki kotor, sehingga pengisian aki terjadi tidak maksimal saat mesin hidup.

Cara Lain Untuk Mengatasi Aki Mobil Tekor Terus

Aki Mobil Soak
otovista.com

1. Lihat volume air aki harsu berada di antara Lower dan Uper, biasanya ki tekor disebabkan oleh salah satu sel atau beberapa sel yang kering atau air aki di bawah garis lower.

2. Kalau terjadi kekeringan air aki , tambahkan air aki mobil kemudian charger accu, untuk beberapa kasus jika mengalami kekeringan air aki, charger aki dari alternator atau dinamo isi tidak cukup bagus untuk mengisi aki hal ini, disebabkan terjadi discharging jika memberikan aki setrum oleh dinamo isi mobil.

Lebih baik lakukan charging terpisah atau bawa ke tempat setrum accu sampai muatan listrik aki mobil benar-benar penuh.

Setelah accu di cas di tempat khsus setrum aki, uji kemampuan aki dengan cranking atau untuk memutar mesin kurang lebih 10 detik sebanyak dua atau tiga kali tanpa mesin hidup.

Lalu saat cranking yang terakhir aki terasa tidak kuat memutar mesin, lebih baik ganti aki, agar kita tidak direpotkan oleh aki yang soak.

Aki Mobil Soak
youtube.com

3. Periksa terlebih dahulu tegangan pengisian dari Alternator saat mesin hidup, apabila tegangan pengisian yang sampai di terminal aki kurang dari 13,5 volt akan mempengaruhi menjadi penyebab aki mobil tekor terus.

Bisa jadi gejalanya terlihat setiap pagi saat stater mobil, mungkin staternya terasa kurang kuat untuk memutarkan mesin.

Mungkin ini aja yang bisa saya jelaskan mengenai aki mobil soak, mudah-mudahan apa yang bisa saya sampaikan bisa bermanfaat buat kita semuanya, terutama yang sedang mengalami kerusakan pada aki mobil.

Tinggalkan komentar